Sebagai sebuah platform tempat jual beli sofware game, Steam juga memiliki fitur sosial yang mana para user nya mampu berinteraksi bersama, atau melakukan transaksi item dalam Market dan sebagainya. Terutama di masa pandemi ini, semakin banyak user yang aktif dalam menggunakan platform gaming ini sebagai tempat melepas keluh kesah. Dan hal ini dibuktikan oleh pernyataan baru dari Steam yang menyebutkan terjadi lonjakan user aktif per bulan hingga melebih 120 juta user.

Steam Telah Melewati 120 Juta User Aktif Per Bulannya

Steam telah mengungkapkan bahwa saat ini memiliki lebih dari 120 juta pengguna aktif, melebihi jumlah Xbox dan PlayStation. Satu hal yang nampaknya logis adalah karena lebih banyak orang beralih ke video game pada tahun 2020 daripada sebelumnya. Beberapa dari orang-orang itu mungkin telah kembali ke permainan untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun, tidak menyadari banyaknya pilihan yang sekarang tersedia bagi mereka. Baik itu layanan berlangganan, game yang sangat murah, atau bahkan hit di seluruh dunia yang tidak memerlukan biaya sama sekali.

Pilihan paling jelas untuk sebagian besar waktu di tahun 2020 adalah membeli Switch. Konsol Nintendo terjual lebih banyak dari pesaingnya di PlayStation dan Xbox di berbagai negara Namun, membeli konsol baru membutuhkan banyak uang. Dilihat dari angka-angka baru yang dirilis oleh Valve, tampaknya semakin banyak orang yang menyadari bahwa game PC bukan hanya untuk pemain hardcore dengan setup tingkat tinggi nya yang mampu memasok tenaga kota kecil.

Menurut Thegamer, Steam yang dimiliki oleh Valve saat ini memiliki 120,4 juta pengguna aktif. Dilihat dari perspektif lain, pada hitungan terakhir Xbox Live terdapat 100 juta orang sebagai user aktif per bulan, sedangkan Jaringan PlayStation maksimal 103 juta. “Waktu bermain video game melonjak ketika orang-orang mulai tinggal di rumah, secara dramatis meningkatkan jumlah pelanggan yang membeli dan bermain game,” kata Valve di samping mengungkapkan jumlah yang mengesankan.

by Steam

Kemungkinan hal ini tercapai berkat orang-orang yang memiliki PC atau laptop di rumah yang mampu menjalankan Steam dan sebagian besar game nya. Jumlah pengguna aktif bulanannya bukan satu-satunya hal yang harus dipamerkan Valve tentang 2020 Year in Review dari Steam. Jumlah pengguna aktif hariannya mencapai 62,6 juta, dan pada puncaknya pada tahun 2020 pengguna bersamaan mencapai 24,8 juta pengguna yang mengejutkan. Secara keseluruhan, orang-orang memainkan game selama 31,3 miliar jam gabungan di Steam tahun lalu.

Kunci Valve untuk terus maju dalam menjalankan Steam adalah menjaga momentum gerak mereka. Ia berencana untuk melakukan itu dengan me-reboot aplikasi mobile nya dan meluncurkan Steam di China. Nintendo telah menunjukkan betapa pentingnya kesuksesan di China selama 12 bulan terakhir. Switch terjual lebih dari satu juta unit di China selama tahun pertama, melampaui penjualan seumur hidup PS4 di negara tersebut.

Nantikan terus informasi terkini seputar dunia game, khususnya game e-sports, hanya di Esportsku!

Related Post