esportsku
Berita Esports Indonesia

Piala Presiden 2020 Dimulai, Eksibisi Game Lokal Juga Ada!

Berbeda dengan piala presiden sebelumnya yang hanya melakukan kejuaran nasional saja, untuk Piala Presiden Esport 2020 ini merupakan kejuaraan dengan level regional Asia Tenggara

0

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Telah sukses di selenggarakan pada tahun sebelumnya, Pemerintah Indonesia bersama IESPL telah kembali dengan Piala Presiden 2020 dimulai. Hadirnya tournament ini tidak akan lepas dengan adanya sebuah dukungan dari Kantor Staf Presiden (KSP), Kementerian Pemuda dan Olahraga (KEMENPORA), Kementerian Komunikasi dan Informatika (KEMENKOMINFO) dan Badah Ekonomi Kreatif (BEKRAF). Bersamaan itu, game lokal di piala presiden juga ada!

Berbeda dengan piala presiden sebelumnya yang hanya melakukan kejuaran nasional saja, untuk Piala Presiden Esport 2020 ini merupakan kejuaraan dengan level regional Asia Tenggara.  Piala Presiden Esports kali ini juga akan diikuti oleh peserta dari negara Thailand, Vietnam, Singapura, Malaysia, Filipina, dan Kamboja.

Piala Presiden 2020 Dimulai!

Gelaran Piala Presiden 2020 dimulai Kick Off yang diselenggarakan di Tennis Indoor Senayan pada tanggal 13/10 kemarin. Dalam sambutannya ini, Dr. Moeldoko selaku Kepala KSP mengatakan, bahwa pemerintah sangat bangga sekali pada lahirnya talenta-talenta muda di Indonesia, terutama talenta dari bidang Esport. Dia juga cukup yakin Esport dapat mendukung pertumbuhan teknologi dan ekonomi Indonesia.

“Pemerintah mendukung penuh Piala Presiden Esports 2020 agar esports Indonesia bisa bertanding dan berkompetisi pada tingkat global. Saya berharap acara ini dapat berlangsung dengan baik. Mainkan!” ujar Moeldoko.

Cabang Piala Presiden 2020

Beda dengan tahun sebelumnya, untuk Piala Presiden Esport kali ini mengusung 2 cabang baru, yaitu Free Fire, PES 2020 dan Mobile Premiere League (MPL). Menurut Ketua penyelenggara Piala Presiden  Esport, Giring Ganesha, Indonesia telah mempunyai prestasi yang baik pada kedua cabang ini, khususnya pada skala international.

Baca Juga : IGDX 2019, Tempat Ngumpulnya Developer Game Indonesia

“Kami ingin atlet Indonesia selalu menang di kejuaraan Internasional. Merah-Putih dan “Indonesia Raya” harus selalu berkumandang di turnamen-turnamen Internasional!” tegas Giring.

Piala Presiden 2020 Dimulai, Eksibisi Game Lokal Juga Ada!

Selain melombakan game Free Fire, PES dan MPL, Giring juga menjelaskan bahwa Piala Presiden 2020 dimulai ini juga akan menjadikan game Lokal sebagai cabang Eksibisi. Telah terpilih lima kandidat game lokal, yakni Battle of Satria Dewa, eSport Manager, Lokapala, Pirate Mobile War, dan Ultra Space Battle Brawl. Saat ini, pihak panitia masih dalam tahap seleksi. Game lokal terpilih nantinya akan diumumkan pada 2 Desember 2019.

“Kami berharap Pemerintah terus mendukung ekonomi digital, terutama perkembangan game dari developer lokal. Kita harus terus mendukung developer lokal agar memiliki panggung dan dapat bersaing di skena kompetitif esports mancanegara,” lanjut Giring.

Setelah Kick Off, rangkaian Piala Presiden Esport 2020 akan berlanjut pada tahap kualifikasi regional Asia Tenggara dan Nasional. Untuk kualifikasi Asia Tenggara akan diselenggarakan pada tanggal 19 Oktober mendatang hingga tanggal 22 Oktober.

Kualifikasi Nasional Piala Presiden 2020

Dengan Piala Presiden 2020 dimulai, Untuk kualifikasi Nasional akan dibagi menjadi dua wilayah, yakni pada Indonesia Timur dan Barat, serta Final kualifikasi Indonesia Timur akan diadakan pada tanggal 11-12 Januari 2020 di Surabaya, sedangkan Indonesia Barat pada tanggal 18-19 Januari 2020.

Baca Juga : Zone Esport, Organisasi Esports Indonesia Baru!

Terakhir, babak Grand Final akan mempertemukan dua tim jawara Kualifikasi Nasional dari masing-masing Regional, satu tim undangan IESPL, satu tim pemenang turnamen Garena, serta delapan tim dari Kualifikasi Asia Tenggara. Babak ini akan diselenggarakan pada 1-2 Februari 2020.

Bagaimana Piala Presiden 2020 Dimulai kali ini? Menarik bukan? Siapakah juara yang akan muncul untuk Turnament besar ini ya? seandainya ada seleksi game PC untuk Overwatch, kayaknya Mimin bakal ikut.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Website ini menggunakan Coookie untuk kestabilan akses, Apakah kamu menerimanya? Terima! Detail Tetang Cookie