Tips Membersihkan Cache Laptop dengan Aplikasi

Share This Post

Laptop kalian lemot? Bisa jadi karena ada begitu banyak file cache disana, Gaes.

Cache adalah suatu data sementara dari suatu aplikasi. Data tersebut dihasilkan ketika kalian membuka aplikasi.

Aplikasi akan menghasilkan file cache agar nanti kalau kalian membuka kembali, aplikasi tersebut tidak perlu donwloan data dari awal.

Salah satu contoh data cache yang paling banyak ditemui adalah browser cache.

Cache akan mengisi memori penyimpanan laptop. Memori yang terus tertimbun dengan file sampah ini akan menurun performanya. Yang terjadi kemudian? Bisa ditebak, laptop kalian kemuain menjadi lemot, atau bahkan ngehang dan error lebih parah.

Agar bisa kembali berjalan normal, tumpukan file sampah ini harus kalian hapus agar memori kembali luang dan laptop bisa kalian gunakan seperti sedia kala kembali.

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk membersihkan file chache. Di antaranya memakai aplikasi tambahan atau tanpa aplikasi.

Tapi sebelumnya, kuy kenalan dulu jenis-jenis cache yang ada di lapotp kalian.

Di laptop dengan OS Windows, ada beberapa jenis cache. Sebagai pengetahuan, berikut beberapa jenis cache tersebut:

Pertama,  Windows 10 Update Cacheterkenal sebagai OS yang sering melakukan update. Cache ini dihasilkan dari aktivitas update tersebut.

Kedua, Windows Store Cache. Cache yang ditimbulkan ketika kalian mendownload aplikasi lewat Windows Store. Ketiga, Temp Files CacheCache jenis ini dihasilkan dari aplikasi yang ada dalam laptop.

Kelima, Thumbnail Cache. Setiap file punya thumbnail atau gambar preview ketika kalian melihatnya di File Explorer. Chace jenis ini dihasilkan dari thumbnail atau preview gambar file tersebut.

Kelima, System Restore Cache. Cache dari pemulihan sistem. Keenam, Web Browser Cache. Cache ini dihasilkan dari aktivitas browsing dan download file di internet. Ketujuh, DNS Cache atau Domain Name System. Yaitu cache yang dihasilkan dari jaringan internet yang laptop kalian pakai.

Lalu bagaimana cara membersihkan cache tersebut? Dalam artikel ini akan dibagikan cara membersihkan cache dengan aplikasi tambahan. Cekidot, Gaes!

Membersihkan Cache dengan Aplikasi Tambahan

Salah satu aplikasi yang cukup banyak digunakan untuk membersihkan cache adalah CCleaner. Aplikasi ini sudah ada untuk Windows dan Mac.

Kalian dapat melakukan download versi gratisnya, kalau ingin menambah fitur, dapat membeli versi pro.

Langkah-langkah membersihkannya yaitu sebagai berikut.

Pertama, buka web official CCleaner lalu masuk halaman Download. Kalian dapat menemukan link download CCleaner untuk Windows dan Mac. Download aplikasi sesuai OS dari laptop kalian.

Sesudah aplikasi berhasil kalian download, instal aplikasi tersebut di laptop. Kemudian buka aplikasi CCleaner. User Interfacenya cukup mudah dipahami.

Klik Tab Cleaner. Untuk menjalankan proses pembersihan Cache, tap Run Cleaner. Selesai.

Laptop yang dirawat dengan baik akan mempunyai performa yang tetap terjaga. 

Artikel tentang cara membersihkan cache di laptop apat bisda menjadi panduan kalian melakukan perawatan sistem.

Apabila kalian ada pertanyaan atau ingin menambahkan tips lain, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah ini.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi. Ada banyak tips tersaji, yang bisa menjadi solusi masalah teknis yang kalian alami saat ini. 

Ada juga review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua. Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya. Selamat mencoba cara tadi. Semoga bermanfaat dan salam teknologi!

Related Posts