esportsku
Media Esports Indonesia

5 Strategi Pro CREEP ML dan Lane Mobile Legends, Gold Banyak!

Disini kami akan memberikan guide tips dan strategi terlengkap mengenai laning dan kontrol early game Mobile Legends. Hal ini sangat penting untuk kalian pelajari karena dengan mengontrol lane dan early game maka kalian akan sangat diuntungkan dan bisa meraih keunggulan lebih dulu untuk mengubahnya menjadi kesalahan musuh.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Fase laning yang seringkali terjadi dari early game sampai menjelang akhir mid game akan diisi oleh hero-hero lane yang saling beradu kekuatan untuk mendapatkan farm tertinggi dan juga saling melakukan ganking. Fase laning mobile legends ini seringkali banyak yang beranggapan sangat membosankan. Ketika fase laning padahal hal ini sangat penting karena dapat fatal jika kalian gagal sebagai core. Nah, kali ini ada tips dan strategi pro Creep ML dan Lane Mobile Legends yang akan kami bahas pada agar kaut di fase ini

Banyak sekali hal yang bisa kita pelajari dalam fase laning ini mulai dari yang paling simpel last hit dan farming pada umumnya, sampai melakukan push ke tower lawan. Dalam fase laning ini penting untuk kalian memaksimalkan waktu kalian untuk melakukan farm dan mendorong creep ke tower lawan di waktu yang tepat. Hal ini sebab kalian harus memaksimalkan semua jeda waktu dan juga meningkatkan efisiensi permainan kalian.

Disini kami akan memberikan guide tips dan strategi terlengkap mengenai laning dan kontrol early game Mobile Legends. Hal ini sangat penting untuk kalian pelajari karena dengan mengontrol lane dan early game maka kalian akan sangat diuntungkan dan bisa meraih keunggulan lebih dulu untuk mengubahnya menjadi kesalahan musuh.

FARMING DAN LAST HIT

Jika kalian menonton bagaimana pemain di rank tinggi dibandingkan dengan pemain biasa pastinya kalian akan melihat perbedaan yang sangat jauh. Bahkan walau memainkan hero yang sama mereka bisa mendapatkan farm yang lebih tinggi dan cepat. Hal ini karena pemain yang berpengalaman bisa memanfaatkan waktu dan teknik farming semaksimal mungkin.

Perlu kalian ketahui bahwa banyak sekali sumber gold yang dapat kalian manfaatkan. Tidak hanya dari creep saja yang memberikan gold, tetapi dengan banyaknya sumber gold ini kalian bisa mendapatkan keunggulan tinggi jika kalian bisa mendorong gold dan GPM kalian. Hal yang harus kalian ingat juga bahwa ketika melakukan farming tidak bisa fokus ke satu tempat saja.

Mendapatkan gold dan mengontrol lane dengan satu cara yang paling sering dilakukan adalah dengan melakukan farm di lane. Kalian bisa mengontrol dan farming di lane dengan menyedo exp dan gold pasif dari creep yang mati disekitar kalian. Tetapi hal ini tidak efektif karena ada hal yang perlu kalian perhatikan.

Last hit akan memberikan kalian gold yang lebih tinggi dan juga lebih efektif. Dengan melakukan last hit maka kalian dapat meraih gold lebih tinggi dari lawan lane kalian. Melakukan last hit juga tidak terlalu sulit karena kalian hanya dituntut untuk memiliki pembacaan timing dan damage yang tepat. Last hit di moba seperti Mobile Legends lebih mudah karena tidak ada mekanik deny seperti Dota.

Farm Dan Last Hit Seperti Pro Player Mobile Legends

Dengan melakukan last hit kalian juga bisa mengontrol alur creep. Jika kalian mendorong creep terlalu jauh maka creep akan terlalu aggro dan kalian bisa mudah ter gank. Tetapi jika kalian terlalu pasif maka kalian akan sulit mendapatkan last hit.

Oleh sebab itu last hit dan timing akan menjadi penting ketika farming. Hal ini akan berguna untuk mengontrol equilibrium yang nantinya akan kita jelaskan.

Seringkali hero core di Mobile Legends hanya fokus farming di lane mereka saja dan hal ini sangat salah. Di Mobile Legends kalian memiliki map luas yang dapat dimanfaatkan dan harus kalian tingkatkan efisiensi farming kalian.

Sebagai core, habisi dan last hit semua creep di lane kalian, lalu bersihkan jungle, selain itu lakukan rotasi dan objektif.

Banyak sekali yang bisa dilakukan oleh para farmer karena hal ini memang sangat penting. Tingkatkan efektifitas farming dan juga GPM kalian jika bermain sebagai core farmer.

FAKTOR YANG MEMUDAHKAN LAST HIT

Jika kalian seringkali bermain berganti hero di Mobile Legends pastinya kalian akan merasa jika melakukan last hit akan sangat berbeda tiap heronya. Masing-masing hero memiliki rasa yang berbeda ketika melakukan last hit. Hal ini karena mereka memiliki banyak faktor yang mempengaruhi.

Pertama adalah damage. Semua hero role mobile legends memiliki damage dasar yang berbeda, scaling, dan stat growth yang berbeda. Oleh sebab itu akan terasa beda jika kalian mencoba melakukan last hit yang sempurna. Selain itu role juga berpengaruh seperti damage dan urutan yang berbeda akan mempengaruhi.

Kedua adalah BAT. BAT adalah Base attack time yang dimiliki semua hero. Beberapa hero memiliki BAT yang berbeda ketika menyerang dengan auto attack. BAT sendiri adalah jeda ketika melakukan auto attack secara berurutan, BAT yang rendah akan memberikan ASPD yang tinggi.

Contohnya adalah Terizla, hero ini memiliki BAT yang tinggi dan ASPD yang sangat lambat. Tetapi dirinya memiliki damage auto attack yang tinggi membuatnya sangat baik untuk melakukan last hit.

Ketiga adalah faktor terakhir yang penting untuk selalu diingat dan cukup berpengaruh, yaitu tipe serangan. Dalam Mobile Legends, attack type ini akan sangat berpengaruh karena kalian harus mengingat kombinasi tipe serangan yang ada.

Hero Mudah Last Hit ML

Hero biasanya dibagi dua dari hero melee dan range, selanjutnya dipisah lagi dengan hero physical, magic, atau hybrid. Umumnya hero melee diunggulkan ketika last hit karena mereka tidak memiliki proyektil dan melee lebih nyaman digunakan untuk last hit.

Selanjutnya tipe jenis ketiga serangan yang tidak begitu berpengaruh kepada last hit. Tipe serangan ini lebih berpengaruh kepada harassment.

Contoh hero yang sangat mudah dan diunggulkan ketika melakukan last hit biasanya memiliki berapa faktor. Faktor yang mendukung adalah seperti memiliki damage tinggi, melee atau range yang memiliki animasi serangan dan proyektil cepat, dan BAT yang rendah untuk melakukan rantai last hit.

EQUILIBRIUM DAN KONTROL LANE/MAP

Sebenarnya di Mobile Legends sendiri equilibrium tidak begitu berpengaruh karena mekanisme creep wave yang selalu statik akan membuat creep konsisten bertemu di satu titik, tetapi equilibrium bisa kalian manfaatkan ketika melakukan push dan lane kontrol.

Jika kalian bermain Mobile Legends pastinya kalian sering menemukan creep wave yang agak aneh. Creep kalian biasanya tertumpuk dan creep balista kalian menjadi stack bahkan lebih dari 3. Hal ini bisa menyebabkan push kalian jadi sekejap. Nah disini creep equilbrium bisa kalian manfaatkan untuk melakukan grouping walau di moba lain akan referens kepada farming lane.

Kalian bisa membersihkan creep lawan di lane dengan sangat cepat lalu langsung melakukan rotasi ke lain dan lakukan hal yang sama. Hal ini akan menyebabkan kalian mendapatkan farm yang sangat efektif dan cepat juga mendorong dua lane sekaligus.

Musuh yang tidak bisa mengejar akan kerepotan dan akhirnya terpaksa meminta bantuan teamnya. Dengan memecah formasi mereka kalian bisa memanfaatkan jeda waktu ini untuk melakukan objektif seperti push, farming, atau turtle/lord.

PUSHING TOWER DAN PEGANG KENDALI MAP

Pastinya semua orang sudah tahu jika untuk mendapatkan kemenangan kalian harus melakukan push dan mendorong creep kalian ke arah base lawan untuk menghancurkan base mereka. Hal ini secara teori memang mudah tetapi cukup sulit dilakukan dengan efektif.

Dengan melakukan push dan mendorong creep kalian melewati tengah map maka dapat dikatakan kalian sudah memegang kendali lebih dari 50% map Mobile Legends. Hal ini bisa kalian manfaatkan seperti dengan mengontrol jungle lawan atau melakukan turtle/lord dengan aman. Umumnya jika lawan masih bermain aggro walau kalah kontrol, kalian bisa melakukan gank dengan efektif. Tetapi jika lawan bermain terlalu pasif maka kalian bisa fokus ke objektif lainnya seperti fokus ke Lord.

Untuk melakukan push dengan sangat cepat kalian harus menghitung dua faktor penting yaituu creep dan tower. Membersihkan creep tidak masalah karena sebagian besar hero di Mobile Legends bisa membersihkan creep bahkan sebagai support. Tetapi proses waktu yang akan menjadi kunci utama. Semakin cepat kalian membersihkan creep di lane maka akan semakin efektif kalian melakukan tugas kalian.

Selain creep ada juga tower yang akan menjadi fatkor utama. Tower di Mobile Legends memiliki backdoor protection yang sangat penting. Tower yang belum dimasuki creep lane maka akan menerima armor dan damage reduction yang sangat tinggi untul melindungi diri mereka dari burst. Hal ini membuat kalian harus mendorong creep dengan efisien dan menghancurkan tower sebelum creep di habisi. Oleh sebab itu umumnya pusher yang baik adalah seorang marksman dan assassin.

GOLD/EXP PASIF, JANGAN MENJADI BENALU DAN BEBAN

Di Mobile Legends kalian bisa mendapatkan gold dan exp jika kalian hanya berdiri di dekat creep lawan yang mati. Hal ini memang tidak setinggi last hit tetapi setidaknya sedikit membantu. Masalahnya gold/exp pasif ini disedot oleh semua hero yang berada didekatnya jika mereka satu team. Dengan ini hasil gold dan exp akan dibagi merata jika tidak menggunakan item support. Jika kalian bermain sebagai marksman bersama hero yang tidak menggunakan item support di lane kalian akan jatuh miskin dan tidak akan memiliki GPM/XPM yang tinggi.

Jika kalian bermain sebagai core dan ada anggota team yang tidak mau mengalah lebih baik kalian yang mengalah dan pindah karena lebih baik bermain di offlane solo. Artinya kalian sebagai marksman daripada bermain di safelane atau mid tetapi kalian akan miskin karena hasil gold dan exp pasif disedot oleh anggota team lainnya.

Oleh sebab itu team yang baik biasanya aktif saling melakukan rotasi agar mereka bisa meraih gold dan exp yang tinggi dan tidak saling membebani satu sama lain. Selain itu rotasi bisa dilakukan untuk menjaga posisi dan kondisi tower juga kontrol lane yang tidak terurus.

Itulah tips dan guide terlengkap mengontrol lane dan creep control di Mobile Legends. Jika kalian bermain Mobile Legends tanpa mengetahui dasar-dasar map control maka kalian akan  sangat dirugikan disini. Bermain tanpa kontrol map dan kalah di lane akan membuat kalian tertinggal sangat jauh dan juga bahkan akan kalah di late game nantinya karena tertinggal sumber daya dan sulit melakukan tempo swing.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

Website ini menggunakan Coookie untuk kestabilan akses, Apakah kamu menerimanya? Terima! Detail Tetang Cookie

error: Content is protected !!