7 Tips Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Word

Tips Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Word ini sebenarnya cukup mudah. Kalian sendiri dapat memanfaatkan daftar pustaka otomatis ini tanpa perlu kesulitan lagi. Daftar pustaka merupakan salah satu bagian yang sangat penting.

Daftar pustaka adalah salah satu bagian yang sangat penting dalam penyusunan sebuah laporan, skripsi, karya ilmiah, jurnal, buku ataupun makalah. Pada umumnya, daftar pustaka ini terletak di halaman akhir dari karya tersebut.

Tetapi, Microsoft Word ini sendiri memiliki fitur yang dapat kalian gunakan untuk membuat daftar pustaka secara otomatis. Untuk kalian yang mungkin lupa atau tidak mengerti bagaimana format penulisan daftar pustaka ini, kalian dapat menyimak artikel ini.

Hal yang harus kalian ingat disini yaitu Microsoft Word akan menyesuaikan dengan jenis daftar pustaka yang kalian miliki. Contohnya yaitu mulai dari buku, jurnal, majalah, website dan sebagainya dengan format dan atribut masing-masing.

Jadi bagaimana Tips Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Word ini? Berikut ulasannya!

Tips Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Word

Tips Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Word

Berikut langkah-langkah Tips Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Word :

1. Membuka File

Tips Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Word  yang pertama yaitu kalain dapat membuka file yang ingin kalian buatkan daftar pustakanya. Caranya yaitu kalian bisa klik file, lalu open dan masukkan file yang ingin kalian buka.

2. Buka Menu

Setelah itu, kalian dapat masuk ke tab References > Manage Sources. Kalian pun dapat kalian pun dapat klik sesuai panduan.

3. Membuat Referensi Daftar Pustaka

Agar kalian dapat membuatnya, nantinya pun akan muncul tampilan dan kalian dapat memilih New untuk membaut satu referensi dari daftar pustaka.

4. Pilih Jenis Sumber

Tips Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Word yang keempat yaitu kalian dapat memilih Type of Source untuk memilih darimana referensi kalian. Apakah memang berasal dari artikel, buku, jurnal, website, dan lain sebagainya.

5. Isikan Data Daftar Pustaka

Type of Source yang ingin kalian pilih nantinya memang akan menyesuaikan dengan atribut yang muncul. Setelah itu, kalian bisa isi masing-masing kolom atribut yang tersedia.

Mulai dari pengarang, judul, tahun, kota, penerbit, dan lain sebagainya dan klik OK jika sudah. Dan pada bagian Author terdapat tombol Edit yang dapat kalian gunakan untuk memasukkan naman pengarang yang terdiri dari first, last, dan middle name.

Kalian dapat memasukkan nama pengarang lebih dari satu dengan cara klik Add.

Baca juga : 9 Tips Membuat Akun Facebook

6. Preview Daftar Pustaka

Setelah itu, nantinya akan muncul tampilan yang memiliki informasi daftar referensi yang telah kalian tambahkan sebelumnya.

Terdapat beberapa tombol yang dapat kalian gunakan, mulai dari :

  • Tombol Copy untuk menyalin referensi
  • Tombol Delete untuk menghapus daftar
  • Tombol Edit untuk membuka kotak dialog Create Source terkait dengan referensi yang kalian pilih. Dimana kalian dapat mengubah atribut yang tersedia.
  • Tombol New untuk membuat atau menambahkan referensi baru.

Tombol Copy, Delete, dan Edit akan bekerja berdasarkan referensi yang dipilih pada Master List.

7. Masukan Bibliography

Setelah kalian menambahkan semua daftar referensi yang kalian inginkan, nantinya akan ada langkah berikutnya yaitu menampilkan daftar pustaka kedalam lembar kerja.

Caranya yaitu masuk ke tab References > Bibliography > Insert Bibliograph. Untuk menambahkan daftar baru, kalian pun dapat mengulangi langkah-langkah di atas ini.

Cranya yaitu dengan klik tombol New pada Source Manager seperti pada langkah ketiga. Dan jika kalian ingin meng-update daftar pustaka pada lembar kerja, yaitu dengan mengulangi cara yang sama sebelumya yaitu dengan menggunakan perintah Insert Bibliography.

Namun sebelum kalian meng-update daftar pustaka, kalian sendiri wajib menghapus daftar pustaka sebelumnya pada lembar kerja kalian, dan kalian pun dapat memulainya dari lembar kosong.

Jika tidak, maka nantinya daftar pustaka kalian pun akan menumpuk menjadi dua daftar. Dimana daftar pertama memuat daftar yang lama dan daftar kedua yang telah diperbarui.

Baca juga : Tips Mempercepat Booting Windows 7

Tips Merapikan Daftar Pustaka

Dan hal yang menjadi permasalahan pada penulisan daftar pustaka yaitu urutan daftar pustaka yang tidak sesuai dengan abjad.

1. Untuk mengurutkannya sesuai abjad, kalian pun wajib membuat daftar pustaka kalian ke dalam bentuk tabel. Tipsnya yaitu kalian dapat masuk ke tab Insert > Table > Convert Text to Table…

2. Berikutnya, akan muncul kotak dialog Convert Text to Table seperti pada digambar. Masukkan jumlah kolom sebanyak 1 pada Number of columns kemudian pilih Paragraphs pada Sparate text at untuk memisahkan daftar kedalam masing – masing baris.

Dan nantinya, kalian pun akan melihat bagian Number of rows yang secara otomastis akan menunjukkan jumlah referensi yang kalian miliki pada daftar pustaka.

Dan untuk AutoFit behavior adalah ukuran tabel, kalian sendiri dapat memilih sesuai dengan keinginan kalian .

3. Jika sudah,  nantinya daftar pustaka kalian pun akan berada dalam tabel.

4. Langkah berikutnya yaitu mengurutkan daftar pustaka kalian sesuai dengan abjad. Kalian pun dapat blok tabel daftar pustaka kalian terlebih dahulu. Kemudian masuk ke tab Home > Sort (yang dilambangkan dengan ikon AZ) nantinya akan muncul kotak dialognya.

  • Ascending digunakan untuk mengurutkan dari dari A-Z
  • Descrending sebaliknya yaitu dari Z-A.

Karena kalian ingin mengurutkan sesuai abjad A-Z dan disini kami akan memilih Ascending. Kemudian klik OK.

5. Dan daftar pustaka yang kalian buat sudah urut sesuai dengan abjad.

6. Berikutnya silahkan kalian hilangkan border atau garis tabel dengan cara masuk ke tab Home > Borders > No Borders. Dan daftar pustaka kalian nantinya akan terlihat seperti tanpa tabel.

7. Dan yang terakhir atur jarak pada masing masing referensi supaya terlihat lebih teratur. Kalian sendiri dapat menggunakan bagan Paragraph pada tab Layout, kemudian pada bagian After atur angka yang kalian inginkan.

Selain itu, jika kalian perhatikan lebih lanjut, sebenarnya tidak hanya daftar isi saja yang bisa kalian buat secara otomatis, daftar pustaka pun juga dapat kalian buat secara otomatis di Microsoft Word ini.

Terutama dengan adanya fitur References ini. Maka dari itu, kalian pun dapat memanfaatkannya lebih lanjut Tips Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Word ini.

Tips Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Word ini sendiri bisa kalian manfaatkan untuk kalian yang mungkin sedang melakukan skripsi ataupun jurnal dan lain sebagainya.

Kalian sendiri juga dapat membagikan kepada teman-teman kalian yang memang tidak mengerti untuk membuat daftar isi otomatis. Jika teman kalian memang tidak mengetahui caranya, kalian juga dapat mengajarkannya.

Tips Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Word ini sebenarnya tidak akan sulit jika kalian mengikuti langkah-langkahnya satu persatu pelan-pelan.

Itu tadi informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Tips Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Word. Semoga informasi yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi kalian para pembaca.

Terima kasih sudah berkunjung!

Terimakasih Sudah Membaca di Esportsku

Latest news

Related news