Mana Platform Stream Game Terbaik antara Twitch dan Facebook Gaming?

Maka dari itu artikel ini ingin melihat mana platform terbaik untuk streaming game antara Twitch dan Facebook Gaming? Berikut tulisannya

Protocoloxp

Dalam dekade terakhir video gaming memang mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Salah satu hal baru yang naik ke permukaan dalam dekade ini adalah trend streaming game. Sekarang, sudah lebih dari 20 platfom yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan live streaming. Namun demikian ada dua kompetitor utama yang berkontes untuk menjadi platform terbaik yakni Twitch dan Facebook Gaming. Maka dari itu artikel ini ingin melihat mana platform terbaik untuk streaming game antara Twitch dan Facebook Gaming?

Baca juga: Peraturan Twitch Mencekik Berujung Streamer Angkat Kaki !

twitch dan facebook gaming
Protocoloxp

Mana Platform Stream Game Terbaik antara Twitch dan Facebook Gaming?

Pada pembahasan artikel ini akan dibandingkan mengenai kedua platform tersebut, yang mungkin akan membantumu mengetahui mana yang lebih baik.

Twitch

Twitch pertama kali hadir di tahun 2011 sebagai bagian dari Justin.tv. Sebenarnya, platform ini tidak hanya berisi live stream gaming, melainkan juga hobi lain dan masih banyak lagi. Namun demikian, kepopuleran Twitch hari ini memang berkat konten gaming di dalamnya, sehingga terkenal sebagai platform live stream gaming.

Setahun setelah debutnya, Twitch memiliki pengunjung sekitar 20 juta setiap bulannya. Jumlah ini menarik dua perusahaan raksasa teknologi yakni Google dan Amazon untuk membelinya pada tahun 2014.

Facebook Gaming

Streaming yang dimiliki Facebook sebagai platfom independen dari website Facebook utama, mulai debut pada 2018. Pada 2019, Facebook memutuskan untuk membuat platfom ini semakin mudah diakses fans-nya dengan memberikan embedded tab di website utama Facebook.

Untuk mendongkrak penontonnya, Facebook merilis berbagai aplikasi untuk Android dan iOS untuk mendukung penggunanya dalam menggunakan Facebook Live Gaming di tahun 2020.

twitch dan facebook gaming
Upstation.asia

Popularitas dan Penonton

Pada awal perilisannya, Twitch memiliki jumlah pengunjung hingga 3.2 juta orang setiap bulannya, angka ini meningkat pesat pada 2012 menjadi 20 juta. Hari ini, Twitch memiliki 3 juta streamer yang aktif setiap bulan, dimana jika dirata-ratakan setiap streamer ini menyumbang setidaknya 15 juta users. Berdasarkan data Streamlabs, Twitch pada kuartal 3 2020 setidaknya memiliki akumulasi waktu tonton 4.74 miliar jam.

Ketika berbicara angka, 2.4 miliar pengguna Facebook hari ini tentunya tidak bisa diremerhkan. Namun demikian, dari angka tersebut hanya 700 juta pengguna yang berpartisipasi aktif di konten gaming. Data Streamlabs menunjukkan bahwa akumulasi waktu tonton Facebook Gaming adalah 1.04 miliar jam. Walau merupakan angka yang juga tinggi, angka ini masih 5 kali lebih kecil dari Twitch.

Ketika stremaer mencoba melakukan livestream di Facebook Gaming, ia akan lebih mudah mendapat penonton. Penonton ini adalah teman-temannya di Facebook yang mendapat rekomendasi untuk menonton dan menjadi follower. Namun demikian, yang paling membuat streaming di Facebook mudah untuk ditemukan karena akunmu dapat dicari di ‘searched’.

Baca juga: Masuk pakai Facebook Error di Free Fire dan AOV Garena

Twitch sedikit berbeda. Pertama, penonton perlu mencari channel dengan melakukan searching dari game yang ingin mereka lihat. Ini akan membuat Twitch mudah untuk mendapat subscriber yang loyal berdasarkan kontennya.

Namun disisi lain, hasil searching di Twitch akan diurutkan berdasar konten yang sedang populer saat itu. Karena kebanyakan penonton akan lebih tertarik untuk meonton stream yang sedang ramai, stream yang baru masuk dan sedikit penonton akan kesulitan mendapatkan perhatian. Ini artinya, streamer harus melakukan effort lebih untuk mempromosikan livestream mereka di sosial media dan terus konsisten membuat konten.

Website ini menggunakan Coookie untuk kestabilan akses, Apakah kamu menerimanya? Terima! Detail Tetang Cookie

error: Content is protected !!