Tanding Spesifikasi Realme Narzo 30A VS Poco M3

Baru-baru ini bursa smartphone persaingannya semakin ketat. Berbagai perangkat hadir untuk masing-masing segmen dengan harga dan spesifikasi yang beragam pula. 

Sebagaimana produk dari Realme dan Xiaomi. Realme yaitu Narzo 30A sudah rilis untuk segmen menengah yang kemudian bersaing dengan produk Xiaomi, yaitu Poco M3.

Keduanya hadir dengan fitur tangguh dan spesifikasi mumpuni. Tetapi, dari keduanya manakah yang terbaik menurut kalian?

Jika kalian sedang mencari referensi mana yang terbaik dari kedua perangkat ini, maka kalian bisa cek artikel ini sampai akhir sehingga bisa menetapkan pilihan.

Desain Realme Narzo 30A VS Poco M3

Realme Narzo 30A hadir dengan desain belakang yang mempunyai sentuhan tekstur yang terbelah dengan garis – garis diagonal dari bawah sensor sidik jari. Modul kamera perangkat ini bentuknya persegi yang di dalamnya dilengkapi flash LED yang tersusun secara simetris. 

Di bagian depan, kamera diletakkan di water-drop notch dan juga garis tebal di bagian bawah. Narzo 30A memberikan dua opsi warna yaitu Laser Black dan Laser Blue, berdimensi tebal 9,88 mm dan berat 205 gram.

Sementara itu Poco M3 tampil dengan sentuhan khas dan unik karena tata letak kamera belakang dan pendekatan desain yang lebih sederhana. Tiga kamera belakang dan flash LED diletakkan pada sebuah modul berwarna hitam selebar panel belakang. 

Untuk bagian depan, perangkat ini juga menggunakan desain water-drop notch, tetapi dengan bezel dan bagian bawah yang lebih tipis dibandingkan Narzo 30 A. Untuk ukuran dan berat, Poco M3 lebih ramping dan ringan dengan dimensi 9,6 mm dan berat 198 gram.

Layar Realme Narzo 30A VS Poco M3

Realme Narzo 30A hadir dengan layar LCD 6,5 inci berresolusi HD+ dan rasio aspek 20:9 yang khas untuk tipikal budget smartphone. Resolusi layarnya lebih rendah membantu perangkat ini memperoleh efisiensi daya yang lebih baik.

Sedangkan Poco M3 tampil lebih berani dengan layar LCD full HD+ dan rasio aspek 19,5:9 yang sedikit lebih pendek dibanding Narzo 30 A. Walau lebih pendek tapi Poco M3 punya layar yang lebih lebar dibanding Narzo 30A dengan ukuran panel 6,53 inci.

Kinerja Realme Narzo 30A VS Poco M3

Realme Narzo 30A ditenagai SoC gaming kelas menengah MediaTek Helio G85, yang memunculkan tata letak delapan core dengan dua core yang menunjang kinerja yaitu Cortex-A75 dan enam core untuk efisiensi Cortex-A55. 

Fitur konektivitas termasuk 4G, Wi-Fi dual-band 5, Bluetooth 5.0 LE dan sensor sidik jari fisik yang diletakkan di belakang. Untuk penyimpanan Narzo punya RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB, memakai penyimpanan jenis flash eMMC yang lebih murah daripada penyimpanan jenis flash UFS.

Di sisi lain, Poco M3 ditenagai Qualcomm Snapdragon 662 SoC, yang dibangun di atas arsitektur 11nm generasi yang lebih baru dan hemat daya. 

Semua varian Poco M3 memperoleh minimal RAM 4GB sebagai standar. Perangkat ini memakai penyimpanan UFS 2.1 untuk varian 64GB dan UFS 2.2 untuk varian 128GB. Sensor sidik jari dipasang di samping, Wi-Fi dual-band 5 dan juga Bluetooth 5.0 LE datang sebagai fitur standar.

Kamera Realme Narzo 30A VS Poco M3

Walaupun tampak seperti modul tiga kamera, Realme Narzo 30A hanya punya fitur kamera belakang ganda, yang artinye modul ketiga hanya mempercantik penampilan. Pengaturan kamera ganda punya unit utama 13MP dengan lensa f/2.2 dan lensa monokrom sekunder 2MP f/2.4. Sedangkan di bagian depan ada kamera 8MP dengan lensa f/2.

Sementara itu Poco M3 dilengkapi modul kamera belakang tiga lensa dengan unit utama 48 MP f/1.8, makro 2MP f/2.4 dan sensor kedalaman 2 MP f/2.4. Untuk keperluan selfie Poco M3 didukung kamera 8MP dengan lensa f/2.1.

Baterai Realme Narzo 30A VS Poco M3

Pada segi baterai Narzo 30A ataupun Poco M3 sama-sama dibekali baterai dengan kapasitas 6.000 mAh yang dilengkapi standar pengisian cepat 18W lewat USB type C.

Harga Realme Narzo 30A VS Poco M3

Realme Narzo 30A dibanderol mulai dari harga Rp 1,9 jutaan. Sedangkan Poco M3 dibanderol dari harga Rp1,79 jutaan sampai Rp2,19 jutaan.

Secara keseluruhan, Poco M3 lebih baik. Tetapi semua kembali keada kebutuhan dan budget kalian, Gaes. Selamat berbelanja!

Comments are closed.