Media Berita Esports Indonesia

Dibalik Perhatian Odin Cup ROO: Kemungkinan Tak Terbatas Game MMO Masuk Pasar E-Sport Asia Tenggara

Saat ini, pasar E-Sport Asia Tenggara, dengan mengandalkan atmosfer E-Sport yang semakin matang dan jumlah pengguna E-Sport yang besar, telah menjadi suara terkuat di luar pasar Asia Timur.

Pada SEA Games ke-30 di Filipina tahun 2019 lalu, E-Sport sudah ditetapkan sebagai cabang olahraga resmi. Satu tahun sebelumnya, pada Asian Games Jakarta 2018, integrasi awal E-Sport dengan cabang olahraga tingkat atas sudah mulai mengakarkan konsep dan pengaruh E-Sport di hati banyak masyarakat awam, khususnya para penonton Asia Tenggara yang telah berturut-turut menjadi penyelenggara pesta olahraga ini.

Saat ini, pasar E-Sport Asia Tenggara, dengan mengandalkan atmosfer E-Sport yang semakin matang dan jumlah pengguna E-Sport yang besar, telah menjadi suara terkuat di luar pasar Asia Timur.

Namun setelah pengembangan selama bertahun-tahun, masih ada isu inti mengenai game E-Sport dan konten tunggal di pasar negara-negara yang tengah berkembang ini. Bagaimana cara mendobrak situasi yang sebelumnya hanya mengandalkan game FPS atau MOBA sebagai “pemain dominan” dan menghadirkan pengalaman gaming E-Sport yang lebih varian kepada para pemain di setiap daerah telah menjadi alasan penting untuk melakukan “ekspansi” di Asia Tenggara, termasuk event-event seperti Odin Cup ROO yang akan datang.

Ekosistem E-Sport khas Asia Tenggara

Diferensiasi yang terlihat jelas merupakan salah satu ciri khas yang dihadirkan dalam proses perkembangan industri E-Sport global. Dibandingkan dengan kompetisi yang matang dan struktur industri yang berkembang di Asia Timur, Amerika Utara, dan Eropa Barat, pasar E-Sport di Asia Tenggara dimulai terlambat namun tengah berkembang dengan pesat, dan telah menjadi “dataran baru” bagi pesatnya perkembangan dan pertumbuhan industri E-Sport global. Meskipun memiliki ruang dan potensi pertumbuhan yang besar, pasar Asia Tenggara, yang lebih fokus pada game seluler dan E-Sport game seluler, memiliki peluang yang lebih besar dibandingkan dengan wilayah lain di dunia.

Pada tahun 2021, laporan pasar game global yang dirilis oleh Newzoo menunjukkan bahwa dengan adanya 142 juta pemain game seluler di Asia Tenggara, jumlah penggemar E-Sport telah meningkat menjadi 35 juta, naik dari sebelumnya yang berjumlah 19,8 juta. Pada saat yang sama, dengan pesatnya pertumbuhan ekosistem E-Sport, jumlah penonton E-Sport juga telah melampaui 50 juta penonton. Pada tahun 2023, menurut data yang dirilis oleh Sensor Tower, volume pengunduhan game seluler pada Q1 di pasar Asia Tenggara telah menembus 2,1 miliar pengunduhan, menyumbang hampir 15% dari volume pengunduhan game seluler global.

Dari sini terlihat bahwa meskipun kecepatan dan skala perkembangan pasar E-Sport di negara-negara Asia Tenggara berbeda-beda, para pemain di Asia Tenggara dapat dikatakan mempertahankan konsistensi yang luar biasa dalam preferensi mereka terhadap game seluler dan E-Sport game seluler. Justru karena pasar E-Sport di Asia Tenggara memiliki basis populasi yang sangat besar dan menjanjikan, serta lebih fokus dan menyukai industri-industri baru seperti E-Sport game seluler, kawasan yang tengah menjadi pusat perhatian ini dapat menonjol dari pasar E-Sport global dan menjadi dataran baru E-Sport yang paling populer dan menjanjikan di luar pasar Asia Timur.

AYO BACA INI :  Guild RISE Pemenang ROO Odin Cup Pertama! Masa Depan E-Sport MMO Papan Atas yang Menjanjikan

Dari Sebuah Genre yang Berkembang Hingga Menjadi Keberagaman yang Berkembang

Sepanjang sejarah perkembangan beberapa tahun terakhir, game E-Sport paling berpengaruh dan matang di Asia Tenggara sebagian besar terkonsentrasi di genre MOBA atau game kompetitif yang bersifat taktis. Sebenarnya permasalahan ini tidak hanya ada di Asia Tenggara saja, tapi juga di pasar E-Sport di Asia Timur atau Tiongkok. Namun justru karena keterbatasan tersebut, semakin banyak developer berbagai jenis game berupaya memperluas jangkauan dan cakupan E-Sport dengan mengadakan event-event E-Sport, sehingga para pemain yang menyukai berbagai game memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam event-event E-Sport.

Hal ini terlihat dari perubahan pasar E-Sport Tiongkok. Pada bulan Agustus 2023, game seluler MMO klasik ” Fantasy Westward Journey ” menyambut babak playoff dan final dari Liga Puncak ke-8 di Suzhou; Di sisi lain, ” Justice Online” yang disebut sebagai penyelenggara E-Sport MMO terbesar di Tiongkok, juga telah memberikan bonus bernilai miliaran rupiah sebagai upaya untuk melengkapi puzzle dalam puzzle perkembangan E-Sports di masa depan. Bisa dikatakan, mulai dari pembuatan kompetisi hingga partisipasi pemain, E-Sport MMO sudah memiliki contoh dan pengalaman yang matang untuk dieksplorasi dan dijadikan referensi.

Esports revenue of Southeast Asia (image via Newzoo)

Berkat preseden yang sukses, kawasan Asia Tenggara memiliki rancangan ide yang jelas mengenai kebutuhan pada kategori E-Sport. Contoh, “Ragnarok Online”, yang telah lama mendominasi pasar game MMO di Asia Tenggara, dan sekuel resminya “Ragnarok Origin”, yang baru saja diluncurkan pada bulan April tahun ini, telah memanfaatkan peluang pasar ini dan menyelenggarakan kompetisi E-Sport tingkat atas Odin Cup (selanjutnya disebut Odin Cup ROO), sebagai upaya untuk membuka masa depan yang baru bagi industri E-Sport MMO di Asia Tenggara.

Titik awal, Pelopor, Pemimpin

Pada bulan April 2023, sekuel resmi “Ragnarok Online”, “Ragnarok Origin,” diluncurkan di pasar game seluler Asia Tenggara. Game ini memiliki rekor lebih dari 5 juta unduh pada awal peluncurannya. Setelah resmi dirilis, game ini sempat menduduki puncak daftar game terlaris di App Store lima negara, yaitu Thailand, Indonesia, Filipina, Malaysia, dan Singapura, menandakan tingginya popularitas pada game ini.

AYO BACA INI :  GOCpay SUKSES MENGGELAR ACARA RAGNAROK ORIGIN ODIN CUP WATCH PARTY

Setelah memiliki basis pengguna dan pengaruh seperti itu, tidak sulit untuk memahami mengapa “Ragnarok Origin” menyelenggarakan Odin Cup ROO. Odin Cup ROO, sebagai ajang kelas berat yang diselenggarakan oleh Ragnarok Origin di Asia Tenggara pada tahun ini, juga merupakan ajang E-Sport tingkat atas kategori MMO pertama di Asia Tenggara. Yang terfokus pada liga guild lintas server dalam game, dan memilih guild terkuat dalam game melalui pertarungan grup antar guild.

Odin Cup ROO akan mengadopsi pertarungan tim berskala super besar untuk menghadirkan proses kompetisi yang sengit dan spektakuler, akan sepenuhnya menguji pertimbangan komprehensif guild teratas dari berbagai perspektif seperti medan perang, pertarungan, dan kombinasi job anggota yang berpartisipasi. Setiap pemain atau penonton dalam acara tersebut juga akan menikmati sepenuhnya keseruan unik yang dihadirkan game E-Sport MMO dalam acara E-Sport berskala besar ini. Ekspresivitas yang lebih beragam juga akan menjadi highlight terbesar dari Odin Cup ROO yang akan membedakannya dari E-Sport tingkat atas lainnya.

Karena kombinasi kompetisi online dan offline, serta teknologi terkait yang terkini dan mutakhir, ROO Odin Cup akan menciptakan ruang penyiaran virtual untuk event tersebut, menyediakan “platform observasi” virtual dan nyata bagi pemain yang berpartisipasi dalam kompetisi online atau bagi yang tidak dapat menghadiri lokasi kejadian secara langsung melalui tampilan panorama. Dengan cara ini, diharapkan para pemain yang menikmati E-Sport dapat merasakan suasana observasi yang mendala, lebih dapat menghadirkan pesona unik dan kejutan MMO E-Sport yang dibawa oleh pertarungan tim berskala besar.

Pada final yang digelar akhir Oktober mendatang, Odin Cup ROO akan bertanding ke Bangkok, Thailand dengan seluruh tim yang lolos ke babak final. Untuk menyajikan persaingan final yang ketat dengan lebih sempurna, panitia penyelenggara juga akan menciptakan tempat kompetisi mewah yang sangat membawa suasana dalam E-Sport, memberikan pengalaman kompetisi tingkat atas yang lebih ekstrim dari berbagai aspek seperti pengamatan aktual dan pengalaman audio-visual kepada ribuan penggemar dan peserta E-Sport.

Bisa dikatakan Odin Cup ROO menghadirkan pesta tingkat tertinggi bagi para pemain di Asia Tenggara dan bahkan seluruh kawasan Asia yang memperhatikan event ini di berbagai tingkatan seperti mekanisme acara, produksi acara, dan suasana acara. Hanya dari penghargaan yang diumumkan secara resmi seperti piala kehormatan, cincin kejuaraan, dan hadiah terbatas seperti skin eksklusif untuk para juara, yang telah disiapkan menunjukkan ketulusan penuh dari tim penyelenggara dan kepercayaan diri untuk membina pengembangan bidang E-Sport secara mendalam.

AYO BACA INI :  Guild RISE Pemenang ROO Odin Cup Pertama! Masa Depan E-Sport MMO Papan Atas yang Menjanjikan

Game MMO, Titik Awal Baru Bagi Ekosistem E-Sport Asia Tenggara

Dapat dikatakan bahwa terlepas dari skala acara, metode presentasi, jumlah peserta, dan pengaruh sebenarnya, dengan tingginya popularitas dan potensi pengembangan “Ragnarok Origin” di Asia Tenggara, Odin Cup ROO kemungkinan besar akan memberikan gebrakan dalam eksplorasi ekologi E-Sport Asia Tenggara di bidang MMO. Selain itu, aktualitas, pengaruh pasar, dan banyaknya pengguna VIP dan kelas atas “Ragnarok Origin” sendiri juga akan membawa nilai komersial pada Odin Cup ROO yang tidak dapat dibandingkan dengan brand E-Sport lainnya.

Lebih penting lagi, sebagai layaknya seorang pelopor, Odin Cup ROO juga telah menjalin kerja sama komersial dengan brand besar seperti Huawei AppGallery dan Razer Inc., dan berupaya dengan menggunakan kemampuannya sendiri, memberikan potensi arah pengembangan yang baru dan memberikan lebih banyak peluang bagi pasar E-Sport Asia Tenggara. Bergabung ke dalam ekosistem E-Sport Asia Tenggara dengan sikap yang baru, Odin Cup ROO tidak hanya akan memberikan kesempatan dan panggung untuk unjuk diri kepada para pemain yang menyukai game “Ragnarok Origin”, tapi juga menjadikan konsep MMO E-Sport untuk dapat mengakar kuat di hati masyarakat, dan juga secara komprehensif membantu E-Sport di Asia Tenggara agar menjadi lebih hidup dan menarik.

Silakan unduh game ROO untuk informasi resmi lebih lanjut tentang Odin Cup atau masuk ke situs resmi Odin Cup dan komunitas media sosial resmi untuk mengetahui informasi terkini mengenai ROO.

Situs resmi Odin Cup: https://bit.ly/45Bdxnk

Unduh Game: https://bit.ly/45sOB1b

Unduh versi PC: https://bit.ly/3QXNwKC

Discord: https://discord.gg/rooglobal

Tentang Gravity Game Hub

Gravity Game Hub (GGH) Pte Ltd didirikan pada tahun 2021 sebagai publisher dan developer game dengan fokus pada game online dan mobile. GGH berkomitmen untuk memberikan pengalaman gaming yang interaktif dan menciptakan komunitas yang dinamis bagi semua pemain di Asia Tenggara.

Related Posts
Tinggalkan pesanan