Tips Membersihkan File Sampah di Laptop

Share This Post

Laptop merupakan perangkat yang menunjang aktivitas sehari-hari banyak orang. Tidak hanya untuk belajar, tapi juga bekerja, bisnis, sampai seminar dan lainnya.

Hanya saja, setelah beberapa waktu pemakaian, pasti ada banyak file yang tertimbun di laptop. Di antara sekian banyak file pribadi, akan ada tumpukan file sampah.

Apabila dibiarkan saja, tumpukan file sampah tersebut akan membuat berat beban kerja laptop. Performa laptop dapat menurun. Pada kondisi yang parah, laptop dapat menjadi lemot.

Jenis file sampah  sendiri ada beragam, baik di PC atau laptop. 

Pertama, temporary file sisa aplikasi yang diuninstal. Walau sudah diuninstal, masih akan ada file-file yang tersisa di ruang penyimpanan. Kedua, file di recycle bin. Ketika sebuah file dihapus, file tersebut belum sepenuhnya terhapus. File masih ada di recycle bin.

Ketiga, file cache. Cache merupakan file sementara dari program atau aplikasi yang kalian buka. File cache tersimpan di memori PC untuk mengefisienkan kerja aplikasi.

File-file sampah di atas memang ada gunanya. Tapi kalau dibiarkan terus menerus menumpuk, laptop dapat menurun performanya.

Apa akibat file sampah menumpuk di Laptop?

Banyak memori penyimpanan yang berkurang. Drive C yang paling sering terdampak. Kemudian, waktu menyalin file atau transfer rate lebih lama.

Ketika bermain game, laptop jadi ngelag. Kemudian akan jadi lama ketika membuka program atau aplikasi. Kemudian ketika booting atau starting up.

Lalu bagaimana cara menghapus file sampah di laptop?

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan. Berikut beberapa tips yang dapat kalian langsung terapkan.

Menghapus dengan Fitur Run

Untuk membersihkan file sampah di laptop tanpa aplikasi bisa memakai cara ini. Kalian akan menghapus file sampah secara manual.

Untuk mempermudah pencarian file sampah, fitur run akan digunakan. 

Pertama-tama, kalian bias klik tombol Windows + R di keyboard untuk membuka fitur Run. Lalu ketikan temp. File explorer akan terbuka dan menampilkan seluruh Folder Temp.

Berikutnya, periksa semua folder yang tampil lalu klik Delete di keyboard.

Sesudah selesai, klik tombol Windows + R lagi di keyboard. Di fitur Run ketikan %temp%. Nantinya file explorer akan kembali terbuka. Hapus seluruh file yang muncul di situ.

Terakhir, masuk ke Recycle Bin dan kosongkan Recycle Bin. Selesai.

Lewat Disk Cleanup

Tips membersihkan file sampah di laptop windows 10 dapat memakai cara ini. Terdapat dua cara yang dapat diterapkan.

Cara Pertama, di fitur search di laptop ketikan Disk Cleanup. Nanti akan tampil aplikasi Disk Cleanup bawaan Windows. Buka aplikasi tersebut. Nanti kalian akan diminta memilih Drive.

Setelah itu klik Drive C sebab di drive tersebut paling banyak ada file sampah.

Semua file sampah akan tampil. Pastikan seluruh file terchecklist. Kemudian tap Ok untuk menghapus. Selesai.

Cara Kedua, kalian bisa buka File Explorer. Tap This PC. Kemudian, klik kanan di Drive C dan tap Properties.

Pada jendela Drive Properties akan terbuka. Klik tombol Disk Cleanup. Terakhir, tap OK. Selesai.

Memakai Aplikasi CCleaner

CCleaner merupakan aplikasi pembersih file sampah untuk komputer paling populer. Aplikasi ini sudah hadir dari tahun 2003 dan masih terus eksis sampai saat ini.

Untuk dapat membersihkan laptop dari file sampah memakai aplikasi ini, pertamanya kalian instal aplikasi CCleaner di laptop kalian.

Kalau belum ada file installernya, download lewat situs resminya disini. Lalu buka aplikasi.

Di tab Cleaner, tap tombol Run CCleaner yang ada di pojok kanan bawah. Kalian akan diminta mengkonfirmasi, tap tombol Continue.

Selanjutnya, proses scanning akan berjalan. Ketika proses scanning berjalan, akan diminta konfirmasi lagi untuk setiap program yang akan dibersihkan. Tunggu sampai proses selesai. File sampah sukses dibersihkan. Selesai.

Jangan lupa untuk membersihkan registry. Caranya, tap Menu Registry di samping kiri. Lalu tap tombol Scan. Tunggu sampai proses scanning selesai. Kemudian tap tombol Fix Selected. Selesai.

Memakai Aplikasi Advanced SystemCare

Advanced SystemCare dapat diandalkan untuk membersihkan file sampah.

Di samping memberikan layanan cleaner, aplikasi ini juga dapat memberikan layanan optimasi. 

Untuk mengoperasikannya, download dulu installernya lewat website resminya disini.

Aplikasi ini terdapat versi free dan Pro. Versi free sesungguhnya sudah cukup memenuhi keperluan, kalian dapat upgrade ke versi Pro sewaktu-waktu diperlukan.

Sesudah didownload, instal aplikasi. Buka aplikasi. Untuk membersihkan file-file sampah, tap menu Care. Check list di box Select All, lalu Scan.

Laptop kalian akan di scan, dibersihkan file-file sampahnya, dan performa akan dioptimasi.

Memakai Aplikasi AVG Tune Up

AVG PC TuneUp punya banyak fitur di samping untuk cleaner. Aplikasi ini punya fitur untuk memaksimalkan performa Windows. Pemakaian daya baterai juga dapat dihemat.

Kalian pun dapat membuat penjadwalan bersih-bersih file sampah dengan aplikasi ini. Hal tersebut dapat ditunjang dengan fitur Scheduled & Automatic Routine Maintenance.

Aplikasi akan berjalan secara otomatis scanning dan membersihkan file-file sampah di jadwal yang kalian tentukan.

Untuk menjalankannya, download aplikasi AVG Tuneup, kemudian buka aplikasi. Nanti akan ada beberapa pilihan action. Klik opsi Free Up Space.

Lalu tunggu sampai scan selesai. Tap pada System Cache & Logs dan klik Show lalu tap Clean. Selesai.

Beberapa cara membersihkan sampah di laptop bisa segera kalian terapkan. Kalian harus memastikan untuk membersihkan file-file sampah ini secara rutin. Laptop yang bersih dari file sampah akan lebih ringan pengoprasiannya. Selamat mencoba!

Terimakasih Sudah Membaca di Esportsku

Related Posts