Lost Judgement Jadi Seri Terakhir, Perselisihan SEGA vs Agensi

Ya, game ini akan berhenti sampai dua game saja karena adanya masalah perselisihan antara SEGA dengan agensi Kimura Takuya. Bagi yang tidak tahu, Kimura Takuya adalah aktor dari Yagami, karakter utama di Judgement.

Para penggemar Yakuza pasti tahu game Judgement. Game besutan Ryu Ga Gotoku ini sukses dipasaran berkat memberikan gameplay dan cerita yang fresh. Sayangnya, Lost Judgement jadi seri terakhir dari IP Judgement ini.

Ya, game ini akan berhenti sampai dua game saja karena adanya masalah perselisihan antara SEGA dengan agensi Kimura Takuya. Bagi yang tidak tahu, Kimura Takuya adalah aktor dari Yagami, karakter utama di Judgement.

Nah perselisihannya sebenarnya sepele karena agensi dari Kimura Takuya menolah game Judgement dan serialnya muncul di Steam. Sementara SEGA ingin melakukan port ke Steam agar pemain PC bisa mencicipi game ini.

Nah mungkin kalian penasaran kok bisa karena masalah porting saja Sega sampai berselisih dengan agensi dari Takuya. Hal ini karena dirinya masuk ke agensi milik Johnny dimana agensi ini menaungi banyak sekali idol pria di Jepang.

Agensi tidak ingin adanya wajah Takuya muncul di port PC karena merasa akan berbahaya dan bisa mencoreng nama agensi tersebut sendiri. Bagi yang tidak tahu, banyak mod 18+ apapun gamenya di PC dan hal ini dirasa berbahaya oleh agensi.

Agensi Johnny sendiri memang cukup ketat dan bahkan terkenal mengekang talent mereka. Kultur agensi yang sangat ketat tentunya membuat Takuya tidak diizinkan digunakan modelnya oleh para modder sesuka hati mereka.

Tetapi bagi SEGA, hal ini tentunya tidak bisa dilewatkan. Bagi yang tidak tahu, semenjak Ryu Ga Gotoku dan SEGA mengeluarkan game mereka di PC misalnya serial Yakuza, game mereka langsung laku keras.

Melihat animo dan antusias para gamer PC yang ingin mencicipi game Judgement di PC, tentunya ini pasar yang tepat bagi SEGA. Tetapi sayangnya agensi menolak keras dan akhirnya kontrak dicabut sehingga tidak akan ada lanjutan dari game ini.

Takut model dan talent mereka digunakan semena-mena agak kurang masuk akal karena game PS4 saja bisa di mod. Bahkan model Takuya di Judgement saja sudah bocor dan bisa kalian download untuk digunakan di SFM atau Source Film Maker.

Polemik ini memang sempat terjadi di game lain, misalnya Cyberpunk. CDPR sempat melakukan takedown mengenai mod dimana kalian bisa melakukan hubungan intim bersama Keanu Reeves, atau Johnny Silverhand di game Cyberpunk 2033.

Tetapi dilain tangan game seperti Death Stranding menuai sukses pasca mereka melakukan porting ke PC. Mereka menggunakan Norman Reedus sebagai model mereka dan tentunya para gamers senang dengan hal ini.

Final Fantasy X juga sempat bermasalah dengan VA mereka. Bagi yang tidak tahu, VA Jepang di game ini butuh waktu lama mendapatkan dub Jepang di game bahasa Inggris mereka. Hal ini perihal kontrak dimana VA mereka hanya bisa digunakan di FFX versi Jepang.

Dengan ini maka Lost Judgement jadi seri terakhir dari IP tersebut. Belum jelas apakah akan ada lanjutannya dan jika pun ada, maka karakter utama akan diganti karena agensi tidak melanjutkan kerja sama mereka.

Ikuti juga media sosial kami di Instagram.

JudgementSEGA
Comments (0)
Add Comment