10 Aplikasi Text Editor Laptop PC

Share This Post

Aplikasi text editor laptop PC ini sebenarnya cukup banyak dibutuhkan. Dan seperti yang kalian tahu, dalam kegiatan coding ini, text editor memang menjadi salah satu faktor yang sangat penting bagi para programmer agar cepat menyelesaikan projectnya.

Oleh karena itu, sebuah aplikasi Text Editor laptop pc ini juga sangat berpengaruh bagi para programmer dalam membuat sebuah program. Terdapat banyak sekali Text Editor untuk laptop dan komputer , mulai dari yang berbayar dan juga gratis.

Aplikasi text editor laptop PC ini sebenarnya sangat berfungsi dan juga banyak digunakan oleh para pengguna yang ingin belajar menjadi programmer untuk membuat program.

Jadi bagaimana aplikasi text editor laptop PC ini? Berikut ulasannya!

10 Aplikasi Text Editor laptop PC

Aplikasi Text Editor laptop PC

Aplikasi Text Editor di Komputer & Laptop

Di dalam sebuah aplikasi Text Editor, biasanya terdapat berbagai fitur-fitur umum seperti search, Replace Syntax, Code folding, line number, snippet, Syntax highlighting dan masih banyak lagi lainnya.

1. Sublime Text

Aplikasi text editor laptop PC yang pertama yaitu sublime text. Aplikasi coding di PC laptop paling ringan yang pertama yaitu Sublime Text. Tampilan pada text editor ini sangat dinamis dan memiliki banyak fitur.

Hal ini membuat sublime text menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan. Software ini juga dapat di instal di berbagai platform yang berbeda, seperti Linux Windows dan Mac Os.

Text editor ini juga dapat kalian gunakan secara gratis, tapi untuk mengakses full fitur nya maka harus membeli lisensi. Kalian dapat mengunduh aplikasi ini di situs resminya atau lewat link berikut.

2. Notepad++

Aplikasi text editor laptop PC selanjutnya yaitu Notepad++. Mungkin kalian memang sudah tidak asing lagi dengan text editor yang satu ini. Aplikasi text editor pertama yang kalian gunakan dalam menunjang kegiatan coding.

Walaupun namanya hampir sama dengan notepad tapi fitur ditawarkan text editor notepad ++ ini sangat lengkap. Selain itu, aplikasi ini juga sangat ringan, itulah mengapa text editor ini populer di kalangan para programmer.

Aplikasi ini juga dibagikan secara gratis di situs web resminya yaitu Notepad++. Tapi sayangnya aplikasi ini hanya disediakan untuk sistem operasi Windows saja.

3. Atom

Aplikasi text editor laptop PC selanjutnya dinamakan Atom. Aplikasi ini terkenal di kalangan programmer karena aplikasi yang satu ini memiliki beberapa fitur menarik dibandingkan dengan aplikasi text editor yang lain.

Fitur andalahnnya yaitu fuzzy finder for quickly opening files, fast project-wide search dan replace dan masih banyak lagi lainnya. Aplikasi ini juga support di berbagai platform berbeda seperti windows, Mac OS dan linux.

Tampilan pada aplikasi text editor ini juga sangat dinamis, kalian dapat mengunduh text editor ini di website resminya atau bisa juga lewat link berikut ini.

4. UltraEdit

Aplikasi text editor laptop PC selanjutnya yaitu UltraEdit. Aplikasi text editor laptop pc ini support untuk sistem operasi Windows, Mac dan Linux.

Fitur unggulan dari aplikasi ini adalah mulitiline find and replace, large file handling, syntax highlighting, unicode support, disk based text editing dan masih banyak lagi lainnya.

Kalian dapat mengunduh text editor satu ini di situs resminya.

5. Komodo Edit

Aplikasi text editor laptop PC selanjutnya yaitu Komodo Edit. Pada text editor ini, kalian dapat memilih tema untuk tampilan interfacenya. Dan memang sudah support terhadap sistem operasi Windows, Mac Os dan Linux.

Selain itu Komodo Edit juga mendukung berbagai macam bahasa pemrograman seperti pyton, ruby, perl sql, css, php dan masih banyak lagi lainnya.

6. BlueFish

BlueFish merupakan salah satu aplikasi teks editor yang bisa digunkan di Windows, Linux, dan Mac OS. Meskipun begitu, aplikasi ini lebih optimal jika digunakan di sistem operasi Linux.

BlueFish ini sangat ringan, meski ringan aplikasi ini walaupun kalian pakai untuk menangani file dengan ukuran yang cukup besar namun secara berkala sehingga kecepatan pemrosesannya tetap stabil.

Kalian pun dapat menggunakan berbagai fitur yang ada di aplikasi ini seperti pencarian, penambahan tabel, format baris kode, dan sebagainya. Ada juga fitur snippet yang bisa menambah produktivitas kita.

Baca juga : 6 Cara Cek Nomor HP Sendiri

7. Vim

Vim merupakan salah satu aplikasi text editor laptop PC selanjutnya yang sudah ada sejak lama dan menjadi salah satu teks editor terbaik hingga saat ini. Jika kalian pengguna Linux tentu sudah tidak asing dengan aplikasi ini.

Karena Vim merupakan salah satu aplikasi text editor bawaan dari Linux yang digunakan untuk mengedit dan membuka baris kode dalam file. Tampilan dari aplikasi Vim ini sangat sederhana.

Tetapi, untuk masalah kecepatan, Vim tidak perlu dipertanyakan lagi. Vim menjadi salah satu text editor terbaik dan sangat ringan digunakan.

Baca juga : 10 Manfaat Website untuk Bisnis

8. Emacs

Aplikasi text editor yang selanjutnya yaitu Emacs, Aplikasi text editor laptop PC  yang sangat populer bagi pengguna Linux. Aplikasi ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1976 oleh GNU Project.

Aplikasi text editor laptop PC ini ditulis menggunakan Lips dan bahasa C. Tetapi, emacs memiliki fitur yang ukup banyak seperti tampilan berita, email, dan debugger.

Dan yang membuat aplikasi ini adalah terdapat file manager yang bisa kamu pakai untuk bermain tetris. Selain itu Vim juga sudah mendukung bzr, git, hg, subversion, dan sebagainya.

Baca juga : Cara Menggandakan Aplikasi Android

9. Geany

Aplikasi text editor laptop PC selanjutnya yaitu Geany. Aplikasi ini merupakan text editor alternatif yaitu Linux. Dan Geany adalah sebuah aplikasi text editor yang sangat ringan sama seperti Notepad++.

Karena aplikasi ini hanya membutuhkan GTK+ untuk menjalankannya. Namun meski aplikasinya ringan, ada banyak fitur yang bisa kalian pakai.

Contohnya yaitu code folding, syntax highlighting, autocompletion programming, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini juga sudah mendukung bahasa C, Java, HTML, PHP, Python, dan lain sebagainya.

Baca juga : 2 Cara Mengatur Jarak Baris Word

10. Brackets

Untuk kalian yang merupakan seorang desainer web tentu sudah tahu tentang Brackets. Brackets ini merupakan text editor terbaik khusus untuk mendesain web.

Kelebihan aplikasi ini yaitu tampilannya yang modern dan terlihat bersih. Brackets ini juga mendukung sistem operasi Windows, Linux, dan Mac OS.

Fitur menarik yang ada di aplikasi ini adalah highlighting, keyboards shortcut, dan mode non-distraction. Selain itu, di aplikasi ini juga memiliki split screen untuk mengedit beberapa dokumen sekaligus.

Baca juga : 2 Cara Download Reels Instagram

Itu tadi informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Aplikasi text editor laptop PC. Semoga informasi yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi kalian para pembaca.

Terima kasih sudah berkunjung!

Related Posts