Tips Cek Kesehatan Hardisk denTool Pihak Ketiga

Share This Post

Perangkat teknologi hadir untuk memberikan kemudahan. Hanya saja tidak semua memberikan keuntungan. Ada beberapa ketika sudah digunakan beberapa waktu kemudian perlahan muncul masalah yang kadang tidak bisa diperbaiki kembali.

Sebagaimana sebagai sebuah perangkat yang digunakan setiap hari, ada masanya perangkat tersebut mengalami masalah yang cukup serius. Contohnya mesin cuci digunakan lama, bisa berpotensi rusak. Kemudian untuk PC atau laptop, hardisk dalam perangkat PC atau laptop yang kalian gunakan juga bisa mengalami masalah.

Hardisk sendiri merupakan salah satu komponen penting dari sebuah PC atau laptop yang mempunyai fungsi untuk tempat penyimpanan data.

Pastinya kalian ingin menjaga data dalam hardisk tersebut bukan? Meski kalian tahu suatu saat hardisk tersebut akan mati juga.

Kemudian, ketika  perangkat keras HDD hampir mati, umumnya kalian akan melihat tanda-tanda contohnya suara aneh, file rusak, crash saat boot, dan kecepatan transfer yang jadi lemot.

Tidak jarang, ini terjadi karena hardisk memperoleh trauma fisik atau sudah berumur karena terlalu lama digunakan.

Sebab itu, sesekali kalian bisa cek kesehatan hardisk, sehingga dapat bersiap menerima kemungkinan terburuk.

Tapi kalian tenang saja, karena akan dibagikan tips untuk kalian agar dapat memeriksa kesehatan hardisk pada PC atau laptop.

Caranya dengan metode bawaan di Windows sampai alat diagnostik pabrikan HDD yang kalian gunakan. Dan juga aplikasi pihak ketiga.

Khusus untuk artikel ini, akan digunakan tool atau software bantuan dari pihak apliasi ketiga agar lebih mudah mengecek kesehatan hardisk kalian.

Tool ini memakai fitur SMART, sebagaimana halnya WMIC. Tetapi, tool ini akan memberikan detail yang lebih lengkap, tidak hanya memperlihatkan status baik atau buruk.

Di sini, software yang akan direkomendasikan sangat sederhana tapi kuat, yaitu CrystalDiskInfo.

CrystalDiskInfo dapat kalian gunakan secara gratis dan semua informasi yang kalian perlukan, misalnya suhu, status, kesehatan, jenis dan fitur hardisk, dan masih banyak yang lainnya.

Untuk pemakaiannya sendiri bisa dikatakan mudah. Sesudah terinstal, yang perlu kalian lakukan hanyalah meluncurkan program. Selanjutnya, kalian akan melihat semua informasi tentang hardisk di halaman utama.

Yang menarik, tool ini juga akan memeriksa kesehatan hardisk sesudah setiap 10 menit (secara default) dan akan memberitahukan apabila ada suatu kesalahan.

Di samping itu, ada juga tool pemeriksaan kesehatan hardisk pihak ketiga lainnya misalnya Hard Disk Sentinel dan HDDScan.

Itu tadi artikel mengenai tips yang bisa kalian lakukan untuk cek kesehatan hardisk di perangkat PC atau laptop kalian.

Semoga informasi di atas bisa memberikan ilmu baru, pengetahuan dan manfaat yang banyak untuk kalian semua.

Apabila kalian ada pertanyaan mengenai tips mengecek kesehatan hardisk atau kalian ingin menambahkan tips lain, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah artikel ini.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi.  Ada banyak tips tersaji, yang bisa menjadi solusi masalah teknis yang kalian alami saat ini dalam kehidupan sehari-hari.

Ada juga review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua. Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya. Selamat mencoba cara tadi, Gaes. Semoga bermanfaat dan salam teknologi

Related Posts