Game Melawan Covid-19 Ala Gubernur Dan Warga Tokyo, Jepang

Salah satu contohnya adalah pemakaian kata “mitsu” yang populer barengan dengan aktivitas sang gubernur. Kata itu menyimbolkan pembatasan, dekat, dan ramai. Kata ini kemudian jadi viral di Tokyo dan Jepang.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jepang emang nggak pernah habis kalau urusan game. Saat masa pandemi Covid-19 begini, Jepang dikabarkan bakal merilis game yang bertema pencegahan Covid-19. Bocoran soal game ini keluar dari pengguna Twitter di hari Senin (20/4/2020).

Game yang belum ketahuan namanya ini menggambarkan Gubernur Tokyo, Yuriko Koike, sedang terbang keliling kota. Sang gubernur sedang bertindak membubarkan kumpulan massa yang ia lewati.

Gubernur Tokyo yang asli, yang di dunia nyata, emang getol banget melakukan banyak aktivitas penanganan Covid-19. Sang gubernur dilaporkan selalu mendatangi masyarakat tiap harinya. Hanya demi ngasih peringatan ke orang-orang soal bahaya Covid-19 dan pentingnya social distancing.

Sejak kampanye yang dilakukan gubernur, banyak inisiatif warga yang ikut hadir. Para warga ini kayaknya ingin berpartisipasi karena terkesan dengan gubernur.

Salah satu contohnya adalah pemakaian kata “mitsu” yang populer barengan dengan aktivitas sang gubernur. Kata itu menyimbolkan pembatasan, dekat, dan ramai. Kata ini kemudian jadi viral di Tokyo dan Jepang.

Inisiatif lain ditunjukkan dengan bocoran game ini. Mungkin karena terkesan dengan gerak gubernur, developer game ini jadi terinspirasi. Makanya dia bikin game dengan karakter sang gubernur.

Video Bocoran Covid-19

Walaupun belum ketahuan siapa developer di balik game ini, sambutan positif warga menujukkan antusiasme ke game ini. Lihat aja twit yang memuat video bocorannya. Ada banyak komen, RT, dan like ke twitnya.

Game lain yang berdasarkan aktivitas sang gubernur adalah game bernama “mitsu desu”. Tampilan game ini lebih sederhana dari game sebelumnya. Tetapi tokohnya tetap sama, sang gubernur kebanggan warga Tokyo.

Game mitsu desu juga lebih sederhana. Sang gubernur hanya berjalan lurus. Saat berjalan, gubernur dikelilingi lingkaran berwarna hijau. Tugas player di game ini adalah menjaga agar orang-orang nggak mendekati dia.

Game yang menerapkan Social Distancing

Kalau orang-orang mendekati, mereka harus berada di luar lingkaran berwarna hijau. Kalau sampai masuk di lingkaran, berarti sang gubernur mati. Bagian unik lainnya adalah indikator nyawa sang gubernur digambarkan dengan masker.

Selain istilah “mitsu” dan game, gubernur Tokto juga dapet sambutan dari dunia manga Jepang. Para komikus itu menggambarkan gubernur memakai masker. Lalu sang gubernur punya kekuatan sihir yang bisa melempar orang sejauh 2 meter. Maksud dari kekuatan sihir itu adalah biar orang-orang menjaga jarak.

Jepang adalah negara yang terkena imbas Covid-19. Jumlah kasus Covid-19 di Jepang memang selalu naik dari hari ke hari. Walaupun awal-awalnya sempat gagap merespon kasus Covid-19, Jepang saat ini siap menghadapi pandemi.

Salah satu contoh pemerintah yang melakukan kampanye melawan Covid-19 adalah Gubernur Tokyo. Saat Tokyo di tangan beliau, kota dan warga Tokyo jadi siap dan berkomitmen disiplin menjalankan himbauan-himbauan pemerintah.

Website ini menggunakan Coookie untuk kestabilan akses, Apakah kamu menerimanya? Terima! Detail Tetang Cookie

error: Content is protected !!