Cara Memilih Program Investasi Online Terpercaya

 

Uang adalah barang yang banyak dicari. Banyak orang yang rela lembur untuk bisa mendapatkan uang lebih banyak.

Untuk kalian yang sudah berpenghasilan dan ingin membuat uang kalian jadi makin banyak, maka salah satu cara yang paling efektif yaitu menginvestasikan uang kalian.

Jenis investasi pun amat banyak. Setiap jenis investasi punya potensi keuntungan yang tidak sama.

Belakangan ini ada istilah   investasi online yang menarik minat orang sebab peluang profitnya dan juga mudahnya proses transaksi sebab bisa dilakukan secara onlie baik lewat website atau aplikasi.

Cara yang disediakan oleh lembaga penyedia investasi secara online biasa disebut sebagai istilah crowdfunding. Istilah ini dibuat sebab merujuk pada uang yang dikumpulkan dari banyak orang (crowd) untuk memberikan dana pada suatu keperluan (funding).

Umumnya website atau situs dari crowdfunding menawarkan dana untuk orang-orang politik mengadakan kampanyenya, mendanai pembuatan film, juga untuk mengembangkan UKM, sampai untuk kepentingan riset pendidikan.

Pastinya ada imbalan yang diberi untuk mereka yang menjadi investor atau yang mendanai keperluan peminjam.

Misalnya, mungkin investor akan bisa menukarkan uangnya dengan kepemilikan saham perusahaan tersebut atau memperoleh bunga dari hasil pinjaman uangnya pada peminjam.

Lalu bagaimanakah tips memilih investasi online yang terpercaya?

Untuk sebagian orang mungkin masih awam dengan investasi online, tapi untuk yang akrab dengan smartphone, maka kalian dapat mencoba investasi berbasis online ini.

Meski dalam pengoperasiannya cukup sulit, kalian harus tetap berhati-hati sebab faktanya masih banyak aktor-aktor investor nakal yang menawarkan investasi yang kosong mlompong.

Lalu bagaimana cara memilih yang aman dan terpercaya? Berikut detailnya.

Kadar keuntungan (profit) yang wajar

Hal pertama yang harus dipastikan untuk memilih tempat investasi yang punya tingkat keamanan yang tinggi yaitu tawaran kadar keuntungan yang relatif wajar atau normal.

Jika kalian menemukan sebuah situs investasi yang iklan imbalan yang amat tinggi dalam tempo waktu yang relatif singkat, kalian harus berhati-hati dan menelusuri kebenarannya lagi.

Keuntungan wajar yang diperoleh dari sejumlah produk investasi umum sebagaimana halnya surat hutang, saham, serta reksadana umumnya mencapai 10-20% per tahunnya. Dimana ini artinya jika ditarik rata-ratanya sekitar di bawah 2% setiap bulannya.

Kenyataannya, banyak lembaga pada website yang bodong, menawarkan keuntungan tinggi dengan durasi waktu relatif singkat.

Sebutlah 5% setiap bulannya atau ini artinya 60% setiap tahunnya. Telah jelas jika angka tersebut tidak wajar. Sebagaimana halnya dengan memelihara sebuah tanaman, investasi butuh waktu dan juga proses untuk menumbuhkan buahnya.

Aspek legalitas

Sebelum memilih lembaga atau tempat investasi online, pastikan dulu aoa perusahaan yang diilih sudah jelas legalitas yang baik dari aspek lembaga ataupun jenis produk yang disediakan.

Lembaga yang legal biasanya punya badan hukum dan juga terdaftar secara resmi pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Ini diterapkan pada jenis produk investasi  yang ditawarkan oleh lembaga tersebut. Biasanya, keterangan bahwa OJK sudah menyetujui secara resmi akan dicantumkan pada website/situs resmi penyedia jasa investasi online tersebut.

 

Untuk lebih meyakinkan, kalian bisa langsung mendatangi kantor OJK untuk veriffikasi.

Nah, jika kalian menemukan tanda sebuah lembaga investasi yang bodong, kalian bisa melaporkan hal tersebut kepada OJK lalu OJK akan melakukan verifikasi pada lembaga tersebut dan segera melakukan pembekuan lembaga yang nyatanya berdiri secara ilegal.

Dengan demikian kalian pun ikut dalam pencegahan semakin banyaknya korban penipuan investasi online.

Untuk kalian yang tertarik akan Fintech, kalian bisa periksa pada website resmi OJK untuk memeriksa perusahaan apa sajakah yang sudah terdaftar secara resmi dan diawasi oleh OJK.

Paham produk dan skema investasi

Biasanya calon pelanggan akan memperoleh rincian penjelasan sehubungan produk yang ditawarkan. Penjelasan yang diberikan juga tidak terkesan mengambang dan sifatnya jelas.

Dari besaran dana investasi, besar imbalan yang akan diperoleh, sampai aliran dana tersebut.

Kalian harus memperhatikan juga skema investasi yang ditawarkan lembaga investasi online tersebut. Biasanya, investasi online ilegal memakai skema ponzi. Dan faktanya, dinegara ini ada banyak korban akibat skema Ponzi ini.

Walau tidak ada penjelasan gamblang sehubungan skema Ponzi ini, tetapi ada ciri yang telah biasa yang bisa kalian lihat dan identifikasi kembali.

Salah satu cirinya yaitu keuntungan kalian diperoleh dari uang investor sendiri atau sederhananya kalian akan baru memperoleh keuntungan jika sukses mengajak investor baru.

Perusahaan yang seperti ini memberi kewajiban kepada tiap investor untuk menarik investor baru. Alasanmya, ini disebutkan sebagai jalan untuk membagun perusahaan bersama-sama.

Supaya menarik, mereka akan memberikan bonus berupa uang tunai jika kalian sukses menarik investor baru dan menerima bonus semakin banyak jika kalian mencapai target tertentu.

Punya struktur organisasi yang jelas

Lembaga investasi yang terpercaya punya struktur keorganisasian dan juga kepemilikan yang jelas. Akan semakin bagus jika ternyata orang orang yang menempati struktur tersebut yaitu orang yang berlatar belakang investasi yang mumpuni.

Kalian harus memeriksa rekam jejak lembaga tersebut di Internet. Biasanya jika informasi dan juga ulasannya bagus akan tampil maka artinya lembaga tersebut memanglah bereputasi baik.

Disebabkan investasi ini berbasis online, maka perusahaan bisa melampirkan informasi tersebut di website resmi mereka.

Di samping itu, keterangan mengenau alamat perusahaan secara fisik haruslah tercantum juga. Untuk memastikan kebenaran perusahaan itu, kalian bisa melakukan verifikasi atau survei ke tempatnya sebelum akhirnya memutuskan menginvestasikan uang diperusahaan tersebut.

Nah, siap berinvestasi, Gaes?

Comments are closed.