Nyaman Manakah Antara Realme C3 vs Redmi 8?

Perangkat smartphone sampai saat ini menjadi teknologi yang terus berkembang seiring pertumbuhan ekonomi global dan kebutuhan para pengguna smartphone untuk memperoleh perangkat yang tangguh dari segala segi.

Salah satu produk entry level yang masih diminati sampai kini adalah Realme C3.

Realme C3 rilis di Indonesia dengan harga mulai dari Rp1,7 jutaan. Harga dan spesifikasi yang diberikan membuat Realme C3 dibandingkan langsung dengan kompetitor tangguhnya, yaitu Xiaomi Redmi 8 yang dibandrol dengan harga Rp1,7 juta.

Redmi 8 dan Realme C3 memang merupakan smartphone generasi terakhir terbaik yang bisa kalian peroleh dengan harga kurang dari Rp 2 juta. Karena itu pada artikel ini akan dibagikan perbandingan spesifikasi keduanya.

Sekarang, mari cari tahu mana yang terbaik di antara smartphone entry level ini.

Cek kuy!

Desain Realme C3 vs Redmi 8

Realme sampai saat ini sudah melakukan perubahan di seri C3 ini dengan mengubah desain potongan berlian yang ditemukan pada realme C2 dengan desain Sunrise yang lebih menarik. Di bagian belakang, smartphone memantulkan cahaya dengan cara yang membuatnya seakan sensor kamera memancarkan sinar.

Bagian belakang juga punya tonjolan yang membuatnya cukup grippy saat dipegang. Walau C3 cukup terjangkau, desain dan build C3 terlihat mewah.

Bodi Redmi 8 tampak cantik dengan warna glossy. Redmi 8 juga punya desain paling ringkas sebab menawarkan layar yang lebih kecil. Di bagian pinggir kanan dan kiri ada lekukan (curve) 3D yang membuat Redmi 8 jadi tampak tipis.

Baik Realme C3 dan Redmi 8 terbuat dari plastik. Kalian bisa memilih sesuai kebutuhan.

Layar Realme C3 vs Redmi 8

Ada perbedaan besar antara tampilan realme C3 dan Redmi 8. Pada Panel keduanya punya spek yang sama dengan pemakaian panel IPS dengan resolusi HD+. Spek layar sangat memdai dan tampilannya cukup untuk pemakaian setiap hari.

Untuk ukuran, Redmi 8 menawarkan layar 6,22 inci yang ringkas, sedangkan realme C3 memberikan panel lebar 6,5 inci. 

Kalau kalian ingin perangkat lebih mudah dipakai dengan satu tangan dan mudah disimpan di saku, pilih Redmi 8.

Tetapi kalau butuh perangkat untuk tugas-tugas yang perlu kenyamanan ketika  membaca, menonton film, bermain game atau lebih ke entataiment, maka realme C3 menjadi pilihan yang lebih baik.

Spesifikasi dan Perangkat Lunak

Redmi 8 dan Realme C3 ditenagai chipset yang berbeda. Redmi 8 memakai Snapdragon 439, semenatar Realme C3 ditenagai MediaTek Helio G70. Helio G70 terbaru ini dipakai pertama kali oleh Realme C3 dengan kemampuan lebih baik dari Snapdragon 439 dan bechmark sudah membuktikan hal tersebut.

Realme C3 dibekali GPU Mali G52 MC2 820MHz dan Redmi 8 punya Qualcomm Adreno 505.

Realme C3 juga hadir dalam konfigurasi memori dengan RAM 3GB dan penyimpanan internal 32GB dengan OS Android 10 dengan sokongan realme UI, sedangkan Redmi 8 memakai  Android 9 Pie.

Kamera Realme C3 vs Redmi 8

Realme C3 menawarkan pengaturan kamera belakang 12MP + 2MP + 2MP. Kamera utama 12MP-nya punya aperture besar F/1.8 dan ukuran piksel 1,25μm yang besar. Konfigurasi kamera tersebut bisa melakukan zoom sampai 4X dan mendukung autofokus PDAF. 

Realme C3 bisa membuat foto menjadi jelas di siang hari dan terang di lingkungan yang kurang cahaya dan gelap.

Semantara Redmi 8 hanya memakai dua kamera belakang dengan sensor 12MP dan kamera bokeh 2MP.

Untuk fitur dalam kamera, Realme C3 punya fitur slow motion video 120 fps. Lebih unggul dari Redmi 8 dengan slow motion video 60 FPS.

Pada kamera depan, Realme C3 kalah dari Redmi 8 yang dibekali dengan senor 8MP. Realme C3 hanya dibekali resolusi 5MP.

Baterai Realme C3 vs Redmi 8

Redmi 8 dan Realme C3 merupakan juara daya tahan baterai. Mereka mempunyai baterai 5000 mAh luar biasa untuk smartphone tingkat pemula. 

Dengan tampilan yang lebih kecil, Redmi 8 akan memberikan daya tahan baterai lebih lama dibanding Realme C3.

Redmi 8 juga mengisi lebih cepat dari Realme C3 berkat teknologi pengisian cepat 18W. 

Secara keseluruhan, ketika sudah ada pembahuruan di desain dengan pola berbeda dan tampilan tidak glossy, kameranya bagus, layar yang lebih luas, dan chipset yang lebih baik, kalian bisa memilih Realme C3. 

Di sisi lain, Redmi 8 jadi perangkat yang lebih kompak dan punya baterai yang tahan lama. Jadi, menurut kalian lebih nyaman yang mana?

Comments are closed.