Perbandingan Samsung A12 vs Redmi Note 9

Share This Post

Sampai saat ini Samsung masih menjadi perangkat smartphone yang banyak diburu para pengguna smartphone. Selain karena kualitasnya terjamin, Samsung memberikan pembaruan spek dan desain yang terus meningkat dalam setiap peluncuran produk barunya. 

Salah satu perangkat yang masih masih laris di pasaran adalah Samsung A12. Di tempat lainnya, Redmi Note 9 juga mengalami peningkatan karena mempunyai banyak fitur dan spesifikasi mumpuni.

Hanya saja, apakah keduanya memang sebanding untuk ditandingkan? Untuk harga memang sekelas. Hanya saja dari spesifikasinya, mereka punya beberapa perbedaan yang lumayan mencolok.

Secara global memang Redmi Note 9 hadir lebih dulu daripada Samsung A12. Akan tetapi ada baiknya langsung cek perbedaan spesifikasi mereka berikut ini agar kalian bisa memilki referensi jika ingin memakainya untuk kebutuhan kalian sehari-hari.

Langsung simak bareng kuy perbandingannya!

Desain Samsung A12 vs Redmi Note 9

Di bagian rangka dan body belakang, Redmi Note 9 dan Samsung A12 sama-sama memakai bahan plastik. Tetapi dalam hal pelindung layar, secara data, spesifikasi Redmi Note 9 terlihat lebih unggul sebab sudah memakai Corning Gorilla Glass 5.

Tapi walaupun begitu, bukan berarti layar Samsung A12 pasti ringkih dan mudah rusak. Memang fitur pelindung layar di Redmi Note 9 jadi nilai plus, tapi bukan berarti Galaxy A12 lebih buruk. Sebab secara durabilitas atau keawetan produk, brand Samsung sudah sangat teruji lewat pengalaman pemakaian para penggunanya selama bertahun-tahun.

Layar Samsung A12 vs Redmi Note 9

Samsung A12 memakai panel PLS IPS, sedangkan Redmi Note 9 memakai panel IPS LCD saja.

Secara diagonal,ukuran layar Redmi Note 9 terlihat lebih besar dengan luas 6.53inch. Tapi secara keseluruhan layar Samsung A12 lebih luas dengan 106.7 cm2.

Secara rasio, layar body ke tubuh Samsung A12 juga lebih baik dengan bezel yang lebih tipis. Hanya saja kalah dalam resolusi.

Ini karena Redmi Note 9 mempunyai resolusi lebih baik dan mendapat perlindungan Corning Gorilla Glass 5.

Kartu SIM Samsung A12 vs Redmi Note 9

Kedua perangkat ini sama-sama memiliki tiga slot. Untuk Samsung A12, dua kartu IM dan satu kartu MicroSD. Sedangkan Redmi Note 9 juga mempunyai tiga slot. 

Sistem Operasi dan Antarmuka Samsung A12 vs Redmi Note 9

Secara basis software mereka sama-sama memakai OS Android 10 Q. Hanya User Interface alias tampilan antarmukanya saja yang beda.

Tampilan antarmuka keduanya juga sama-sama familiar dengan user smarphone global, sebab kedua brand ini laris manis.

Processor dan Pengolah Grafis Samsung A12 vs Redmi Note 9

Redmi Note 9 lebih unggul dengan chipset dari Mediatek Helio 685, dan dikung CPU Octa Core serta diperkuat GPU PowerVR GE8320. Sedangkan Samsung A12 ditenagai chipset Mediatek Helio P35 dan didukung CPU Octa Core serta diperkuat GPU Mali-G52 MC2.

RAM dan Internal Memori Samsung A12 vs Redmi Note 9

Samsung A12 menyediakan pilihan varian memori 4/128GB dan 6/128GB. Sementara Redmi Note 9 tersedia dalam varian RAM / ROM 4/64GB dan 6/128GB.

Samsung sepertinya ingin menonjolkan kapasitas penyimpanan internal dengan hanya menawarkan ROM 128GB saja tanpa pilihan kapasitas lebih rendah. Walaupun begitu, ruang sebesar 64GB saja pada Redmi Note 9 pun sudah cukup besar untuk memasang puluhan aplikasi.

Kamera Samsung A12 vs Redmi Note 9

Pada fitur kamera ini Redmi Note 9 unggul banyak dari Samsung A12. Ia unggul di bagian lensa ultrawide dan lensa kamera depan atau kamera selfie.

Samsung A12 didukung lensa utama 48MP, ultrawide 5MP, lens macro 2MP, Dept sensor 2MP, dan kamera depan dengan kapasitas sebesar 8MP.  

Sedangkan Redmi Note 9 didukung lensa utama 48MP, Ultrawide 8MP, lensa macro 2MP, Depth sensor 2MP, dan lensa kamera depan 13MP. 

Perangkat dan konektivitas Samsung A12 vs Redmi Note 9

Keduanya sama-sama menggunakan jack 3.5 mm. Untuk konektivitas, keduanya juga sama-sama memiliki koneksi Wi-Fi, Wi-Fi Direct, hotspot dan bluetooth 5.0.

Termasuk juga untuk teknologi lokasinya, mereka sama-sama mempunyai fitur GPS with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS.

Samsung A12 dan redmi Note 9 juga sama-sama berjalan pada jaringan 2G GSM/ 3G HSPA/ 4G LTE.

Sensor Keamanan Samsung A12 vs Redmi Note 9

Sebenarnya keduanya sama-sama mempunyai fingerprint dan sensor pengenalan wajah. Tetapi untuk sensor sidik jari atau fingerprint’nya beda posisi. Samsung A12 meletakkan fingerprint di sisi body, sementara Redmi Note 9 masih model konvensional, yaitu di bagian punggung body.

Baterai dan Pengisi Daya Samsung A12 vs Redmi Note 9

Walaupun tidak sama persis, mereka masih berimbang pada bagian ini. Samsung A12 memakai baterai dengan kapasitas 5000 mAh yang mendukung fast charging 15W dan kabel USB type-C. 

Di sisi lain, Redmi Note 9 dengan kapasitas baterai 5020 mAh dengan kabel USB type-C dan mendukung pengisi daya 18W (adaptor 22.5W dalam paket penjualan).

Port Infrared Samsung A12 vs Redmi Note 9

Poin ini masih selalu menjadi keunggulan produk-produk Xiaomi. Teknologi konektivitas yang meski sudah jadul ini masih membawa kegunaan yang bisa mengalih-fungsikan smartphone Xiaomi sebagai remote control untuk alat-alat rumah tangga.

Melihat spek Samsung A12, ia memang kalah dari Xiaomi Redmi Note 9 pada beberapa bagian. Sedangkan untuk kisaran harga mereka relatif sama.

Segala keunggulan ada di Redmi Note 9. Baik dari bagian resolusi layar, lensa kamera depan dan yang performanya. Satu-satunya kelebihan Samsung A12 s ada di durabilitas alias keawetan produknya.

Kalian tertarik dengan Redmi Note 9 dengan harga antara Rp, 2.4-2.8jutaan atau ingin mencari yang awet dengan Samsung di kisaran harga yang sama?

Terimakasih Sudah Membaca di Esportsku

Related Posts