esportsku
Berita Esports Indonesia

Esports TI Dota 2 Lebih Besar Dari Olahraga Tradisional

Turnamen ini berhasilkan menorehkan perputaran uang yang ternyata lebih besar daripada lampauan kejuaraan olahraga tenis Wimbledon

0

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Rangkaian turnamen esports Dota 2: The International yang diselenggarakan di Shanghai, Tiongkok lalu. Turnamen ini berhasilkan menorehkan perputaran uang yang ternyata lebih besar daripada lampauan kejuaraan olahraga tenis Wimbledon yang sama-sama diadakan setahun sekali. Artinya, Esports TI Dota 2 lebih besar Dari Olahraga Tradisional

The International (TI) tahun ini diadakan di Shanghai, Tiongkok selama enam hari berturut-turut sebagai rangkaian turnamen ke sembilan sejak diadakan pertama kali pada tahun 2011 di Cologne, Jerman.

Bertempat di Mercedes-Benz Arena, perputaran uang selama acara berlangsung mencapai nominal USD 20 juta. Dengan angka Esports TI Dota 2 lebih besar dari Olahraga Tradisional, semakin banyak pula yang tertarik dengan esports

Esports TI Dota 2 Lebih Besar Dari Olahraga Tradisional

Angka ini merupakan perpaduan antara kombinasi online dan offline selama turnamen ini berlangsung. Sebagai perbandingan, pada kejuaraan Wimbledon pemenang utama mendapat sebanyak USD 2,7 juta yang jauh lebih sedikit daripada pemenang TI 9.

Esports TI Dota 2

Dota 2 The International  pada tahun ini memberikan hadiah utama untuk juaranya dengan total USD 15 juta atau sekitar Rp 200 miliar yang jatuh pada OG. Keseluruhan nominal hadiah sebesar ini juga merupakan nominal hadiah terbesar sepanjang sejarah menurut para Esports Observer.

Esports TI Dota 2 Lebih Besar Dari Olahraga Tradisional
Sebastien “Ceb” Debs (C) of team OG holds the winner’s trophy as the team wins the Dota 2 eSports Best of 5 final match during the International Dota 2 Championships in Shanghai on August 25, 2019. (Photo by STR / AFP) / China OUT (Photo credit should read STR/AFP/Getty Images)

TI 9 berhasil menorehkan impresi penonton offline minimal mencapai angka 250 – 300 ribu penonton pada tiap pertandingan antar tim. Itupun belum ditambahkan dengan angka layanan streaming online.

Pada saat pertandingan OG melawan Team Liquid tayangan streaming online berhasil menyentuh 1,9 juta viewer. Esports Channel ikut mengungkapkan jika angka pada streaming online telah mencapai 83 juta viewer secara keseluruhan pertandingan.

Esports TI Dota 2 Lebih Besar Dari Olahraga Tradisional

Menurut konsultan Esports, Rod Breslau angka ini akan menjadikan para pemain Esports dapat mengubah pandangan bagi dunia olahraga virtual secara umum. Tak luput dari rasa terhormat tersendiri bagi atlet Esports

Valve sebagai penyelenggara dari The International (TI) akan mengadakan edisi ke-10 dari turnamen ini kembali di tanah Eropa.

Dimana The International terakhir kali di Eropa pada tahun 2011 di Jerman. TI 10 akan diadakan di Stockholm, Swedia yang bertempat di Ericsson Globe pada tahun 2020. Angka nominal hadiah utama yang diprediksi akan sedikit lebih banyak daripada tahun ini.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Website ini menggunakan Coookie untuk kestabilan akses, Apakah kamu menerimanya? Terima! Detail Tetang Cookie