Perbandingan Vivo Y20s G vs Xiaomi Redmi Note 9: Bagusan Mana?

Brand smartphone Vivo dan Xiaomi sampai saat ini masih mendominasi pasar global smartphone di Indonesia. Vivo dengan produk terbarunya, Vivo Y20s G menjadikan gaming terasa asyik dengan dukungan perfoma chipset SoC MediaTek Helio G80 octa core dipadukan RAM 4GB.

Menariknya lagi, Vivo Y20s G mempunyai penyimpanan internal besar yaitu 128GB.

Perangkat ini juga dilengkapi kemampuan fotografi yang tangguh dengan tiga buah kamera belakang dan baterai berkapasitas 5000mAh, dan juga diperkuat dengan fitur fast charge 18W. 

Tapi Vivo Y20s G harus bersaing dengan lawan tangguh seperti Xiaomi Redmi Note 9 yang juga ditenagai SoC MediaTek Helio G Series. 

Mari simak bersama, manakah yang lebih unggul dalam perbandingan kali ini. Cek kuy!

Desain Vivo Y20s G vs Xiaomi Redmi Note 9

Dari desain, ada perbedaan dari kedua perangkat ini. Vivo Y20s G mengusung konsep ultra all screen atau teardrop design di sisi atas layarnya dan perangkat ini kamera belakangnya housing persegi rounded dengan susunan tiga camera vertikal menawan.

Vivo Y20s G tampil dengan casing belakang bergradasi dengan finishing glossy yang memakai material casing belakang dan frame dari polikarbonat. Vivo Y20s G ada dalam dua varian warna, yaitu Purist Blue dan Obsidian Black.

Sementara itu, Xiaomi Redmi Note 9 tampil menarik dengan desain balance minimalis yang ditandemkan dengan layar dengan bezel yang sangat tipis tanpa poni. Perangkat ini mengusung layar DotDisplay dengan lubang kamera depan di sudut kiri atas layar.

Perangkat ini juga meletakkan keempat kameranya di bagian tengah casing belakangnya depan paduan housing berwarna hitam, lengkap dengan sensor sidik jari di sisi bawahnya. Redmi Note 9 ada tiga varian warna, Forest Green, Midnight Grey, dan Polar White.

Layar Vivo Y20s G vs Xiaomi Redmi Note 9

Xiaomi Redmi Note 9 lebih ungggul dalam tampilan layar dengan aspek rasio 19,5:9 didukung layar DotDisplay ukuran 6,53 inci yang disematkan teknologi In-Cell dengan panel IPS (In-Plane Switching) berresolusi full HD+ 2340 x 1080 piksel yang memberikan kerapatan sampai 395 piksel per inci dengan kecerahan sampai 450 nits.

Layar Xiaomi Redmi Note 9 juga memenuhi sertifikat TÜV Rheinland untuk fitur EyeCare protection. Menariknya, Redmi Note 9 ini layarnya dilindungi antigores dari Corning Gorilla Glass 5. Ia juga dilapisi nano coating yang membuatnya tahan percikan air.

Di sisi lain, Vivo Y20s G hanya dibekali layar Ultra All Screen dengan aspek rasio 20:9 didukung layar sentuh ukuran 6,51 inci yang disematkan teknologi panel IPS berresolusi HD+ 720 x 1600 piksel yang memberikan kerapatan sampai 266 piksel per inci, dan tidak dilindungi Corning Gorilla Glass.

Performa Vivo Y20s G vs Xiaomi Redmi Note 9

Vivo Y20s G ditenagai chipset SoC MediaTek Helio G80 yang mengusung prosesor octa-core terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 dengan kecepatan 2GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 dengan kecepatan 1,8GHz ditandemkan dengan memori RAM 4GB, dan juga diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G52 2EEMC2.

Sementara untuk performa Xiaomi Redmi Note 9 ditenagai chipset MediaTek Helio G Series yakni SoC MediaTek Helio G85 yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 dengan kecepatan 2GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 1,8GHz ditandemkan dengan memori RAM lebih besar yaitu 4GB atau 6GB, dan juga diperkuat grafis mumpuni dari GPU Mali-G52 2EEMC2.

Kamera Vivo Y20s G vs Xiaomi Redmi Note 9

Redmi Note 9 unggul dengan 4 kamera. Kamera utama 48MP dengan lensa 26mm aperture f/1.8 yang memakai sensor Samsung ISOCELL GM1 1/2 inci 0,8um piksel dan diperkuat fitur phase-detection autofokus, AI, dan LED flash.

Untuk kamera kedua 8MP dengan sensor 1/4 inci 1.12um piksel dilengkapi lensa ultra-wide 13mm aperture f/2.2 yang bisa menghasilkan foto ultra-wide dengan FoV 119 derajat. Kemudian kamera ketiga dan keempat 2MP dengan lensa f/2.4 berguna sebagai dedicated macro camera dan depth sensor untuk mendapatkan foto bokeh dengan mode portrait.

Vivo Y20s G disini hanya didukung 3 kamera belakang dengan kamera utama 13MP dengan lensa aperture f/2.2 yang memakai sensor BSI CMOS 1/3.1 inci 1.12um piksel yang diperkuat fitur phase-detection autofokus, AI, dan LED flash.

Untuk kamera kedua dan ketiga smartphone Vivo Y20s G 2MP dengan lensa f/2.4 bergua sebagai super macro dan depth sensor untuk mendapatkan foto bokeh dengan mode portrait.

Kamera Depan Vivo Y20s G vs Xiaomi Redmi Note 9

Redmi kembali unggul pada kamera depan dengan kekuatan 13MP, sensor BSI 1/3.1 inci 1.12um piksel dikombinasikan dengan lensa 29mm aperture f/2.3 fixed focus dan dilengkapi fitur AI Portrait Selfie untuk foto selfie dan video call. 

Sementara Vivo Y20s G hanya dilengkapi kamera depan 8MP dengan sensor BSI CMOS 1/4 inci 1.12um piksel dengan lensa aperture f/2.0 untuk foto selfie.

Baterai Vivo Y20s G vs Xiaomi Redmi Note 9

Redmi Note 9 unggul dengan baterai berkapasitas 5020mAh. Dan didukung fast charging dengan daya sampai 18W. Sementara Vivo Y20s G baterainya hanya berkapasitas 5000 mAh dengan dukungan fas charging 18W.

Perangkat Lunak dan Fitur Lain Vivo Y20s G vs Xiaomi Redmi Note 9

Vivo Y20s G menjalankan Android 11 dengan antarmuka Funtouch OS 11. Sementara Xiaomi Redmi Note 9 masih menjalankan Android 10 dengan antarmuka MIUI 12. 

Menariknya Redmi Note 9 sudah mendukung port USB Type C, sedangkan Vivo Y20s G masih memakai port jenis microUSB yang sudah mulai ketinggalan. 

Redmi Note 9 juga didukung IR blaster sebagai remote perabot elektronik rumah tangga.

Harga Vivo Y20s G vs Xiaomi Redmi Note 9

Di Indonesia, Vivo Y20s G dibanderol mulai dari Rp 2,6jutaan. Sedangkan Redmi Note 9 dibanderol mulai dari Rp 2,5 jutaan sampai Rp 2,9jutaan.

Dari seluruh perbandingan di atas terlihat Redmi Note 9 lebih unggul. Dia hanya lemah karena masih ada iklan di antarmuka MIUInya. Kalian, pilih yang mana, Gaes?

Terimakasih Sudah Membaca di Esportsku

Latest news

Related news