Game Mengasah Otak Terbaik Android

Kalau kalian suka tantangan Berikut ini merupakan deretan game mengasah Otak Terbaik Android yang harus kalian mainkan saat ini

Saat ini, game pada perangkat telefon genggam kalian menjadi salah satu kategori game populer berkat kemudahan akses karena perangkat yang mudah dibawa serta saat pengguna dalam perjalanan. Bermain game tidak hanya menjadi hiburan semata. Karena berbagai game di Android yang sangat bermanfaat bagi otak. Dengan memainkan game asah otak, kita bisa melatih otak menjadi lebih tajam dalam mengahadi berbagai persoalan. Walaupun begitu, game asah otak juga tidak kalah seru dengan game lainnya!

Berikut ini merupakan deretan game mengasah Otak Terbaik Android :

Math Riddles

Game asah otak pertama adalah Math. Sebuah game yang bertemakan matematika dengan tipe game yang beragam. Math Riddles adalah game bertema Matematika yang akan menguji kemampuan IQ dan logika otak hingga sejauh mana kita mampu menyelesaikan rumus-rumus yang diberikan. Dalam game ini dapat membantu kalian melatih kedua bagian otak. Dengan memainkan game ini kalian dapat meningkatkan konsentrasi dan tingkah laku, melatih fokus, memperkuat kekuatan ingatan, mengatur stress dengan cara yang unik, dan banyak lagi. Game ini pun juga gratis untuk dimainkan!

Spesifikasi Game:

Developer: Black Games

Jenis Game: Riddle
Ukuran File: 19 MB
OS Versi: 4.4 dan yang lebih tinggi
Rating: 4.3 dari 63.919 User

Plant vs Zombie 2

Siapa yang tak mengenal game Plants vs Zombies? Hampir semua orang mengenal game strategi yang dibuat oleh Electronic Arts (EA). Kalian bisa mendapatkan game ini secara gratis dan bisa kalian mainkan secara langsung di Android meski dalam keadaan offline. Perlu diketahui, game ini berkonsep melindungi rumah dari serangan zombie. Di versi ini, permainan sedikit berbeda dari seri sebelumnya, tantangan di seri ke-2 lebih sulit dibandingkan versi pertama. Jadi, kalian pun memerlukan strategi dan kefokusan yang maksimal untuk bisa memenangkan permainan ini.

Gameplay dari Plants vs Zombies 2 masih mirip dengan versi pertamanya, kamu harus mempertahankan sebuah rumah dari serangan zombie yang datang dari sebelah kanan. PvZ 2 juga mempunyai beberapa plants (tower) dan juga beberapa tower klasik dari sebelumnya. Namun perubahan paling signifikan bukan dari core gameplaynya namun dari bagaimana cara kamu maju ke level selanjutnya. Plants vs Zombies terbagi atas 3 dunia dengan tema yang berbeda mulai dari zaman mesin kuno sampai dengan tema koboi. Setiap dunia terdiri dari sekitar 20 level, namun tidak semua level dapat langsung dimainkan. Ada beberapa gerbang yang harus dibuka dengan menggunakan kunci. Kunci ini didapat dari bermain biasa, namun kemungkinan drop rate-nya cukup kecil sehingga kamu mungkin harus mengulang beberapa level sampai mendapatkan kunci.

Spesifikasi Game:

Developer: ELECTRONIC ARTS

Jenis Game: Casual
Ukuran File: 32 MB
OS Versi: 4.1 dan yang lebih tinggi
Rating: 4.4 dari 6.674.919 User

Skillz

Skillz salah satu game Android terbaik yang bisa melatih dan mengasah cara kerja otak. Game besutan App Holdings ini diklaim dapat membantumu untuk meningkatkan daya ingat, melatih refleks, meningkatkan akurasi, meningkatkan kecepatan berpikir, mempelajari kombinasi warna dan sebagainya. Game ini cocok dapat melatih anak untuk mengenal warna dan meningkatkan kemampuan berpikir mereka. Selain itu, orang dewasa yang memainkannya juga dapat mengasah otak dengan memainkan puzzle logika yang sulit.

Menariknya, game ini juga menyediakan mode multiplayer yang bisa digunakan untuk beradu kemampuan otak dengan teman atau pemain lain secara acak. Ini merupakan game asah otak yang menyenangkan untuk dapat meningkatkan daya ingat, kecepatan, akurasi, termasuk membedakan warna. Permainan logika ini didesain untuk semua kelompok usia. Setiap level dari gim memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Nantinya, kamu akan diberikan rating bintang 1-5 tergantung penyelesaian. Skillz juga dapat dimainkan bersama-sama mulai dari 2 hingga 4 pemain

Spesifikasi Game:

Developer: App Holdings

Jenis Game: Puzzle
Ukuran File: 30 MB
OS Versi: 4.1 dan yang lebih tinggi
Rating: 4.3 dari 430.084 User

Brain Dots

Brain Dots merupakan game garapan Translimit, Inc asal Jepang. Terlihat dari judulnya, game ini merupakan game yang dapat mengasah otak para pemainnya. Game bergenre puzzle ini mengharuskan para pemain untuk mengatur strategi dengan tujuan mempertemukan dua bola yang berwarna biru dan merah muda. Para pemain dapat menggambar benda-benda dengan menggunakan alat tulis yang disediakan. Dalam game ini, Kalian bertugas untuk mempertemukan kembali dua titik yang terpisah oleh jarak dengan menggambar garis hingga kedua titik ini bertemu. Game ini memerlukan pemikiran serius, sebab tingkat kesulitan ikut meningkat seiring dengan bertambahnya level.

Agar dapat lanjut ke tahap berikutnya, kalian hanya perlu membenturkan kedua bola, merah dan biru. Gambarlah garis ataupun bentuk, lalu jatuhkanlah bola ataupun angkat bola tersebut. Kuncinya adalah bagaimana imajinasi kalian dalam membenturkan kedua bola tersebut. Kalian dapat mengirim gambar ataupun video di saat kalian menuntaskan tahap tersebut. Kirimkan dan beritahu tahu teman kalian mengenai kepiawaian bermain kalian yang tak terkalahkan!

Spesifikasi Game:

Developer: Translimit, Inc

Jenis Game: Puzzle
Ukuran File: 29 MB
OS Versi: 4.1 dan yang lebih tinggi
Rating: 4.2 dari 596.312 User

Brain It On

Brain it On! merupakan game asah otak berikutnya yang patut kalian pertimbangkan. Game besutan Orbital Nine Game ini mengusung konsep puzzle fisika yang tidak mudah untuk diselesaikan, karena disusun dengan level yang progresif. Sehingga semakin tinggi levelnya, maka tantangan yang harus diselesaikan pun akan semakin sulit.

Brain it On! akan memberikan kalian tugas untuk menggambar sebuah bentuk dan menyelesaikan misi tertentu. Ketepatan dalam menggambar objek merupakan salah satu kunci untuk menyelesaikan permainan ini. Dengan memainkan game ini, kalian bisa belajar ilmu fisika dengan lebih menyenangkan. Kalian juga bisa bersaing dengan teman kalian untuk mendapatkan mahkota dari Brain it On!

Spesifikasi Game:

Developer: Orbital Nine Games

Jenis Game: Puzzle
Ukuran File: 50 MB
OS Versi: 5.0 dan yang lebih tinggi
Rating: 4.3 dari 486.339 User

Roll the Ball: Puzzle Geser

Roll the Ball: Puzlle geser merupakan game mengasah otak yang cukup popular di Android. Dalam game ini kita diharuskan untuk menggeser kotak yang didalamnya berisi pipa-pipa yang digunakan untuk jalannya bola. Nah, kita harus membuat pipa yang berada di dalam kotak tersebut agar saling terhubung satu sama lain dengan tujuan supaya bola yang berada di kotak berwarna putih dapat mengelinding hingga akhirnya sampai ke kotak yang berwarna merah.

Pipa ini harus berhubungan satu dengan lainnya, agar dapat dilewati bola. Sehingga bola dapat dibawa dari titik A ke Titik B. Terdapat 300 tingkatan atau level dalam game ini. modus kesulitannya pun beraneka tragam, mulai dari pemula, menengah, sulit, lanjutan hingga ekstrem. Setiap modus memiliki 60 teka – teki yang harus diselesaikan dengan langkah sesederhana mungkin. Hal ini bertujuan untuk meraih bintang tak kurang dari 3. Game besutan BitMango ini telah mendapatkan rating 4,4 bintang dengan jumlah pengunduh mencapai 50 juta orang. Dalam game ini mengandung unsur – unsur permainan diantaranya; puzzle geser, permainan puzzle, asah otak, permainan meloloskan diri, permainan benda tersembunyi, teka – teki fisika, puzzle mencocokan 3, permainan retro, kuasai rotasi dan permainan puzzle bersama keluarga. Jika anda adalah pecinta permainan dengan unsur yang telah disebutkan, maka game ini wajib anda unduh.

Spesifikasi Game:

Developer: BitMango

Jenis Game: Puzzle
Ukuran File: 50 MB
OS Versi: 5.0 dan yang lebih tinggi
Rating: 4.2 dari 1.550.439 User

Lumosity

Lumosity merupakan adalah situs dan aplikasi pelatihan otak dan pengembangan mental. Namun, Lumosity membantu kamu untuk melatih otak melalui berbagai game yang seru dan sangat menarik. Tantang Ingatan kalian, Perhatian kalian, dan lain-lain. Digunakan oleh lebih dari 70 juta orang di seluruh dunia, Lumosity menggabungkan 25+ permainan kecerdasan ke dalam suatu program latihan harian yang menantang otak kalian. Permainan menyesuaikan dengan kinerja unik Kalian — menjaga agar kalian tetap tertantang melalui berbagai tugas kognitif.

Aplikasi ini menyediakan puluhan game asah otak yang terbagi menjadi enam kategori, yaitu kecepatan, ingatan, perhatian, fleksibilitas, bahasa, dan pemecahan masalah. Setiap game memang terlihat sederhana, namun Anda bisa mencoba game Train of Thought yang bertujuan melatih perhatian dengan menantangmu mengubah-ubah arah rel guna mengarahkan kereta ke stasiun yang berwarna sama. Awalnya memang mudah, namun semakin lama akan membuat Anda semakin keteteran.

Spesifikasi Game:

Developer: Lumos Labs, Inc

Jenis Game: Education
Ukuran File: Bervariasi berdasarkan perangkat
OS Versi:Bervariasi berdasarkan perangkat
Rating: 4.4 dari 257.883 User

We Bare Bears: Match 3 Repairs

Kalau kalian menggemari Cartoon Network, pasti tidak asing dengan tiga ekor beruang bersaudara Grizz, Panda, dan Ice Bear. Ketiganya adalah tokoh utama dari kartun We Bare Bears yang mengisahkan usaha mereka yang lucu ketika mencoba berintegrasi dengan manusia. Nah, kalian harus coba game We Bare Bears Match 3 Repairs guys, kalian akan berpetualang bersama dengan Grizz, Panda, dan Ice Bear untuk membetulkan rumah mereka.

Seperti yang kalian dapati pada game dengan genre puzzle match-three, disini kalian diharuskan untuk menggeser buah-buahan secara vertikal ataupun horisontal untuk dapat membuat satu garis buah-buahan dengan bentuk yang sama. Ketika tiga buah menjadi satu garis, maka mereka akan menghilang, dan buah yang baru lagi secara acak akan muncul. Kalian bisa membuat garis yang berisi 4 buah sekaligus dan sebuah taco akan muncul. Taco berguna untuk menghilangkan semua buah-buahan yang berada pada sisi taco tersebut, tergantung pada posisi taco yang vertikal ataupun horisontal. Nantinya akan ada wafel, kupu-kupu, dan vakum yang bisa membantumu untuk lebih mudah dalam menyelesaikan suatu level.

Spesifikasi Game:

Developer: SUNDAYTOZ, INC

Jenis Game: Puzzle
Ukuran File: 95 MB
OS Versi: 4.1 dan yang lebih tinggi
Rating: 4.3 dari 87.666 User

Where’s My Water? 2

Perkenalkan “Swampy the Aligator”, Swampy merupakan buaya yang tinggal digorong-gorong, tetapi tidak seperti buaya lain, Swampy suka sekali kebersihan dan seni. Tapi buaya-buaya lainnya tidak suka melihat swampy mandi untuk menjaga kebersihannya, dan memutuskan untuk menggangu swampy. untungnya ada kamu, kamu akan membantu swampy mendapatkan air yang dibutuhkannya. Where’s My Water? 2 adalah sebuah game puzzle fisika di mana pemain bertugas untuk mengarahkan air ke arah saluran agar sang buaya Swampy bisa menikmati mandinya. Khusus untuk Where’s My Water? 2, pemain bisa menikmati tiga buah lokasi baru seperti Sewer, Pabrik Sabun, serta Pantai.

Secara total ada 140 level yang dapat kamu mainkan. Setiap level dibuat dengan baik, pintar dan menyenangkan. Tentu saja tidak segampang itu untuk mengirimkan air ke swampy, seiring level kamu akan menemui hambatan seperti air limbah atau racun yang jika masuk kedalam saluran swampy akan langsung game over.Bagi kalian yang butuh bantuan untuk mendapatkan tiga buah bebek dalam sebuah stage, ada tersedia Booster yang siap membantu seperti Vacuum, Dropper, dan Absorber. Seperti biasa, untuk mendapatkan booster tambahan, pemain harus bersedia membayar dengan uang asli.

Spesifikasi Game:

Developer: Disney

Jenis Game: Puzzle
Ukuran File: 99 MB
OS Versi: 4.2 dan yang lebih tinggi
Rating: 4.3 dari 2.100.350 User

Cut the Rope

Siapa yang tidak kenal dengan game populer Cut the Rope? Game warna warni buatan Zeptolab ini sudah diunduh hampir 100 juta pengguna tidak termasuk beberapa versi lainnya. Dikutip dari Thenextweb, sekuel pertama Cut the Rope diunduh lebih dari 500 juta orang, dan hari ini Zeptolab memberikan kejutan istimewa dengan meluncurkan sekuel terbaru Cut the Rope 2 untuk pengguna Android. Yang membuat game ini semakin menarik, setiap karakter dibekali dengan kemampuan yang berbeda yang nantinya selama permainan dapat digunakan untuk membantu Om Nom. Misalnya Lick, karakter ini punya kemampuan untuk membuat jembatan dengan lidahnya yang panjang. Om Nom dapat menggunakan kemampuan Lick untuk mengambil permen yang letaknya jauh dari jangkauan.

Dalam setiap level, permen menggantung oleh satu atau beberapa tali dimana pemain harus memotong dengan gesekan jari menggunakan perangkat layar sentuh. Menggunakan berbagai objek seperti gelembung mengambang dan penghembus angin, permen juga harus dimanipulasi di sekitar rintangan untuk sampai ke mulut Om Nom itu. Setiap paket level memperkenalkan tantangan baru. Level dinilai dengan nilai nol sampai tiga bintang, sesuai dengan berapa banyak bintang yang terambil oleh pemain, dan nilai poin tergantung pada jumlah bintang yang dikumpulkan dan jumlah waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan level

Spesifikasi Game:

Developer: ZeptoLab

Jenis Game: Puzzle
Ukuran File: 52 MB
OS Versi: 4.2 dan yang lebih tinggi
Rating: 4.5 dari 2.511.931 User

2048

Kamu pasti pernah mendengar game berjudul 2048? Bahkan, sebagian besar dari kalian pasti pernah memainkan puzzle matematika ini. 2048 adalah permainan daring yang diciptakan bulan Maret 2014 oleh pengembang web Italia berusia 19 tahun, Gabriele Cirulli. Pemainnya diharuskan menggabungkan kotak-kotak bernomor tertentu supaya membentuk hasil akhir 2048. Permainan ini dapat dianggap tebak kotak geser (sliding block puzzle) dan sangat mirip dengan aplikasi Threes! yang dirilis sebulan sebelumnya. Cirulli membuat permainan ini dalam satu akhir pekan saja untuk menguji apakah ia mampu memprogram sebuah permainan dari nol.  Ia mengaku meniru aplikasi Veewo Studios 1024 dan mendapatkan idenya dari 2048 milik Sami “Saming” Romdhana.  Ia terkejut saat mengetahui permainan buatannya dikunjungi 4 juta pengguna dalam kurang dari satu minggu, karena 2048 buatannya direncanakan sebagai proyek sampingan. Cirulli mengaku proyek tersebut “adalah caranya menghabiskan waktu”.

2048 dimainkan di papan abu-abu 4×4. Di atasnya terdapat beberapa kotak dengan warna berbeda yang bergeser ketika pemain menekan empat tombol arah di keyboard. Kotaknya dapat bergerak sejauh mungkin sampai bertemu kotak lain atau pinggir papan. Apabila dua kotak bernomor sama bergabung saat bergeser, keduanya akan bergabung dan menghasilkan kotak baru yang nomornya merupakan hasil penjumlahan nomor di dua kotak yang bergabung tadi. Kotak yang baru ini tidak bisa bergabung dengan kotak lain dengan arah yang sama. Kotak dengan nomor tertinggi memancarkan sinar di sekitarnya. Di setiap pergeseran akan ada satu kotak baru bernomor 2 atau 4 yang muncul secara acak pada ruang kosong di papan

Spesifikasi Game:

Developer: Androbaby

Jenis Game: Puzzle
Ukuran File: 27 MB
OS Versi: 4.1 dan yang lebih tinggi
Rating: 4.2 dari 445.252 User

Tebak Gambar

Siapa yang tidak mengenal game tebak gambar? Game buatan developer indonesia ini mengajak kita untuk terus mengasah otak secara ringan kapanpun dan dimanapun. Game ini cukup unik karena game ini terdiri dari sekumpulan gambar yang disusun sehingga bisa menimbulkan kosakata yang dikenal dan dipakai sehari-hari. Permainan tebak gambar adalah permainan asah otak ringan, kumpulan gambar disusun sedemikian rupa sehingga bisa menimbulkan sebuah kosakata baru yang diadaptasi dari istilah sehari-hari, ungkapan lucu, ataupun berupa isu dan peristiwa yang sedang terjadi.

Game ini sangat kreatif dan unik dalam menguji otak kita untuk bisa menemukan jawaban dari setiap soal yang disajikan. Pemain akan dipacu untuk bisa menyelesaikan soal yang dipisah menjadi beberapa level. Di setiap akhir level, ada tantangan raja yang harus diselesaikan sebelum batas waktu berakhir. Kalahkan rajanya, untuk naik level, tapi, Jangan sampai kehabisan “hati”, karena akan menanggung hukuman yang lumayan bikin bete.

Spesifikasi Game:

Developer: Tebak Gambar

Jenis Game: Riddle
Ukuran File: 27 MB
OS Versi: 4.1 dan yang lebih tinggi
Rating: 4.2 dari 445.775 User

Chess Free

Chess atau permainan catur ini pasti sudah tidak asing lagi. Game strategi ini biasanya kita mainkan di dunia nyata. Chees Free adalah permainan Catur gratis terbaik di Android. Game ini selama bertahun-tahun berada di peringkat teratas di antara 600 aplikasi catur yang terdaftar!

Teknik mainnya pun tak jauh beda, intinya kamu harus berpikir dan berkonsentrasi penuh untuk memenangkan pertandingan. Jika kamu tidak memiliki partner untuk bermain di dunia nyata, game ini pun menyediakan musuh virtual yang harus kamu lawan. Game ini pun bisa kamu dapatkan secara gratis di Play Store. ePngajar kelas satu membuatnya hebat untuk mengembangkan Strategi Catur dan meningkatkan keterampilan catur Anda.

Spesifikasi Game:

Developer: Chess Free

Jenis Game: Board
Ukuran File: 21 MB
OS Versi: 4.1 dan yang lebih tinggi
Rating: 4.5 dari 1.545.158 User

Happy Glass

Happy Glass adalah game mobile bergenre puzzle yang telah dirilis pada pertengahan bulan Agustus 2018. Happy Glas merupakan sebuah game yang berkisah tentang sebuah gelas lucu. Tugas kalian dalam game ini adalah mengarahkan aliran air untuk mengisi sebuah gelas dengan cara menggambar garis dengan pola tertentu. Ketika kalian berhasil mengisi gelas sampai penuh  (sampai garis pembatas), maka gelas akan senang (happy). Idenya memang mudah, namun prakteknya tidak gampang, apalagi jika sudah sampai pada level tinggi. Game ini bisa dibilang sebagai salah satu game yang cukup menguras otak, meski memiliki misi yang sederhana.

Sebab kalian hanya perlu memastikan gelas tetap terisi oleh air dan jangan sampai kosong. Jika gelasnya kosong, maka gelas tersebut akan menampilkan wajah sedih. Untuk mengisi air ke dalam gelas, kalian harus menggambar berbagai macam bentuk yang nantinya bisa menggiring air ke dalam gelas. Happpy Glass telah menjadi aplikasi nomor satu di puluhan negara di seluruh dunia. Dalam kategori aplikasi ya, belum di kategori game. Pada tanggal 3 September 2018 saja, game yang sudah diunduh lebih dari 5 juta kali di Google Play ini sudah menempati peringkat nomor satu pada Google Play di 26 enam negara (termasuk Jepang, Inggris, Korea Selatan, Amerika Serikat, Jerman, Taiwan, Singapura, Perancis, Australia dll).

Spesifikasi Game:

Developer: Lion Studios

Jenis Game: Riddle
Ukuran File: 27 MB
OS Versi: 4.1 dan yang lebih tinggi
Rating: 3.8 dari 909.876 User

Hexio

Hexio adalah permainan puzzle minimalis yang menenangkan, membekukan pikiran, yang menawarkan lebih dari 60 level yang dirancang dengan cermat untuk melibatkan diri. Ada 96 puzzle kerajinan tangan yang semua level gratis. Cara bermainnya pun cukup mudah guys, dengan menyambungkan satu titik ke titik lain. Namun, kamu akan mendapat tantangan seru tiap levelnya. Dalam game ini, akan ada soundtrack piano yang indah menemani kalian dalam pengalaman menyenangkan dan tentunya akan mengasah otak anda.

Spesifikasi Game:

Developer: Logisk

Jenis Game: Puzzle
Ukuran File: 5.9 MB
OS Versi: 4.2 dan yang lebih tinggi
Rating: 4.3 dari 7.150 User

Life Is Strange

Life is Strange mungkin menjadi salah satu game petualangan episodik yang paling disukai oleh para gamer. Cerita yang berjalan layaknya sebuah series dengan intrik yang kuat, karakter-karakter dengan kepribadian dan kisahnya masing-masing, hingga grafik dan musik pengiring yang membuat banyak gamer jatuh cinta. Dalam game ini sendiri kalian akan berperan sebagi Max Caulfield, seorang photografer terkenal yang memiliki kemampuan untuk memutar balikkan waktu. Menariknya game ini juga akan memiliki ending yang berbeda-beda, tergantung pilihan yang kalian ambil selama permainan berlangsung.

Life Is Strange adalah permainan episodik yang terdiri dari lima bagian yang merevolusi pilihan berdasarkan cerita dan permainan konsekuensi dengan memungkinkan pemain untuk memundurkan waktu dan mempengaruhi masa lalu, sekarang, dan masa depan. Berbeda dengan versi PC, pada versi IOS ini, kalian bisa menikmati Life is Strange iMessage, dimana kalian dapat berbagi progress game kalian dengan teman-teman mu yang lain melalui sosial media. Tentunya dengan dirilisnya Life is Strange versi Andorid ini menjadi sebuah kabar gembira karena kalian dapat memainkan game garapan Square Enix ini dimanapun melalui layar smartphone kalian.

Spesifikasi Game:

Developer: SQUARE ENIX LTD

Jenis Game: Adventure
Ukuran File: 35 MB
OS Versi: 7.0 dan yang lebih tinggi
Rating: 4.2 dari 69.088 User

Demikian merupakan beberapa rekomendasi game Android yang bisa gunakan untuk mengasah kemampuan otak kita. Dengan game tersebut kita tidak hanya sekedar menghilangkan rasa jenuh namun otak kita juga di asah sedemikian rupa sesuai dengan kesulitan dalam game.

Website ini menggunakan Coookie untuk kestabilan akses, Apakah kamu menerimanya? Terima!Detail Tetang Cookie