Tips Cetak dan Download Invoice Tokopedia Melalui Smartphone

Setiap pembelian barang biasanya akan diberikan invoice atau faktur. Ini sebagai bukti apabila suatu waktu terjadi masalah dan pembeli ingin melakukan klaim atas barang tersebut.

Bisakah pembelian secara online untuk mendapatkan invoice atau bukti pembelian juga? Bisa kok. Contohnya pada marketplace Tokopedia.

Bahkan disini kalian dapat melakukan cetak dan downlaod invoice tersebut dari perangkat smartphone kalian, baik itu android atau iOS.

Invoice atau faktur sendiri adalah salah satu bukti pembelian barang pada sebuah lapak  atau toko atau marketplace, baik offline ataupun online.

Invoice atau faktur juga sering dikenal dengan label pengiriman. 

Kemudian bagaimana cara mencetak dan download invoice tersebut?

Ada beberapa cara, Gaes. Salah satunya melalui smartphone, baik android ataupun iOS.

Sebagai penjual, seharusnya tidak perlu repot-repot menyusun resi invoice atau faktur melalui Tokopedia, karena Tokopedia sudah menyediakan invoice di setiap transaksi pembelian.

Sedangkan untuk informasi di label faktur atau invoice setiap transaksi pembelian di Tokopedia berisi data-data. Di antaranya Nomor Invoice, nama barang dan deskripsi pesanan, nama dan alamat tujuan pengiriman dilengkapi nomor telepon, detail penjual dan tanggal pemesanan, jasa ekspedisi pengiriman. Kemudian ada juga keterangan harga, asuransi (biaya lainnya) dan total pembayaran.

Walaupun lebih disarankan mencetak resi invoice dengan PC atau laptop, tapi kalian juga bisa melakukannya melalui smartphone.

Karena label pengiriman Tokopedia tidak dapat disimpan atau di download langsung di aplikasi Tokopedia, maka kalian harus mengaksesnya melalui Seller Tokopedia.

Berikut cara cetak dan download Invoice Tokopedia.

Login ke Seller Tokopedia

Pertamanya buka browser, lalu ketik link seller.tokopedia.com di bar browser. Kemudian, langsung login memakai username dan password Tokopedia kalian.

Ganti tampilan browser ke Desktop site atau Situs desktop

Sebelum melanjutkan, ganti tampilan desktop ke Desktop site atau Situs desktop. Caranya, ketklikuk ikon titik tiga vertikal di sudut kanan atas layar. Kemudian pilih dan centang di opsi Desktop site atau Situs desktop.

Klik menu Penjualan

Lihat menu pada sisi kiri website Seller Tokopedia, dan klik menu Penjualan.

Klik Pesanan Baru

Lihat tab yang berjejer pada bagian Status, dan tap Pesanan Baru untuk melihat pesanan atau pembelian yang masuk.

Klik tombol Terima Pesanan pada pesanan

Nantinya kalian akan melihat daftar pesanan atau pembelian yang harus dikirim. Klik tombol Terima Pesanan kalau pesanan tersebut tersedia untuk dikirim. Atau cek di kotak Pilih Semua kalau semua pesanan tersedia (ready) untuk dikirim ke pembeli.

Klik Siap Dikirim

Pada tahap ini, pindah ke tab Siap Dikirim. Di tab ini kalian akan melihat daftar pesanan yang siap dikirim.

Klik tulisan Cetak Label

Di bilah ini kalian siap mencetak label atau invoice dari setiap pesanan. Caranya ialah klik tulisan Cetak Label. Kemudian klik lagi opsi Cetak Pesanan untuk mengkonfirmasi.

Simpan atau download label pesanan sebagai PDF

Saat ini, kalian siap menyimpan atau mendownload resi invoice pesanan. Kalau perangkat smartphone Android atau iPhone sedang terhubung dengan printer, langsung cetak invoice dengan klik tombol Cetak.

Cara Lain Download atau Simpan Invoice di Tokopedia

Di samping cara di atas, kalian bisa juga atau download invoice pembelian Tokopedia dengan cara lain.

Pertama, login ke seller.tokopedia.com, lalu klik menu Pesanan. Di salah satu daftar pesanan, tap kode invoice, contoh kode: INV/20211129/XIX/X/348597655.

Nantinya akan akan langung muncul berbagai informasi yang diperlukan untuk  mencetak label pesanan. Kalau perangkat sudah tersambung ke printer, klik tombol Cetak di pojok kanan atas layar. Selesai. Selamat mencoba!

Terimakasih Sudah Membaca di Esportsku

Latest news

Related news