Spek Terbaik Mana antara Poco M3 vs POCO X3 NFC?

Share This Post

Membuat sebuah perbandingan antara satu perangkat dengan perangkat lain diperlukan apabila kalian berencana meminang salah satu perangkat setelah melihat spesifikasi dan fitur yang ada di perangkat tersebut.

Karena itulah, kali ini akan dibagikan perbandingan spek Poco M3 dan Poco X3 NFC untuk memperoleh smartphone dengan fitur dan harga terbaik. 

Poco menjadi produsen smartphone yang ada di bawah naungan Xiaomi. Sekarang ini, sudah hadir versi terbaru dari perangkat ini yaitu Poco M3. Ia akan bertanding dengan POCO X3 NFC.

Langsung cek kuy!

Desain dan Layar Poco M3 vs POCO X3 NFC

Dari segi desain, Poco M3 mempunyai tampilan berbeda kalau dibandingkan dengan Poco X3 NFC. Desain notch kamera Poco X3 dibuat dengan punch hole, sementara Poco M3 memakai desain standar dengan waterdrop notch.

Untuk tampilan layar, baik Poco M3 dan Poco X3 NFC sama-sama punya luas layar 6 inch. Poco X3 NFC dengan layar lebih luas yaitu 6,67 inch, sementara Poco M3 layarnya 6,53. 

Poco M3 dan Poco X3 NFC memakai tipe IPS LCD. Perbedaan juga terlihat di modul kamera.

Poco X3 NFC desainnya bulat dengan kamera disusun horizontal. Di sisi lain Poco M3 didesain unik dengan modul kamera persegi panjang tapi ekstensinya melebar sampai ke kanan. 

Di bagian ini juga ada logo Poco yang bisa terlihat dengan jelas. Lalu sensor sidik jari ada di dekat tombol power untuk memberikan kesan yang intuitif.

Performa Poco M3 vs POCO X3 NFC

Pada segi performanya, Poco X3 punya spesifikasi yang lebih unggul daripada Poco M3. 

Poco X3 ditenagai prosesor Qualcomm terbaru Snapdragon 732G. Pemakaian prosesor tersebut di Poco X3 juga diklaim sebagai yang pertama di tanah air.

Penyimpanan Poco X3 juga lebih besar dengan RAM 6 GB dan 8 GB. Sementara RAM M3 hanya 4 GB dan 6 GB. 

Dua perangkat ini punya kapasitas penyimpanan Poco X3 dan Poco M3 64 GB dan 128 GB.

Kamera dan Fitur Lainnya Poco M3 vs POCO X3 NFC

Xiaomi Poco X3 unggul karena punya total lima kamera. Empat kamera belakang terdiri dari, kamera utama 64 MP dengan sensor Sony IMX682, kamera 2 MP untuk makro dengan jarak fokus minimal sampai 4 cm, kamera 13 MP untuk ultrawide dengan FoV 119 derajat, dan 2 MP sebagai depth sensor.

Kamera berresolusi 20 MP bsia dipakai berswafoto. Kamera ini juga dilengkapi teknologi 4-in-1 super pixel. 

Di sisi lain Poco M3 hanya dibekali tiga kamera belakang. Kamera utamanya berresolusi 48 MP dengan focal length setara 26 mm dan diaframa f/1.79.

Kamera kedua untuk ultrawide berresolusi 2 MP dan cocok untuk depth sensor. Lalu kamera ketiga berresolusi 2 MP yang dipakai untuk foto makro. 

Bila akan berswafoto, maka bisa memakai kamera depan yang berresolusi 8 MP. Kamera ini dibalut dengan desain waterdrop notch di layar.

Fitur dan Sensor Poco M3 vs POCO X3 NFC

Dari segi fiturnya, kalau kalian sering memakai transaksi nirkabel, kalian akan cocok memakai Poco X3 sebab sudah dilengkapi dengan NFC. Sementara untuk Poco M3 belum ada fitur NFC.

Baterai Poco M3 vs POCO X3 NFC

Poco M3 dibekali baterai dengan kapasitas 6.000 mAh dengan kemampuan fast charging 18W. Sementara Poco X3, baterai yang dipakai punya kapasitas 5.160 mAh dengan fast charge 33 W.

Dengan demikian, Poco M3 unggul dalam baterai, tapi lemah dalam fast charge.

Harga Poco M3 vs POCO X3 NFC

Harga Poco X3 kapsitas 64GB dan RAM 6GB dibanderol Rp3.199.000. Sementara kapasitas 128GB dan RAM 8GB dibanderol Rp3.599.000. 

Untuk Poco M3 harga dimulai dari Rp1.899.000 untuk kapasitas 4GB dan RAM 64GB dan untuk versi 6GB dan RAM 128 GB dimulai dengan harga Rp2.299.000.

Gaes, apabila kalian ingin tampil beda, maka kalian bisa memilih Poco M3 sebab punya desain yang belum pernah diadopsi oleh brand manapun. 

Tapi kalai kalian suka berswafoto, akan lebih baik memakai X3 sebab mempunyai fitur ultrawide. Hanya saja, kapasitas baterai X3 tidak lebih besar dari M3.

Terimakasih Sudah Membaca di Esportsku

Related Posts