4 Rekomendasi Aplikasi Kamera Laptop/Komputer Terbaik

Share This Post

Pada masa sekarang ini, kamera pada laptop atau komputer semakin dibutuhkan, seperti untuk video conference atau keperluan lainnya.

Secara umum hampir semua laptop memiliki kamera dengan dibekali dengan aplikasi standar dari laptop tersebut. Sama juga halnya dengan webcam eksternal pada komputer.

Namun sayangnya aplikasi kamera untuk laptop atau komputer tersebut terkadang hanya memiliki sedikit fitur. Selain itu kualitas foto dan video yang dihasilkannya juga kurang memuaskan.

Dengan berbagai aplikasi tambahan yang berasal dari pihak ketiga atau bukan aplikasi bawaan kamu dapat berkreasi dan bergaya lebih unik dan keren.

Oleh karena itu berikut kami rangkumkan aplikasi kamera laptop/komputer terbaik beserta fitur yang dimilikinya yang telah kami rangkumkan khusus untuk kamu. Simak terus ya!

1. Youcam

Youcam adalah salah satu aplikasi webcam yang paling populer di luar sana untuk alasan yang bagus. Tampilan yang bersih, yang jauh dari tampilan berantakan yang akan kamu temukan di aplikasi webcam lainnya, menjadikan YouCam sebagai pilihan yang tepat untuk pemula.

Walaupun demikian, bukan berarti aplikasi ini minim fitur. Sebaliknya, YouCam menawarkan berbagai alat pengeditan, filter, dan efek yang mengesankan. Filter adegan, lensa distorsi wajah, emoticon, efek dinamis, dan stiker hanya beberapa fitur yang dimiliki.

Kedengarannya bisa saja? bagaimana dengan wajah “Avatars”, stiker AR, dan animasi langsung agar video chat kamu terlihat seperti film yang diedit dengan baik? YouCam memiliki semuanya.

YouCam juga bisa disinkronisasikan dengan layanan seperti Skype dan Yahoo Messenger, dan juga mendukung fungsi login wajah untuk platform seperti Facebook, Amazon, Twitter dan beberapa layanan lainnya.

Di sisi teknis, YouCam menyimpan gambar dalam berbagai format (BMP, JPG, PNG) dan mampu merekam video dalam jenis file AVI dan WMV (juga MP4 untuk sistem dengan kartu VGA) pada resolusi mulai dari 240px sampai Full HD.

YouCam mendukung Burst shot, dan pengguna bisa mengatur kecepatan shutter sesuai keinginan mereka. Satu-satunya kekurangan dari aplikasi ini adalah masa uji coba gratis hanya 30 hari, setelah itu kamu harus membeli versi berbayar.

2. Splitcam

Selanjutnya ada aplikasi yang bernama Splitcam, sebuah aplikasi kamera untuk laptop yang multiguna yang bisa dimaksimalkan untuk siaran langsung, streaming game, presentasi, dan kegiatan lainnya.

Kamu dapat menjalankan lebih dari satu obrolan video dalam waktu yang sama dan cukup satu kamera saja dengan bantuan aplikasi Splitcam ini. Tak hanya itu saja, aplikasi terbaik ini juga memiliki fitur Mixer Audio.

Lewat fitur ini maka kamu dapat mengkombinasikan suara dari beraneka sumber audio seperti dari mikrofon, audio game, serta lain sebagainya. Semakin menarik lagi lantaran aplikasi ini dapat disambungkan dengan situs streaming populer seperti Youtube dan Facebook.

Jika kamu tertarik ingin mencoba aplikasi Splitcam maka langsung saja download di situs resminya secara gratis.

3. Free2x Webcam Recorder

Aplikasi kamera di laptop selanjutnya yaitu ada aplikasi free2x Webcam Recorder. Aplikasi ini sendiri dapat mengambil foto juga merekam video dengan format AVI dan WMV yang jarang diperuntukan di aplikasi kamera laptop lainnya.

Nah disini kamu juga dapat menjadwalkan perekaman video secara otomatis, jadi kamu tidak akan ketinggalan schedule rekaman.

Selain itu dengan aplikasi ini kamu bisa menjadikan output kualitas foto atau video yang sudah dibuat menjadi jernih.

Karena disini kamu dapat mengatur beberapa macam pengaturan untuk memperindah foto atau video secara manual seperti brightness, contrast, saturation, sharpness, gamma, dan lainnya.

Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi video atau foto dengan kamera laptop menjadi jelek. Jika kamu tertarik ingin mencoba aplikasi Free2x Webcam Recorder maka langsung saja download di situs resminya secara gratis.

4. OBS Studio

Mau tahu rahasia dari Youtuber Gaming yang selama ini kamu tonton? Rata-rata mereka menggunakan aplikasi OBS Studio untuk kebutuhan streaming mereka.

Bisa dibilang, software ini punya fitur serba ada yang paling baik di antara semua aplikasi live streaming. Kendati demikian, pengguna akan merasa dipusingkan dengan antarmukanya yang rumit.

Setidaknya dibutuhkan Windows 8 ke atas untuk menjalankan software ini. Kamu tidak menggunakan Windows? Tidak perlu khawatir, karena OBS Studio juga tersedia untuk Linux dan MacOS 10.13 ke atas.

Open Broadcaster Software ini punya performa yang tinggi, bisa merekam dari berbagai sumber secara bersamaan seperti screencasting dan juga webcam.

Untuk kamu yang mau rekam gameplay konsol juga bisa, OBS mendukung penggunaan Capture Card. Format perekaman secara default adalah FLV, tapi kamu juga bisa menyimpan rekaman dengan format MP4 dan MKV juga.

Tertarik dengan aplikasi webcam profesional ini? Yuk unduh di sini secara gratis!

Demikian rekomendasi aplikasi kamera terbaik untuk laptop/komputer yang telah kami rangkumkan untuk kamu. Terima kasih sudah berkunjung, simpan dan bagikan artikel ini jika bermanfaat ya!

Terimakasih Sudah Membaca di Esportsku

Related Posts