Uji Spesifikasi Vivo Y20s G vs Samsung Galaxy A12: Mana yang Terbaik?

Share This Post

Baru-baru ini Vivo kembali merilis seri Y terbaru dan membuat persaingan pasar smartphone semakin ketat.

Vivo Y20s G hadir dengan performa gaming tangguh dengan dukungan chipset SoC MediaTek Helio G80 octa-core yang dipadukan dengan RAM sebesar 4GB. 

Vivo Y20s G juga hadri dengan dengan kapasitas penyimpanan atau memori internal yang besar dan baterai dengan kapasitas 5000mAh. 

Dari harga yang dipasarkan dan spesifikisai tercanggihnya, Vivo Y20s G menjadi lawan tangguh Samsung Galaxy A12 yang juga baru saja diluncurkan di Indonesia. 

Karena itu, kali ini akan disandingkan kedua perangkat ini untuk mencari perbedaan keduanya dan memilih mana yang terbaik.

Desain Vivo Y20s G vs Samsung Galaxy A12

Vivo Y20sG dan Samsung A12 mempunyai perbedaan yang mencolok dalam desain. 

Vivo Y20s G mengandalkan desain berponi minimalis di bagian atas layarnya atau Ultra All Screen, dan ada dalam dua varian warna, yaitu Purist Blue dan Obsidian Black. Sedangkan tiga kamera belakangnya tersusun secara vertikal dalam dua varian warna, Purist Blue dan Obsidian Black.

Di sisi lain Samsung Galaxy A12 desain lebih stylish dengan poni minimalis atau Infinity-V display. Susunan kamera belakang baru yang disebut dengan Square-Typed Quad Camera. Perangkat ini tersedia dalam varian warna Black, White, dan Blue.

Performa Vivo Y20s G vs Samsung Galaxy A12

Kinerja Vivo Y20s G performanya lebih kencang dari Samsung Galaxy A12 karena dukungan SoC MediaTek Helio G80 yang ditenagai prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 berkecepatan 2GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 dengan kecepatan 1,8GHz dikombinasikan memori RAM 4GB, dan juga diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G52 2EEMC2.

Sementara itu, Samsung Galaxy A12 ditenagai chipset SoC MediaTek Helio P35 MT6765 yang mengusung prosesor octa-core ARM Cortex-A53 64-bit yang terdiri dari quad-core 2,3GHz dan quad-core 1,8GHz dikombinasikan dengan memori RAM 4GB atau 6GB, dan juga diperkuat grafis dari GPU PowerVR Rogue GE8320.

Kamera Vivo Y20s G vs Samsung Galaxy A12

Samsung A12 dalam segi kamera lebih unggul dari Vivo Y20s G. 

Vivo Y20s G hanya dibekali tiga kamera belakang dengan kamera utama yang mempunyai kekuatan 13 MP dengan lensa aperture f/2.2 yang memakai sensor BSI CMOS 1/3.1 inci 1.12um piksel dan diperkuat fitur phase-detection autofokus, AI, dan LED flash.

Sementara kamera kedua dan ketiga 2 MP dengan lensa f/2.4 berfungsi sebagai super macro dan depth sensor untuk menghasilkan foto bokeh dengan mode portrait.

Di sisi lain Samsung Galaxy A12 lebih unggul berkat empat buah kamera belakang. Kamera utama resolusi 48 MP dengan sensor Samsung ISOCELL Bright GM1 1/2 inci 0.8um piksel dengan fitur phase-detection autofokus dipadukan lensa aperture f/2.0 lengkap dengan LED flash yang bisa menangkap gambar lebih jernih dan detail.

Kamera kedua Samsung Galaxy A12 ini berresolusi 5 MP sensor BSI 1/4 inci 1.12um piksel yang dipadukan dengan lensa 13mm ultra-wide dengan aperture f/2.2 untuk mengambil foto super wide dengan field of view (FoV) 123 derajat.

Baterai Vivo Y20s G vs Samsung Galaxy A12

Vivo Y20s G kembali unggul dengan baterai yang mempunyai kapasitas 5000mAh dan mendukung fitur fast charge dengan daya sampai 18W untuk pengisian yang lebih cepat. 

Semenatra itu, Samsung A12 dibekali baterai 5000mAh untuk mencukupi kebutuhan dayanya, tetapi fitur fast chargingnya lebih lambat dengan daya 15W saja.

Perangkat Lunak Vivo Y20s G vs Samsung Galaxy A12

Vivo Y20s G dibekali sistem operasi lebih baru, Android 11 dengan antarmuka Funtouch OS 11. Sementara Samsung Galaxy A12 masih mengandalkan sistem operasi Android 10 antarmuka One UI 2.0. 

Fitur Lainnya Vivo Y20s G vs Samsung Galaxy A12

Samsung Galaxy A12 sudah memakai port USB Type-C yang modern dan bersifat reversible. Sementara Vivo Y20s G masih memakai port microUSB yang sudah mulai ketinggalan.

Harga Vivo Y20s G vs Samsung Galaxy A12

Kedua perangkat ini dipasarkan dengan harga yang tidak jauh berbeda. Dibanderol mulai dari Rp 2,5 sampai 2,7jutaan.

Secara keseluruhan, keduanya sama-sama unggul. 

Vivo Y20s G ini unggul dengan performa lebih kencang, fast charge yang lebih kencang, dan memakai OS Android lebih baru. Sementara Samsung Galaxy A12 unggul dengan kamera yang lebih mumpuni dan pemakaian port YSB Type-C yang lebih modern.

Kalau kalian memerlukan performa kencang untuk gaming dan sistem OS android baru, pilihlah Vivo Y20s G.

Tetapii, apabila kemampuan kamera menjadi prioritas, maka Samsung Galaxy A12 bisa menjadi pilihan dengan empat buah kamera dan kamera utama 48MP.

Terimakasih Sudah Membaca di Esportsku

Related Posts