5 Tips Download File di Google Classroom

Share This Post

Tips Download File di Google Classroom ini sebenarnya cukup mudah untuk kalian lakukan. Terutama, bagi kalian para siswa yang seringkali menggunakan Google Classroom. Pandemi covid-19 saat ini memang membuat semuanya serba daring.

Saat ini, untuk memutus mata rantai penyebarannya yang sangat cepat, pemerintah pun membatasi segala bentuk kegiatan sosial. Salah satunya yaitu dengan cara belajar dari rumah yang saat ini sedang dijalani oleh seluruh siswa di Indonesia.

Google Platform merupakan salah satu pilihan terbaik sebagai aplikasi untuk menjalankan kegiatan kelas online. Layanan besutan Google ini memang dapat membantu guru serta murid dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara online.

Jadi bagaimana Tips Download File di Google Classroom ini? Berikut ulasannya!

Tips Download File di Google Classroom

Tips Download File di Google Classroom

Tips Download File di Google Classroom ini dapat dengan mudah. Layanan yang satu ini tersedia untuk digunakan gratis oleh siapapun. Syaratnya cuma satu, yaitu kalian wajib memiliki sebuah akun Google (Gmail).

Untuk mengaksesnya, kalian hanya wajib pergi ke Google Classroom menggunakan browser seperti Chrome, Mozilla atau Operamini. Kemudian login menggunakan akun Google masing-masing.

Bagi yang tak memiliki laptop atau komputer juga tak perlu khawatir. Karena Google Classroom ini juga tersedia dalam bentuk aplikasi mobile yang bisa kalian download dan install di smartphone android kalian.

Dan lalu login dengan akun Gmail sama seperti yang sebelumnya.

Tips Download File di Google Classroom

Google Classroom memang akan memudahkan murid dan guru agar tetap terhubung meski terpisah jarak. Biasanya, guru akan membagikan sebuah file dengan isi materi dan juga latihan soal yang harus kalian kerjakan.

1. Pilih Kelas

Pertama, kalian dapat memastikan bergabung ke dalam kelas online yang dimaksud. Kemudian klik pada salah satu kelas yang kalian inginkan.

2. Memilih Postingan / Materi

Kemudian, kalian akan melihat postingan dari guru tentang sebuah materi baru. Kalian pun dapat klik untuk melihat isi postingan tersebut.

Baca juga : Tips Mengembalikan Data Akibat Ransomware

3. Membuka Lampiran File

Selanjutnya, kalian akan melihat sebuah lampiran dalam postingan tersebut. Nantinya pun akan berisi materi pelajaran yang harus kalian pelajari. Untuk mendownloadnya, kalian bisa klik pada lampiran yang ada disana.

4. Membuka Jendela Baru

Setelah itu, filenya pun akan secara otomatis terbuka dan kalian dapat melihat isinya. Untuk bisa mengunduhnya, silahkan klik pada tanda titik tiga di bagian pojok kanan atas, kemudian pilih Open in the New Tab atau Buka di Jendela Baru.

Baca juga : Tips Mengubah MKV ke MP4

5. Mendownload File

Terakhir, kalian dapat klik ikon download di bagian pojok kanan atas. Dan tak lama kemudian proses pengunduhan akan segera dimulai, kalian pun tinggal menunggunya hingga selesai.

Dan kalian dapat mencari file yang sudah terdownload di ruang penyimpanan kalian masing-masing.

Itu tadi informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Tips Download File di Google Classroom. Semoga informasi yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi kalian para pembaca.

Terima kasih sudah berkunjung!

Terimakasih Sudah Membaca di Esportsku

Related Posts