Pendaftaran UTBK 2023, Syarat Serta Cara Daftarnya!

Internet memang seperti yang sudah diketahui juga untuk saat ini ada berbagai macam pengunaanya. Seperti berikut ini ada penjelasan mengenai Pendaftaran UTBK 2023, Syarat Serta Cara Daftarnya! Tentunya dengan hal tersebut kalian dapat mengetahuinya.

Tentunya kalian pastinya juga sudah mengetahui seperti di era modern seperti saat ini ada berbagai macam hal yang bisa kalian temukan tentunya dengan penggunaan Internet. Hal tersebut tentunya bisa untuk kalian manfaatkan dengan cukup baik dengan kegunaannya.

Berikut ini kita akan berikan penjelasan untuk syarat dan cara melakukan pendaftaran UTBK 2023 kali ini. Tentunya hal tersebut akan kita bahas kali ini pada artikel untuk penjelasannya lebih detail lagi, simak berikut ini dibawah untuk jelasnya.

Pendaftaran UTBK 2023, Syarat Serta Cara Daftarnya!

Kali ini memang untuk pendaftaran UTBK 2023 sudah resmi dibuka dari tanggal 23 Maret 2023 hingga 14 April 2023 mendatang nantinya. Dengan begitu kalian calon mahasiswa baru bisa untuk melakukan pendaftaran tentunya dalam mengikuti program tersebut, berikut ini kita akan memberikan penjelasan untuk Syara serta cara untuk mendaftarnya:

Syarat Pendaftaran

  1. Memiliki Akun SNPMB.
  2. Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  3. Siswa SMA/MA/SMK/sederajat calon lulusan tahun 2023 harus memiliki Surat Keterangan Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 atau peserta didik Paket C tahun 2023 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2023).
    Catatan:
    Surat Keterangan Siswa Kelas 12 disertai dengan:
    • foto terbaru (berwarna)
    • stempel/cap sekolah
    • tanda tangan Kepala Sekolah
  4. Siswa lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2021 dan 2022 atau lulusan Paket C tahun 2021 dan 2022 harus memiliki ijazah dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2023). Bagi lulusan SMA sederajat dari luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan.
  5. Tidak lulus jalur SNBP 2023 atau SNMPTN pada tahun 2021, atau 2022.
  6. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  7. Bagi peserta yang memilih program studi bidang Seni dan Olahraga wajib mengunggah portofolio.
  8. Bagi peserta tuna netra wajib mengunggah Surat Pernyataan Tuna Netra
  9. Hasil UTBK 2023 hanya berlaku untuk mengikuti SNBT dan penerimaan PTN 2023

Cara Daftar

  1. Buka browser dan kunjungi snpmb.bppp.kemdikbud.go.id
  2. Login dengan akun SNPMB.
  3. Setelah itu Pilih ‘Verifikasi dan Validasi Data’.
  4. Masukkan data secara lengkap biodata, unggah foto berwarna.terbaru, verifikasi, unduh, dan unggah pernyataan tunanetra.
  5. Nantinya kalian Pilih ‘Pendaftaran UTBK SNBT’.
  6. Setelah itu kalian Pilih program studi, unggah portofolio, pilih pusat UTBK PTN, dan dapatkan slip pembayaran biaya UTBK.
  7. Selesaikan transakasi untuk biaya UTBK.
  8. Lalu kalian tinggal Cetak kartu peserta UTBK SNBT.

Materi UTBK 2023

  1. Tes Potensi Skolastik (TPS)

TPS mengukur Kemampuan Kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Dalam TPS yang akan diuji adalah Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaaan Matematika Dasar.

  1. Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Mengukur kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

  1. Penalaran Matematika

Mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan warga dunia.

Biaya UTBK

  1. Biaya UTBK sebesar Rp200.000,- (dua ratus ribu rupiah)
  2. Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.

Itulah penjelasan mengenai beberapa cara kali ini untuk mendaftar UTBK 2023 kali ini. tentunya dengan penjelasan tersebut kalian dapat memahaminya, menurut kalian bagaimana dengan penjelasan tersebut kali ini terkait cara mendaftar UTBK tersebut?

Comments are closed.