5 Film Dokumenter Dengan Tema Unjuk Rasa Yang Menegangkan Penonton

392

Ada perbedaan pendapat menenai aksi masa tentang unjuk rasa, ada yang beranggapan bahwa beberpaa kelompok yang menganggap demontrasi dengan cara demikian itu merupakan cara lama yang sudah usang sedangkan kelompok lainya percaya bahwa turun kejalan untuk melakukan unjuk rasa adalah hal yang paling tepat untuk memberitahu pemerintah bahwa apa yang mereka bangun tidak sesuai dengan kepentingan rakyat.

Memang cukup menenggakan jika kita langsung turun ke jalan untuk melakukan demonstrasi, akan tetapi bagaimana jika hal itu terjadi malah di jadikan sebuah film documenter yang apik, berikut ini merupakan list film dengan tema unjuk rasa yang bisa menegangkan penonton. Mari simak ulasanya sebagai berikut.

Winter on Fire: Ukraine’s Fight for Freedom (2015)

Film ini lebih mengisahkan documenter antara unjuk rasa yang berujung revolusi di ukraina pada tahun 2014 silam. Tidak hanya bercerita tentang itu, ada beberapa prespektif dari masyarakat dan pihak-pihak tertentu mengenai pengumpulan masa, serta taktik demonstrasi yang sedang berlangsung hilngga mengedepankan subtansi dan tujuan dari aksi.

The Square (2013)

Film The Square yang rilis tahun 2013 ini menggambarkan proses revolusi yang memanas di negara mesir. Film ini menceritakan dari sudut pandang pemrrotes yang tidak terima tentang pemerintahan di mesir kala itu. Banyak setiap kejadian yang diangkat terasa nyata dan menegangkan bagi penonton yang melihat film ini.

Joshua: Teenager vs. Superpower (2017)

Di film ini menceritakan seorang anak yang berusia 14 tahun berhasil memimpin serta memprotes kebijakan pemerintah negara superpower. Awal mula cerita seorang anak yang bernama Joshua wong pelajar asal hongkong yang melakukan protes terhadap pemerintahan tiongkok dengan cara aksi damai.

Film ini juga tidak hanya menampilka hubungan hongkong dengan tiongkok melainkan pula berbagi sisi sesame humanis yang ada di film Joshua: Teenager vs. Superpower yang rilis tahun 2017 ini.

Battle of Algiers (1966)

Di film ini lebih menonjolkan sisi unjuk rasa yang diangkat dari kisah nyata dan menonjolka perang kelompok pemberontak dengan aparat pemerintahan perancis untuk kemerdekaan afrika utara. Film ini semua adeganya di ambil secara nyata dan tidak melibatkan efek-efek animasi seperti zaman sekarang. Sayangnya film ini dilarang tayang di eprancis karena mengkhawatirkan kericuhan untuk memicu unjuk rasa.

Snowpiercer (2015)

Film Snowpiercer yang rilis tahun 2015 berlatar belakang sekelompk unjuk rasa yang ada di dalam kereta. Film ini sendiri menceritakan konflok kelas gerbong anatar penghuni kereta gerbong belakang dan gerbong depan di kereta Snowpiercer.

Itulah beberapa rekomendasi film documenter mengenai unjuk rasa yang menenggankan, yang sayang sekali untuk kalian lewatkan. Jika artikel di atas bermanfaat bagi kalian, jangan lupa di share keteman-teman kalian ya!