Tips Membuat Aplikasi Android dengan Android Studio

 

Kalian pernah mendengar pembuatan aplikasi android dengan android studio? Jika belum, maka kalian dapat menyimak artikel ini secara lengkap.

Jika sebelumnya kalian pernah mendengar kalimat membuat aplikasi dengan coding atau yang lain, maka saat ini kalian pun bisa membuat aplikasi android dengan android studio.

Apa Itu Andorid Studio?

Ia adalah tools Intregated Development Environment (IDE) resmi hasil kolaborasi antara Google dan Jetbrains yang dibuat khusus untuk perkembangan aplikasi android.

Lalu bagaimana cara membuat aplikasi dengan android dtudio?

Kuy cek bareng!

Lakukan Penginstallan Android Studio

Untuk dapat memahami cara membuat aplikasi android dengan android studio, langkah pertama yaitu mengunduh aplikasi android studio tersebut. Link download aplikasi umumnya tersedia dalam website tertentu, atau kalian pun dapat langsung mengetikkan download android studio di web source. Lakukan instal aplikasi tersebut dengan mengerjakan secara runut instruksi sistem.

Mulai Membuat Project

Jika sudah terinstall, buat langsung project baru dengan tap bagian IDE Android Studio dan melengkapi data-data yang diperlukan.

Setelahnya tap Next dan pastikan bagian phone and tablet kalian beri tanda ceklist. Ikuti instruksi sistem berikutnya sampai tertera tulisan Finish.

Edit Pesan Utama yang Ada di Layar

Langkah berikutnya, edit pesan utama yang ada di layar. Caranya kalian dapat mengarahkan tab Desain yang ada pada activity_main.xml untuk berikutnya bisa kalian ketikkan di pesan utama tersebut, contohnya dengan ucapan selamat datang di aplikasi kami atau hal lainnya.

Tambahkan Tombol

Sesudah menyelesaikan tahapan kedua yaitu membuat tombol fungsi di aplikasi yang kalian buat. Masih di tab yang sama, kalian dapat memilih di menu pallete dan tap tombol.

Atur letak tombol tersebut sesuai dengan kemauan kalian. Berikutnya silakan kltapik properties dan klik menu text untuk mengganti text button menjadi kalimat yang Andkalian mau, contohnya berupa kalimat halaman berikutnya.

Buat Activity Baru

Kalian bisa membuat aktivitas baru sebagaimana pada tahapan tiga dan empat jika memang dibutuhkan dalam aplikasi android yang kalian buat.

Tata letak activity baru ini umumnya ada pada layar kedua atau halaman selanjutnya di aplikasi.

Kalian dapat Menambahkan Method on Click

Untuk memperoleh fungsi tombol on click supaya terkoneksi ke halaman berikutnya, kalian bisa menambahkan kode-kode java yang terkait.

Contohnya saja berupa kode import android.content.Intent; import android.support.v7.app.AppCompactActivit; dan lainnya.

Test dan Run Aplikasi Tersebut

Terakhir, tes aplikasi android yang kalian buat sebelumnya dengan tap pilihan menu run app. Pastikan kalian telah mempunyai emulator, kalau belum kalian bisa memilih emulator yang disediakan di aplikasi android studio.

Apabila sudah begitu, dapat dipastikan jika aplikasi android kalian telah dapat berjalan dengan sempurna.

Itu tadi artikel mengenai tips untuk dapat membuat android dengan android studio.

Semoga informasi di atas bisa memberikan banyak manfaat untuk kalian semuanya.

Jika nantinya kalian ada pertanyaan, maka kalian dapat menuliskannya di kolom komentar di bawah artikel ini ya, Gaes.

Jangan lupa untuk selalu update berita dan info terbaru mengenai segala hal yang menjadi berita hangat baik di dalam maupun di luar negeri yang hadir setiap hari hanya untuk kalian di esportku.com.

Ada juga tips terbaru yang bisa mengatasi masalah teknis dan non teknis dalam kehidupan kalian sehari-hari.

Ada juga game-game seru yang dapat kalian dapatkan disini baik tips, trik, atau link cara memainkannya.

Sampai bertemu lagi di artikel lainnya yang pastinya lebih keren dan menarik untuk kalian simak dari awal sampai akhir.

Semoga bermanfaat!

 

 

Terimakasih Sudah Membaca di Esportsku

Latest news

Related news