Tips Melacak Smartphone dengan Fitur SmartThings Find

Perangkat smartphone saat ini semakin canggih dengan berbagai fitur baru yang disematkan di dalamnya. Pembaruan sistem, dan perbaikan berbagai spesifikasi pun diberikan oleh berbagai brand smartphone agar bisa terus memberikan rasa nyaman dan kepuasan bagi para pengunanya.

Salah satu perangkat dari Samsung, yaitu Galaxy S21  Series 5G sudah diluncurkan dengan memberikan fitur kamera yang epik dibalut desain ikonik. Tetapi di samping itu ada fitur yang juga disematkan, yaitu SmartThings Find.

Fitur yang belum pernah ada pada perangkat sebelumnya ini memang jarang orang yang mendiskusikannya.  

Sebelumnya Samsung juga sudah mempunyai fitur Find My Mobile, tapi SmartThings Find di Galaxy S21 Series 5G adalah fitur yang mampu membantu kalian sebagai pengguna untuk menemukan semua perangkat-perangkat Galaxy kalian dengan lebih mudah tidak terbatas dari pencarian smartphone saja.

SmartThings Find bisa kalian akses untuk para pengguna perangkat Galaxy yang memakai Android 8 atau lebih baru. Layanan SmartThings Find menggunakan teknologi Bluetooth Low Energy (BLE) dan Ultra-wideband (UWB) untuk membantu kalian melacak perangkat Galaxy, mulai dari smartphone, tablet, smartwatch, dan earbuds kalian yang hilang.

Dengan memanfaatkan SmartThings Find, kalian bisa mencari perangkat Galaxy kalian memakai google map. Bahkan saat perangkat tersebut dalam keadaan offline. 

Ini menjadi mungkin sebab kalian sebagai pengguna SmartThings bisa membantu pengguna lain untuk menemukan perangkat- perangkat mereka yang hilang dengan aman.

Menariknya lagi, ketika perangkat kalian mati selama lebih dari 30 menit, perangkat akan secara otomatis mengeluarkan sinyal BLE yang bisa diterima oleh perangkat lain. Sehingga jika kalian mem-flag perangkat kalian hilang pada SmartThings Finds, kalian bisa menemukan perangkat kalian dengan bantuan dari perangkat Galaxy lainnya.

Di samping dari fitur tersebut, SmartThings Find juga punya fitur tambahan yang bisa membuat perangkat Galaxy kalian yang hilang mengeluarkan suara sehingga kalian bisa menemukan perangkat yang hilang dengan lebih cepat. 

Kalian hanya perlu mengakses SmartThings Find dan memilih perangkat yang akan dicari, lalu sesudah dekat dengan GPS pada Map, kalian bisa memilih perangkat untuk berdering, atau memakai fitur Search Nearby untuk hasil pencarian yang lebih presisi.

Ini sangat bermanfaat jika kalian lupa menaruh perangkat Galaxy S21 Series 5G saat berada di rumah, sehingga kalian harus mondar-mandir mencari perangkat Samsung Galaxy S21 Series yang terselip di kolong tempat tidur atau di balik sofa. 

SmartThing Find juga bisa terkoneksi dengan perangkat Galaxy lainnya misalnya Smartwatch, Buds dan Smart Tag.

Lalu bagaimana cara mengakses SmartThings Find?

Kalian cukup mengikuti beberapa langkah berikut ini.

Pertama-tama, kalian harus memastikan sudah memakai Android 8 atau lebih.

Berikutnya, silahkan cari aplikasi SmartThings Find pada perangkat kalian dan masuk ke akun Samsung Member kalian atau daftar.

Setelah itu SmartThings Find akan secara otomatis menunjukkan setiap perangkat Galaxy yang kalian punya.

Disini kalian bisa memilih perangkat yang ingin kalian cari. Kemudian di interface tersebut kalian bisa klik tombol “navigate” dan SmartThings Find akan secara otomatis menunjukkan lokasi perangkat.

Di interface tersebut, kalian bisa juga klik tombol “Search Nearby” untuk mengaktifkan fungsi pencarian berbasis AR, atau “Ring” untuk membuat perangkat berdering untuk membantu kalian menemukan perangkat kalian.

Cukup dengan langkah-langkah mudah di atas, maka kalian bisa mengakses setiap perangkat Galaxy yang kalian punya lewat fitur smarthings find. Selamat mencoba!

Terimakasih Sudah Membaca di Esportsku

Latest news

Related news