3 Tips Memperbaiki Baterai Laptop Silang Merah

Baterai laptop silang merah ini biasanya terjadi ketika baterai laptop bocor atau drop. Kondisi ini dapat terjadi karena penggunaan laptop setiap harinya, sehingga menimbulkan daya tahan baterai tersebut berkurang.

Jika telah mencapai batasnya, biasanya akan muncul tanda silang merah pada indikator baterainya. Pada indikator baterai tiba-tiba terdapat tanda silang dan menunjukkan notifikasi “consider replacing your battery“ yang menyarankan anda untuk segera mengganti komponen baterai laptop.

Dikarenakan beberapa alasan, barangkali diantara anda ada yang memang belum ingin mengganti baterai tersebut. Lalu bagaimana menghilangkan dan memberbaiki baterai laptop silang merah pemberitahuan “consider replacing your battery“? Berikut ulasannya.

Laptop Silang Merah

Tips Memperbaiki Baterai Laptop Silang Merah

1. Mengganti Ikon Baterai

Tips memperbaiki baterai laptop silang merah dan notifikasi “consider replacing your battery“ yang pertama adalah mengganti ikon baterai. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Anda akan menggunakan sebuah aplikasi bernama BatteryBar yang berfungsi untuk menampilkan status ikon baterai. Silahkan anda mendownload softwarenya terlebih dahulu.
  • Setelah itu, anda bisa langsung install diperangkat laptop anda. Kemudian silahkan anda klik kanan pada taskbar, pilih toolbar pada menu dan klik BatteryBar. Ikon software tersebut akan muncul di taskbar untuk menggantikan ikon sistem.
  • Silahkan anda hilangkan saja ikon baterai dari sistem dengan cara klik kanan bagian jam dan tanggal ,kemudian pilih Customize Notifications Icon.
  • Selanjutnya pada bagian Power, silahkan anda ubah setting jadi Hide Icon and Notification. Dengan demikian ikon baterai bawaan yang bertanda silang tersebut akan hilang dari taskbar.

Baca juga: Tips Membagikan Video Instagram ke WhatsApp Terbaru di Android dan iOS

2. Melakukan Kalibrasi Pada Baterai Laptop

Tips memperbaiki baterai laptop silang merah dan notifikasi “consider replacing your battery“ yang kedua adalah melakukan kalibrasi pada baterai laptop. Kalibrasi pada baterai laptop merupakan upaya untuk menormalisasikan baterai kembali agar kapasitas realnya terbaca dengan benar oleh sistem. Sehingga yang tampil pada status baterai sama dengan kondisi baterai yang sebenarnya. Berikut langkah-langkah melakukan kalibrasi pada baterai laptop:

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah silahkan charge baterai laptop sampai keadaan penuh.
  2. Setelah itu, silahkan anda hidupkan laptop dan masuk ke dalam safe mode dengan cara tekan dan tahan tombol F8 ketika sedang melakukan booting hingga muncul pilihan dan enter pada menu safe mode.
  3. Jika anda sudah masuk ke dalam safe mode, anda boleh menggunakan ataupun membiarkan saja laptop sampai daya baterai terkuras dan akhirnya mati.
  4. Setelah itu, silahkan anda coba charge kembali dalam keadaan mati hingga daya terisi penuh.
  5. Kemudian nyalakan laptop dan lihat apakah tanda silang merah pada baterainya sudah menghilang atau belum.

Baca juga: 5 Aplikasi untuk Download Tema Asus Zenfone

3. Install Service Pack 1

Software Bajakan

Tips memperbaiki baterai laptop silang merah dan notifikasi “consider replacing your battery“ yang ketiga adalah install service pack 1. Menginstall service pack 1 ini merupakan update dari Microsoft untuk Windows 7 yang berfungsi memperbaiki fitur yang mengalami kerusakan pada sistem operasi windows 7. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama silahkan anda mendownload terlebih dahulu Service Pack 1.
  2. Setelah proses unduhan selesai, silahkan anda install.
  3. Jika proses instalasinya telah selesai maka laptop akan melakukan restart.
  4. Silahkan anda tunggu hingga proses bootingnya selesai. Kemudian silahkan anda klik indikator baterai yang ada di taskbar dan hilangkan tanda centang pada opsi “Warn me if my battery may need replacement“.
  5. Dengan demikian maka tanda silang merah tidak akan muncul lagi pada ikon baterai laptop anda.

Terimakasih Sudah Membaca di Esportsku

Latest news

Related news