siapa

Apa Itu Vtuber? Apakah Sama Dengan Youtuber?

Apa sih itu Vtuber?

Sumber: Youtube Kobo Kanaeru

Kita semua tahu bahwa semua orang yang berkecimpung di Youtube di sebut Youtuber.  Tapi ternyata tidak semua pembuat konten di Youtube ingin disebut Youtuber.  Beberapa di antara mereka membuat istilah baru yang bernama Vtuber.  Kira-kira, apa itu Vtuber?

Di era digital seperti ini, banyak sekali inovasi yang begitu banyak.  Sejak 10 tahun terakhir, perkembangan Youtube sangat pesat hingga tercetus sebuah pekerjaan baru bernama Youtuber.  Inovasi di dalam dunia Youtube terus bermunculan, salah satunya adalah Vtuber.

Apa Itu Vtuber?

Vtuber adalah singkatan dari Virtual TuberVirtual Tuber merupakan sseorang yang membuat konten video di Youtube dengan bantuan teknologi Motion CaptureMotion Capture yang dimaksud di dalam Virtual Tuber adalah menggantikan bentuk asli Youtuber dengan menggunakan avatar animasi yang bisa diedit sesuka hati.

Alih-alih menggunakan wajah pribadi, Vtuber menggunakan animasi 2D atau 3D berbentuk apapun yang menarik.  Ada yang menggunakan karakter anime, kartun, monster, dan lain-lain.  Animasi tersebut diprogram agar saat menggerakkan wajahnya, animasinya juga ikut bergerak.  Beberapa di antaranya juga ada yang cukup serius membuat animasi dan memasukkan Motion Capture sampai ke gerakan tangan dan badan.

Perbedaan Vtuber dengan Youtuber?

Perbedaan antara Vtuber dengan Youtuber hanya di cara menampakkan wajah saja.  Virtual Tuber menggunakan animasi (terkadang juga dapat menggunakan voice changer), sedangkan Youtuber tidak.  Hal tersebut biasanya mengarah ke tampilan yang lebih menarik atau menjaga identitas pribadi.

Apa Tujuan dari Virtual Tuber?

Tujuan para kreator menjadi Vtuber dapat diidentifikasi secara umum adalah untuk memberikan sensasi yang berbeda kepada para penontonnya.  Selain itu, mereka yang ingin tampil di depan layar namun malu untuk menampakkan wajahnya, dapat tampil sesuka hati.  Sebut saja animasi yang dibuat sebagai bentuk menyembunyikan identitas diri mereka.

Apakah Vtuber Bisa Menjadi Pro Player?

Semua orang bisa menjadi pro-player, termasuk Vtuber.  Menggunakan animasi dalam video Youtube mereka bukan berarti mereka tidak jago bermain.  Seperti contohnya pemilik akun Youtube rpr dan Selen Tatsuki yang sangat jago bermain Apex Legends layaknya pro player.

Sumber: Youtube Selen Tatsuki

Jadi, bukan hal yang aneh jika terdapat Vtuber yang sangat jago bermain game.  Sejatinya bukanlah avatar-nya yang bermain, melainkan diri mereka.

Itulah pengertian dari apa itu Vtuber, alasannya, dan juga perbedaannya dengan Youtuber.  Semoga bisa menambah pengetahuan kamu.  Apakah kamu tertarik untuk menonton ataupun menjadi seorang Virtual Tuber?

Website ini menggunakan Coookie untuk kestabilan akses, Apakah kamu menerimanya? Terima!Detail Tetang Cookie