siapa

Umur Minimal Bermain Free Fire (FF), Harus 12 Tahun Keatas!

Saat bermain free fire kalian harus mengetahui umur minimal yang diberikan game ini. Hal ini untuk menjaga komunitas game dan juga menjaga kesehatan mental dari pemain.

Kira-kira, berapa ya umur minimal Bermain Free Fire (FF) ?. Disini kami akan membahas tentang umur minimal main Game Free Fire. Akan lebih baik, anak-anak di bawah umur ini tidak bermain game ini karena beberapa alasan.

Free Fire adalah Game Shooting yang bergenre Battle Royal ini cukup terkenal di Indonesia. Banyak player yang bermain, bahkan sampai lupa dengan waktu karena game ini. Dalam bermain game, banyak hal positif dan juga negative didalamnya. Jika kita melihatn konten pada game Free Fire ini.

Biasanya dalam bermain game seperti ini, banyak yang tidak peduli dengan batas umur. Kadang beberapa negara, melarang anak di bawah umur untuk bermain game yang memiliki unsur tidak baik. Karena berbagai alasan, beberapa game melakukan Age Restriction

Tapi kalau kita lihat unsur yang ada di Game Free Fire, kira-kira berapa age restriction yang harus kalian miliki untuk bermain game ini dan bagaimana cara mencegah anak dibawah umur unruk bermain game ini.

Berapa Umur Minimal Main Free Fire (FF)?

Batasan usia yang ditetapkan oleh Garena untuk para pemain adalah 12 tahun keatas dan jika usia dibawah 12 maka tidak boleh bermain game Free Fire (FF)  ini. Hal ini karena Free Fire banyak mengandung unsur dewasa yang tidak dianjurkan untuk anak usia dibawah 12 tahun.

Pertama kita lihat terlebih dahulu tentang game Free Fire ini dari mulai gameplay sampai ke prosedur penjualan dan pembelian item pemain.

Game free fire adalah game battle royale yang menggunakan senjata api sebagai senjatanya yang berati ada unsur kekerasan didalamnya. Kalian menembak dan melakukan pembunuhan didalam game merupakan sesuatu yang harus dipahami pemain agar tidak asal mempraktekannya di dunia nyata. Minimal, pemain tersebut sudah mengetahui hal ini merupakan kesalahan jika dipraktekan.

Game ini juga memiliki fitur karakter yang bisa kalian customize dan loot box yang memakan dompet dengan begitu ada prosedur pembelian yang harus dipahami seorang pemain tersebut. Sebagai pemain free fire, mengeluarkan uang untuk item adalah hal yang wajar, namun jangan sampai ini membuat kalian malah kecanduan. Maka dari itu, pemain free fire sebaiknya paham kosenkuensi ketika mengeluarkan uang untuk game ini.

Jika kalian lihat, Age Restriction yang harus dilewati dari kedua point diatas itu biasanya 12 tahun. Tapi, apa benar anak di di atas umur 12 tahun sudah boleh bermain game ini?

Nah age restriction ini memang lebih mirip sebagai anjuran. Tapi perlu kalian pahami bahwa anjuran ini sangat penting dan akan kami jelaskan juga dibawah nanti. Jadi bagi yang belum paham coba baca terus kebawah.

Pada umumnya, anak di atas umur 12 tahun sudah boleh bermain game Free Fire. Namun, harus dibatasi agar tidak kecanduan dalam bermain (dan mengurangi bocah toxic di game). Sebab tidak semua anak bisa mengendalikan emosi mereka sehingga membuat mereka menjadi hot head atau bisa dibilang mudah marah.

Jadi, untuk teman-teman yang masih berumur dibawah 12 tahun, akan lebih baik jika kalian meninggalkan game ini. Selain itu, jika kalian melihat seorang pemain free fire dengan umur yang lebih rendah dari 12 tahun, kalian tegur orang tuanya agar mengerti permainan ini bukan untuk anak-anak.

Alasan Free Fire Bukan Untuk Bocil!

Berikut ini adalah Alasan mengapa anak di bawah umur 12 tahun tidak boleh bermain game Free Fire. Biasanya di negara eropa melarang  anak kecil bermain game ini. Hal ini patut di perhatikan untuk menjaga Komunitas menjadi lebih baik jadi perhatikan umur minimal main Game Free Fire.

Semua ini memang relatif kepada masing-masing pemainnya ya. Tidak sedikit juga anak-anak yang paham mengenai batas mereka. Tapi mayoritas memang para bocil ini harus diawasi agar tidak berlebihan nantinya.

MENCEGAH TOXIC

Untuk mencegah Toxic pada komunitas dengan memperhatikan umur minimal main Game Free Fire. Kadang bocah di bawah umur ini tidak mengerti apa-apa tapi mengatakan hal seakan dia tahu segalanya. Hal ini juga kadang meganggu mental bocah itu, karena terus bermain game. Kalian pasti pernah marah terhadap player yang bermain dengan buruk, sehingga mengeluarkan kata-kata yang harus disensor.

Dengan begitu anak kecil bisa saja meniru itu lalu mengeluarkan kata kata tadi. Emang ya kan, namanya juga bocah sok tau. Supaya tidak Toxic diantara kita, kita harus mencegah bocah di bawah umur ini untuk tidak boleh bermain game Free Fire.

MENCEGAH EMOSI DAN PENYAKIT MATA

Seperti yang dikatakan tadi, karena toxic kalian bisa saja membuat orang marah. Hal ini bisa membuat seseorang tidak bisa mengendalikan emosi mereka, lalu bisa saja dia mengeluarkan emosinya ke orang lain. Tidak hanya pada emosi, kalian bisa saja terkena Penyakir rabun jika bermain dengan lama. Kalian para dewasa pasti tahu kapan harus berhenti bermain. Namun, bocah ini tidak peduli seberapa lelah dirinya dan terus bermain tanpa berhenti. Jika diteruskan, Kalian bisa saja terkena penyakit mata yang sangat disayangkan.

Bahkan di china telah membuat aturan dalam bermain game Online. Kalian hanya boleh bermain jika umur kalian di atas 18 tahun. Setelah itu, waktu bermain kalian juga di batasi hanya sampai 90 menit pada waktu tertentu juga. Bahkan, kominfo telah mengatakan bahwa game PUBG sekarang menjadi game 18+. Jadi kalian yang di bawah umur tidak boleh bermain game ini. Kalau kalian berumur di atas 13 tahun, PUBG akan menanyakan agreement terhadap pengawas atau orang tua kalian untuk melakukan konfirmasi lebih lanjut, Dengan syarat batas waktu yang di batasi. Jika kalian bermain lebih dari 6 jam, kalian tidak boleh login sampai waktu tertentu.

LOOTBOX (GACHA IS HELL)

Di Game Free Fire juga memiliki loot box yang dapat kalian beli menggunakan Cash atau diamond kan. Lootbox adalah fitur game, yang dimana kalian membeli box yang dapat memberikan barang secara random dengan rate yang ada. Hal ini bisa membuat kalian penasan dan ingin membelinya. Walaupun tidak murah, Strategi cukup efektif. Seperti halnya MMORPG yang meraup banyak uang karena lootbox yang jahat ini. Tahu kah kalian?, lootbox ini juga termasuk judi loh.

Kalian membeli barang dan mendapat barang secara random. Hal itu bukan masalah, yang jadi masalahnya adalah kalian membelinya dengan melakukan transaksi dengan uang asli. Hal ini sangat berbahaya, apa lagi oleh Anak di bawah umur. Salah satu contohnya game Fortnite. Banyak anak kecil di bawah umur, yang menggunakan kartu kredit orang tuanya untuk membeli barang Cash di game. Hal ini bisa dibilang mencuri ya kan?.

Bahkan, beberapa neraga melarang game yang memiliki unsur lootbox loh. Karena berbagai hal mereka melakukan Age Restriction pada player. Jadi anak di bawah umur tidak boleh memainkan game yang memiliki unsur lootbox. Kalau umur minimal main Game Free Fire diterapkan di Indonesia, kalian masih memainkannya tidak?.

MEMUNCULKAN RASA MALAS

Reset Rank FF Maret 2020,Cek Rank Free Fire Kalian Sekarang!

Kalian pasti pernah merasa malas untuk melakukan sesuatu karena terfokus pada game yang kalian lakukan. Para orang dewasa sudah mengerti akan hal ini, jadi bermain game hanya untuk mengisi waktu luang. Kalau bocah, Entah itu waktu senggang, waktu kerja, belajar, Bahkan gempa juga masih main game.

Hal ini membuat mereka malas untuk melakukan sesuatu dan takutnya menjadi sifat yang menempel terus padanya. Sifat ini sangat tidak baik dan harus disingkirkan. Jadi jangan terlalu sering bermain bahkan untuk orang dewasa juga ya. Hal ini akan menyebabkan seseorang menjadi hikineet.

Hal ini membuat kalian menjadi seseorang yang tidak suka bersosialisasi. Gejala ini banyak diderita seseorang dan sangat berbahaya untuk kehidupan sosialnya. Biasanya orang seperti ini sulit untuk mencari pekerjaan dan sebagainya.

SALAH SATU GAME YANG MEMILIKI UNSUR KEKERASAN

Secara tidak sadar, game ini sebenarnya memiliki unsur kekerasan loh. Menggunakan senapan serbu dan menembak orang disekitar kalian. Kalian kan tidak boleh menggunakan senjata serbu tanpa izin. Tidak mungkin kalian mengambil senapan dan dibawa ke sekolah (tau lah lanjutannya gimana). Hal ini sangat berbahaya Untuk anak kecil mainkan, dan takutnya ditiru oleh anak kecil. Karena rasa penasarannya sangat tinggi, dan kebodohannya yang tidak tahu apa-apa sangat berbahaya.

Itulah kenapa kalau game Free Fire memang harus diperuntukan dengan Umur 12 tahun keatas. Karena memang memberikan pengaruh pada permainannya juga. Para Bocil ini yang tidak tau apa – apa namun malah terkena Unsur negatif dari game tersebut. Maka bisa saja menjadi masalah kalau memang mereka sampai menirunya. Ingat kita ambil sisi positif dari game ini, hindari bagian negatif yang cukup mempengaruhi.

AGREEMENT PADA GAME ONLINE

Tanpa kalian sadari, ketika kalian bermain game ini kalian telah melakukan persetujuan peraturan pada game online. Jadi kalian juga sudah setuju dengan peraturan dalam bermain game online, seperti age restriction, money transaction, dan lainnya. Jika kalian mengeluh untuk melakukan refund padahal kalian sudah setuju untuk melakukan transaksi, asli ga jelas.

Kalau kalian orang dewasa, kalian harusnya sudah mengetahui persetujuan ini dan mengetahui apa resiko yang kalian lakukan seperti contohnya money transaction dalam membeli Cash. Karena orang yang dibawah umur minimal main Game Free Fire tidak mengerti sama sekali, mereka akan terus membeli barang di game, tanpa mengetahui resiko yang mereka lakukan.

Tahu kah kalian. Di beberapa game melakukan limit, pada uang yang kalian belanjakan. Jadi, dalam sehari kalian hanya bisa membeli uang cash dengan limit tertentu. Hal ini mencegah kalian membuang banyak uang pada waktu yang sama. Tapi, kalian juga sudah setuju untuk melakukan trasaksi dengan uang asli ya kan?. Jadi bukan urusan mereka untuk kalian apakan Cash tersebut.

Itulah alasan mengapa bermain game Free Fire memiliki age restriction yang cukup tinggi. Jadi kalian yang di bawah umur tidak boleh memainkan game ini ya. yang sudah lebih berumur 12 tahun juga harus membatasi jam main kalian. Sebenarnya akan lebih baik kalau game ini memiliki batas umur 15+, tapi karena peraturan Free Fire seperti itu, ya mau bagaimana lagi. Yang penting menjaga komunitas dan mencegah bocah toxic di game.

Senarnya untuk beberapa negara sendiri memang sudah ada aturan yang ketat mengenai umur pemainnya. Misalkan Jepang, Cina, dan beberapa negara Eropa lainnya yang membatasi top up jika umur kalian tidak cukup. Hal ini untuk menhindari anak-anak yang rentan mencuri atau menggunakan uang orang tuanya atau orang lain.

Lootbox juga dilarang di beberapa negara Eropa terutama di game yang ditunjukan kepada pemain 18 tahun kebawah. lootbox atau gacha memang dianggap sebagai bentuk perjudian dan anak-anak seperti bocil Free Fire seharusnya tidak boleh membeli lootbox atua gacha ini.

Dengan mematuhi umur minimal main Free Fire kalian bisa bermain dengan baik dan lebih nyaman. Karena hal ini juga, game Free Fire di banned di berbagai tempat. Kalian juga seharusnya sudah tau hal ini dan tetap bermain game dengan baik.

Website ini menggunakan Coookie untuk kestabilan akses, Apakah kamu menerimanya? Terima!Detail Tetang Cookie