12 Game Strategi Terbaik Android

Jika kalian download game ini pasti kalian akan muter otak dan dengan game strategi terbaik android ini kalian tidak akan jenuh saat liburan seperti ini

Game merupakan salah satu sarana untuk menghilangkan kejenuhan bahkan bisa mengasah otak. Koleksi game pada ponsel tidak tersara lengkap jika belum diisi dengan game strategi yang bisa menghilangkan kejenuhan dan dapat mengasah otak. Game strategi terbaik di Android dapat membuat otak kita semakin terasah karena dipaksa untuk berpikir

Terlebih, kalian bisa menemukan game strategi dengan mudah berhubung mereka tersebar di mana-mana mulai dari PC, PlayStation, hingga di smartphone masing-masing. Kehadiran game strategi di hp menjadi sebuah keuntungan karena bisa membuatmu memainkannya di mana saja. Untuk itu, berikut beberapa rekomendasi strategy games buat para pengguna Android.

Plague Inc

Kita ketahui saat ini dunia sedang dilanda dengan pandemi virus COVID-19. Pasti kalian pernah dapat konspirasi kalau virus tersebut disengaja diciptakan dan disebarkan ke seluruh dunia. Tujuannya bisa jadi untuk mengurangi jumlah populasi manusia di dunia atau mungkin memusnahkan peradaban umat manusia. Nah game Plague Inc merupakan game strategi yang membuat playernya mempunyai kemampuan untuk memusnahkan populasi manusia di bumi lewat Plague (bakteri, virus, senjata biologi).Beberapa modenya termasuk menginfeksi dan membunuh populasi dunia dengan patogen, memperbudak populasi dunia, mengubah populasi dunia menjadi zombie. Namun, ada tekanan waktu untuk menyelesaikan gim sebelum manusia (sang lawan), mengembangkan sebuah obat untuk wabah penyakit. Game ini menjadi runner-up di IGN Game of the Year 2012, dalam kategori penghargaan untuk Overall Best Strategy Game.

Pemain Plague Inc dapat memainkan berbagai jenis patogen, dengan masing-masing kelebihan dan kekurangannya sendiri yang mempengaruhi keputusan evolusi. Awalnya, pemain hanya dapat memilih bakteri. Patogen berikutnya dapat dibuka setelah memenangkan permainan tersebut sebelumnya pada Mode Normal atau Brutal. Ada juga virus, jamur, parasit, prion, nano-virus, dan senjata biologis. Ada juga wabah khusus, termasuk cacing neurax yang mengendalikan pikiran, wabah zombie virus necroa, “Simian Flu” dari film Rise of the Planet of the Apes, dan “Shadow Plague” yang bertemakan vampir.

Spesifikasi Game:

Developer:  Miniclip.com

Jenis Game: Simulation / Strategy

Ukuran File: Bervariasi berdasarkan perangkat
OS Versi: Bervariasi berdasarkan perangkat

Rating: 4.3 dari3.312.475 User

Clash of Clans

Clash of Clans merupakan salah satu game strategi terbaik pada pernagkat Android. Membangun desa untuk bisa menjadi yang terbaik, mendirikan clan, dan berlomba dalam perang klan yang sangat seru! Desa yang kita buat mempunyai sistem pertahanan yang sangat kompleks, dan dapat membuat pasukan terbaik untuk dapat menyerang desa lainnya. Desa yang kita miliki Clash of Clans akan terus berkembang seiring kita mengupgrade Balai Kota sampai tingkat tertinggi.

Komponen utama gameplay dari Clash of Clans adalah Pertempuran clan melawan clan lain. Pemimpin klan dan wakil pemimpin (Co-leader) bisa mulai perang melawan clan lainnya. Setiap clan kemudian diberi satu “hari persiapan” dan satu “hari perang”. Bergabung pada kumpulan player yaitu Klan untuk bertarung sebagai tim dalam Perang Klan menghadapi Klan lain dari seluruh dunia. Klan juga selalu berlomba untuk menjadi yang terbaik agar mendapatkan hadiah yang sangat menarik. Pertahankan desa dengan deretan meriam, bom , jebakan, mortar, dan tembok. Susun strategi pertempuran unik dengan kombinasi mantra, peleton, dan pahlawan yang tiada batas. Jadilah desa yang mempunyai strategi pertahanan dan pertempuran terbaik!

Spesifikasi Game:

Developer:  Supercell

Jenis Game: Real Time Strategy

Ukuran File: 148 MB
OS Versi: 4.1 dan yang lebih tinggi

Rating: 4.5 dari 53.854.076 User

Jurrasic World: The Game

Kalian pernah menonton film Jurrasic World? Film yang banyak disukai pencinta film ini mengisahkan tentang suatu pulau yang sangat luas dan menjadi  taman dinosaurus. Sehingga para ilmuwan melakukan rekayasa genetika untuk menghidupkannya kembali binatang purba tersebut. Jurrasic Wolrd: The Game adalah game mobile free-to-play yang telah diluncurkan oleh Ludia Inc untuk melepas kerinduan akan auman yang menyeramkan dari para Dinosaurus Buas. Kalian bisa mengembangkan taman dinosaurus anda sendiri, bersama dengan Chris Pratt alias Owen Grady sebagai karakter utama dalam film dan juga game ini.

Dalam game Jurrasic World: The Game kalian akan membantu pengembangan taman satwa dinosaurus mulai dari membangun infrastuktur, pengembang biakan dinosaurus, dan mengelola taman satwa untuk mendapatkan income. Selain itu ada pula beberapa pertarungan antar dinosaurus untuk mengambil sample dinosaurus terbaik yang akan dikembang biakan pada jenis berikutnya. Disini kalian hanya perlu mengumpulkan poin dari melatih dan mengembang biakan dinosaurus baik. Tentunya poin kalian akan terkuras untuk membeli beberapa equipment dan makanan. Tapi ini akan membuat dinosaurus kalian menjadi tangguh dan mampu mengalahkan lawan. Kemenangan pertarungan nantinya akan menaikan level permainan kalian

Spesifikasi Game:

Developer:  Ludia Inc.

Jenis Game: Simulation / Strategy

Ukuran File: 36 MB + download data dalam game
OS Versi: 5.1 dan yang lebih tinggi

Rating: 4.1 dari 1.538.630 User

Lords Mobile

Lords Mobile adalah massively multiplayer online game dengan jenis real time strategy. Lords Mobile merupakan game open world yang dimainkan dengan jutaan player. Ketika memainkan game ini, kita bisa upgrade pasukan ke level tertinggi yaitu T5 dengan membuat Luminous Gear. Game ini mendapatkan penghargaan “Most Competitive Game” dan “Android Excellence Game” oleh Google Play!

Lords Mobile menggabungkan RPG ruang terbuka, strategi waktu nyata, dan mekanisme pembangunan dunia. Gameplay-nya terdiri dari beberapa mode permainan. yang paling terkenal adalah pertempuran PVT. Pemain harus mengembangkan basis mereka sendiri dan membangun pasukan untuk menyerang markas musuh, menghancurkan mereka, merebut sumber daya, dan menangkap pemimpin musuh. Pemain dapat menyerang monster dan bos dunia lainnya yang secara berkala muncul di peta kerajaan untuk mengklaim sumber daya dari mereka Selain serangan biasa, pemain dapat berpartisipasi dalam kontes, yang tujuannya adalah untuk menangkap lokasi di peta, yaitu Wars for Wonders, Feudal Wars dan Battle Royal.

Spesifikasi Game:

Developer:  IGG.COM

Jenis Game: Real Time Strategy
Ukuran File: 77 MB
OS Versi: 4.0.3 dan yang lebih tinggi
Rating: 4.2 dari 5.562.343 User

Plant vs Zombie 2

Siapa yang tak mengenal game Plants vs Zombies? Hampir semua orang mengenal game strategi yang dibuat oleh Electronic Arts (EA). Kalian bisa mendapatkan game ini secara gratis dan bisa kalian mainkan secara langsung di Android meski dalam keadaan offline. Perlu diketahui, game ini berkonsep melindungi rumah dari serangan zombie. Di versi ini, permainan sedikit berbeda dari seri sebelumnya, tantangan di seri ke-2 lebih sulit dibandingkan versi pertama. Jadi, kalian pun memerlukan strategi dan kefokusan yang maksimal untuk bisa memenangkan permainan ini.

Gameplay dari Plants vs Zombies 2 masih mirip dengan versi pertamanya, kamu harus mempertahankan sebuah rumah dari serangan zombie yang datang dari sebelah kanan. PvZ 2 juga mempunyai beberapa plants (tower) dan juga beberapa tower klasik dari sebelumnya. Namun perubahan paling signifikan bukan dari core gameplaynya namun dari bagaimana cara kamu maju ke level selanjutnya. Plants vs Zombies terbagi atas 3 dunia dengan tema yang berbeda mulai dari zaman mesin kuno sampai dengan tema koboi. Setiap dunia terdiri dari sekitar 20 level, namun tidak semua level dapat langsung dimainkan. Ada beberapa gerbang yang harus dibuka dengan menggunakan kunci. Kunci ini didapat dari bermain biasa, namun kemungkinan drop rate-nya cukup kecil sehingga kamu mungkin harus mengulang beberapa level sampai mendapatkan kunci.

Spesifikasi Game:

Developer: ELECTRONIC ARTS

Jenis Game: Casual
Ukuran File: 32 MB
OS Versi: 4.1 dan yang lebih tinggi
Rating: 4.4 dari 6.674.919 User

Stick War: Legacy

Stick War: Legacy adalah sebuah game strategi di mana pemain berperang melawan pasukan musuh dalam sebuah medan permainan yang panjang. Di sisi kiri adalah patung yang merepresentasikan markas negaramu, sementara di sisi kanan biasanya ada patung yang merepresentasikan markas musuh. Pemain mengumpulkan uang dengan merekrut para petambang emas, dan dengan uang yang dikumpulkan, pemain bisa membeli pasukan baru untuk bertahan dan menyerang musuh. Di sebelah kanan atas layar, terdapat tiga buah tombol unik, yaitu tombol Mundur, Bertahan, dan Tombol Serang.

Stick War: Legacy mempunyai dunia bernama Inamorta, peperangan adalah hal yang biasa. Setiap negara di Inamorta memiliki cara unik untuk berperang sampai menjadikan senjata sebagai dewa. Mereka percaya kalau cara hidup mereka adalah yang paling benar, sehingga mereka pun mendedikasikan dirinya untuk mengajarkan kepada negara lain mengenai cara hidup mereka, yaitu peperangan. Sebagai pimpinan negara yang mengajarkan kedamaian, negaramu adalah sasaran empuk bagi mereka. Dalam game ini, negara kalian bernama “Order” mengajarkan mengenai kedamaian dan ilmu pengetahuan, dan tidak memuja senjata sebagai dewa. Akibatnya, negara-negara lain seperti Archidons negara pemanah, Swordwrath negara pedang, Magikill negara sihir, dan Speartons negara tombak pun menyerangmu. Satu-satunya cara selamat adalah untuk menyerang duluan dan merebut teknologi mereka hingga akhirnya mempersatukan Inamorta.

Spesifikasi Game:

Developer: Max Games Studio

Jenis Game: Strategy
Ukuran File: 96 MB
OS Versi: 4.1 dan yang lebih tinggi
Rating: 4.5 dari 1.630.436 User

Age of Civilizations II

Bagi kalian yang pernah memainkannya maka tidak akan begitu asing lagi walau gameplay di seri kedua akan jauh berbeda dan rumit dari yang pertama. Game Age of Civilizations II  merupaka game strategi yang menjadikan player akan bermain sebagai sebuah negara atau kerajaan dan melakukan apa yang dilakukan petinggi suatu negara sebagaimana mestinya seperti diplomasi dengan negara lain,mengatur ekonomi negara, dan bagian terserunya yaitu mendeklerasikan perang. Kalian juga akan melihat sejarah peradaban manusia, zaman demi zaman. Mulai dari zaman peradaban kuno sampai ke masa depan yang modern.

Cara main game ini cukup sederhana yaitu hanya scroll,klik dan zoom, umumnya cuma perlu menggerakan pasukan dan berdiplomasi dengan negara lain. Tetapi ada juga ada fitur-fitur yang lebih dalam lagi seperti membuat negara vassal, mendanai pemberontak, dan mengendalikan negara lain. Yah rasanya seperti menjadi penguasa negara adi daya seperti Amerika Serikat atau Uni Soviet pada zamannya. Dengan anggaran yang sangat banyak anda bisa mengendalikan dunia tanpa membuat tangan kalian kotor.

Developer: Lukasz Jakowski

Jenis Game: Strategy
Ukuran File: 88 MB
OS Versi: 2.3 dan yang lebih tinggi
Rating: 4.2 dari 17.8654 User

Boom Beach

Dikisahkan bahwa Anda adalah seseorang yang dikirimkan ke sebuah daerah kepulauan untuk membebaskan para penduduk lokal dari kekejaman penjahat Lt. Hammerman dan pasukan Blackguard miliknya. Tugas pemain adalah untuk membangun markas miliknya agar menjadi lebih kuat dan bisa menghantam pertahanan pasukan Blackguard sampai akhirnya mengusirnya dari daerah kepulauan tersebut dan memerdekakan seluruh penduduk yang ada. Inspirasi dari game Clash of Clans tentunya juga ada pada game ini, karena pengembangnya memang sama yaitu Supercell.

Boom Beach sangat mudah dan menarik untuk dimainkan. Inti dari game ini adalah membangun sebuah pulau dan menyelamatkan pulau di sekitarnya dari tangan kelompok penjahat bernama Blackguard. Untuk setiap pulau yang berhasil kamu selamatkan, kamu akan menerima imbalan berupa emas, yang bakal kamu terima secara berkala. Namun hati-hati, tidak jarang jika nantinya musuh kembali datang dan berusaha merebut pulau tersebut jadi, seperti main Clash of Clan, kamu harus mempertajam serangan seraya memperkuat pertahanan markasmu. Yang menjadi pembeda utama Boom Beach dengan Clash of Clans selain tema peperangannya namun juga sistem Clan yang ditiadakan. Namun untuk player tetap bisa memainkan secara online.

Developer: Supercell

Jenis Game: Strategy
Ukuran File: 126 MB
OS Versi: 4.1 dan yang lebih tinggi
Rating: 4.4 dari 6.005.753 User

State of Survival: Survive the Zombie Apocalypse

State of Survival: Survive the Zombie Apocalypse adalah game strategi untuk bertahan hidup dari serangan Zombie Apocalypse. Penggambaran suasana permainan ini adalah dunia telah hancur diserang zombie, dan player yang membuat daerah kekuasaannya aman dari serangan zombie. Player bisa berteman atau berjuang dengan survivor lain, lakukan sesuatu yang harus dilakukan untuk bertahan. Player juga bisa membangun kembali pemumikan untuk membuat tempat berlindung bagi player dan fondasi untuk kerajaan baru pasca zombie apocalypse.

Pada dasarnya, State of Survival ini mengadopsi cara permainan strategi real-time. Pemain melakukan segala sesuatu di dalam benteng yang merupakan sebuah komunitas mandiri. Di dalam benteng ini lah pemain bisa mendirikan berbagai macam fasilitas untuk bertahan hidup, mulai dari tempat menghasilkan makanan, tempat melatih pasukan baru, tempat riset, dan lain sebagainya. State of Survival hadir dengan 3D yang dianimasikan dengan sangat menawan. Tampilan permainan yang isometrik membuatnya mirip seperti game Real-Time Strategy PC, ditambah dengan para hero milik pemain yang tampil dengan artwork dan model 3D realistik, bersama dengan efek suara yang seru, menjadikan permainan terasa keren.

Spesifikasi Game:

Developer:  KingsGroup Holdings

Jenis Game: Real Time Strategy
Ukuran File: 142 MB
OS Versi: 4.1 dan yang lebih tinggi
Rating: 4.4 dari 1.302.176 User

Rise of Kingdoms: Lost Crusade

Rise of Kingdoms: Lost Crusade merupakan game strategi yang sangat kompleks. Bagaimana tidak? Game ini mengajarkan kita membuat strategi untuk membuat peradaban kita sendiri. Menjadi peradaban yang memicu perang epic dan menaklukan dunia, bangkit sebagai pemimpin bijak, atau mengeksplorasi daerah yang belum dikenal atau mau mendedikasikan diri untuk rakyat. Memilih peradaban yang paling sesuai dengan gaya bermain kalian masing-masing merupakan langkah pertama yang sangat penting. Ada 11 peradaban bersejarah yaitu Roma, Jerman, Inggris, Prancis, Spanyol, Cina, Jepang, Korea, Arab, Ottoman, Bizantium, yang akan kalian pilih salah satunya.

Rise of Kingdoms adalah salah satu dari beberapa game yang memungkinkan tingkat VIP-nya dapat dibeli dengan menggunakan mata uang virtual di dalam game ini yang disebut dengan gems. Kalian bisa mendapatkan gems ini berkali-kali dengan cara menyelesaikan tugas/ quests tertentu. Tiap peradaban juga memiliki arsitektur sendiri, unit unik, dan keunggulan masing-masing. Bawa peradaban yang dipilih dari satu klan kecil menjadi masyarakat yang berkuasa. Bertempur bersama aliansi untuk mengambil alih kerajaan yang luas. Berperang dengan pemain lain dan menggunakan taktik superior untuk keluar sebagai pemenang.

Spesifikasi Game:

Developer:  LilithGames

Jenis Game: Real Time Strategy
Ukuran File: 101 MB
OS Versi: 4.1 dan yang lebih tinggi
Rating: 4.3 dari 1.418.176 User

Clash Royale

Jika kalian penggemar game Clash of Clans harus mencoba game yang satu ini. Clash Royale ini sangat cocok bagi para pemain game COC yang sudah mulai jenuh dan membutuhkan tantangan game baru yang bisa membuat kecanduan seperti COC, sepertinya Clash Royale sang adik COC ini bisa jadi pilihan. Clash Royale merupakan game yang juga memanfaatkan beberapa karakter yang mirip dengan COC dengan menambahkan konsep kerajaan dengan pertempuran realtime dengan lawan, multiplayer sekaligus game strategi. Game ini menggabungkan tiga genre game, yakni trading card game, tower defense, dan MOBA (Multiplayer Online Battle Arena).

Pada Clash Royale, tujuan utama pemain adalah menghancurkan menara musuh untuk memenangkan pertandingan. Namun alih-alih harus menghancurkan ketiga menara, pemain hanya harus menghancurkan satu menara saja. Pemain yang memenangkan pertandingan akan mendapatkan sejumlah mahkota yang akan dihitung berdasarkan berapa menara yang berhasil dijatuhkan. Untuk setiap menara ratu yang berhasil dihancurkan berarti pemain telah mengantongi tiga mahkota. Menghancurkan menara raja berarti menghancurkan kedua menara ratu. Sehingga menghancurkan menara raja berarti secara otomatis pemain akan mendapatkan tiga mahkota sekaligus.

Spesifikasi Game:

Developer:  Supercell

Jenis Game: Real Time Strategy – Multiplayer Online of Battle Arena
Ukuran File: 125 MB
OS Versi: 4.1 dan yang lebih tinggi
Rating: 4.2 dari 29.621.730 User

Kingdom Rush – Tower Defense Game

Kingdom Rush merupakan game bergenre strategic Tower Defense. Cara bermainnya tidak jauh berbeda dengan game – game tower Defense pada umumnya. Wave demi wave monster harus kalian tahan dengan artileri pasukan dan tower kalian. Kingdom Rush mengajak kalian kembali ke abad pertengahan di mana wilayah kerajaan kalian yang dipimpin oleh King Denas, diserang oleh segerombolan penjahat dan monster. Di Kingdom Rush kalian akan menjadi Jendral pasukan kerjaan Kingdom Rush, membangun pertahanan yang kuat supaya musuh – musuhmu tidak dapat memasuki desa yang kamu jaga.

Di Kingdom Rush akan ada 4 tower dasar yaitu, Archer Tower (tower dengan range terjauh dan attack speed tertinggi), Millitia Barracks (tower penghasil prajurit serang yang berguna untuk memblok jalannya musuh), Mage Tower (tower dengan banyak efek – efek spesial seperti pengurang armor, pelambat atau kutukan), Dwarven Bombard (tower penyerang darat dengan damage area). Seiring berjalannya game, keempat basic tower tersebut dapat kamu upgrade menjadi spesial tower yang memiliki kekuatan luar biasa, seperti lightning chain, prajurit barbarian, tower sniper dan masih banyak lagi.

Spesifikasi Game:

Developer:  Ironhide Game Studio

Jenis Game: Real Time Strategy
Ukuran File: Bervariasi berdasarkan perangkat
OS Versi: Bervariasi berdasarkan perangkat
Rating: 4.7 dari 539.210 User

Itulah daftar beberapa game strategi terbaik di Android versi esportsku. Tidak hanya menantang dan mengisi waktu luang kalian, semua game diatas dapat mengasah otak kalian. Game mana yang menurut kalian paling seru? Tulis di kolom komentar ya!

 

game android
Comments (0)
Add Comment