Rangkuman Ukuran Feed Instagram untuk Semua Jenis Konten

 

Apakah kalian ingin memposting di instagram tapi belum tahu ukuran feed yang sesuai yang mana? Atau kalian ingin mengunggah video tapi takut terpotong videonya karena beda ukuran?

Oleh sebab itulah, kalian harus tahu ukuran standar untuk setiap jenis postingan yang ada di IG.

Instagram memang menjadi sosial media paling favorit sampai saat ini di Indonesia. Terhitung, jumlah pengguna IG di Indonesia saja saat ini ada di angka 100 jutaan orang.

Karena itu, tidak heran apabila sosial media yang satu ini sangat terkenal di semua kalangan.

Umumnya banyak yang memakai sosial media ini untuk sekedar posting foto dan video atau bahkan endorsement produk.

Nah, jika kalian juga ingin posting di IG, kalian harus tahu rasio dan resolusi untuk posting di aplikasi ini.

Pengertian Rasio dan Resolusi

Mengenai ukuran postingan di Instagram, pasti tidak jauh dari yang namanya aspect ratio dan resolusi.

Aspect Ratio sendiri merupakan perbandingan antara lebar dan tinggi sebuah gambar atau video.

Contohnya ada aspect ratio 1:2 maka tinggi dari foto atau video tersebut 2x lebih panjang dari lebarnya.

Sementara resolusi ini jumlah pixel yang menyusun sebuah foto dan video. Resolusi inilah yang umumnya menjadi faktor utama dari seberapa bagus kualitas dari foto atau video.

Biasanya, makin tinggi resolusi maka akan semakin HD dan bagus kualitasnya. Misal beberapa seperti 1080×1080, 1600×1200 dan masih banyak lainnya.

Ukuran Feed IG Lengkap

Jika kalian sudah paham mengenai rasio dan juga resolusi, kalian dapat masuk ke pembahasan utama mengenai ukuran dari setiap postingan di Instagram. Supaya berikutnya kalian dapat membuat foto atau video dengan size yang sesuai tanpa takut terpotong saat diposting.

Square Post

Ukuran ini paling sering ditemui saat scroll di Instagram. Sebagaimana namanya, square artinya kotak. Karenanya ukuran dari postingan tersebut 1:1.

Dengan demikian lebar dan tinggi dari fotonya akan sama. Dan untuk mendapat hasil postingan yang bagus umumnya akan memakai resolusi 1080 x 1080.

Landscape Post

Sering dikenal dengan nama Horizontal Post sebab memang jenis konten yang satu ini biasanya melebar kesamping. jadinya lebarnya akan lebih panjang dari tingginya.

Ukuran dari Landscape Post yang banyak digunakan punya rasio 16:9 dan resolusi 1080 x 608 pixel. Biasanya ukuran ini digunakan untuk postingan selfie atau pemandangan.

Vertical Post

Berbanding terbalik dari Horizontal Post, untuk ukuran ini mempunyai bentuk yang memanjang ke atas. Dengan begitu tinggi dari foto akan lebih panjang dari lebarnya.

Ukuran yang sesuai untuk Vertical Post di instagram adalah rasio 4:5. Selain itu maka postingan kalian akan terpotong secara otomatis. Untuk resolusi, bisa menggunakan 1080 x 1350 pixel.

Story Instagram

Untuk insta story, umumnya banyak orang yang memakai rasio 9:16 dengan resolusi 1080 x 1920 pixels. Dengan demikian instastory yang kalian buat akan sesuai tanpa takut terpotong otomatis oleh Instagram.

Instagram Reels

Fitur baru di IG ini membuat kalian dapa membuat video dengan durasi pendek plus ditambahkan filter atau musik di dalamnya.

Jika kalian ingin coba, sebaiknya pakai rasio 9:16 berresolusi 1080 x 1920 pixels.

Dengan begitu, maka ukuran dan juga kualitas dari Instagram Reels yang kalian dapat nanti jadi fullscreen dan bagus.

Postingan Video

Untuk postingan yang berisi video, terdapat beberapa size yang disarankan jika kalian ingin memposting sebuah video.

Untuk Horizontal dengan rasio 16:9 dan resolusi 1080 x 608 pixels. Sementar auntuk Vertical dengan rasio 4:5 dan resolusi 1080 x 1350 pixels.

Kemudian untuk Square dengan rasio 1:1 dan resolusi 1080 x 1080 pixels.

Carousel Post

Bisa jadi banyak dari kalian yang masih belum tahu mengenai carousel post. Ini adalah sebuah fitur yang bisa kalian lakukan untuk memposting lebih dari satu foto atau video ke instagram dalam 1 feed.

Total kalian dapat posting sampai 10 gambar dan ukurannya akan disesuaikan dengan foto pertama yang kalian pilih.

Karen aitu, pastikan ukuran semua foto kalian sama supaya tidak terjadi kesalahan.

Inilah yang waijb kalian ketahui jika kalian suka posting foto, video, instastory atau reels instagra.

Sebab dengan memakainya sebagai referensi, maka postingan yang kalian buat jadi lebih rapi, pas dan tidak terpotong saat kalian posting.

Semoga bermanfanfaat dan selamat mencoba!

 

 

Terimakasih Sudah Membaca di Esportsku

Latest news

Related news