Terbaik Mana Realme C11 vs realme C12 vs realme C15?

Kemarin, serie C Realme sukses di apsar Asia karena perangkatnya membawa nilai  yang sangat tinggi dan harga yang sangat terjangkau dibanding spesifikasinya.

Perusahaan China ini sudah merilis tiga perangkat baru dari jajaran C di periode terakhir, Realme C11 , C12 , dan C15. 

Ketiga perangkat ini hadir dengan spesifikasi yang mirip dan estetika yang sejneis, membuat banyak orang bingung harus memilih yang mana.

Perbandingan kali ini akan melihat secara spesifik semua perbedaan utama dari ketiganya. Termasuk memilih mana yang terbaik.

Desain Realme C11 vs realme C12 vs realme C15

Dalam hal desain ketga seri Realme, C11, C12, dan C15 hampir identik. Semuanya datang dengan bodi polikarbonat, modul kamera persegi, dan layar tanpa bingkai dengan notch tetesan air. 

Ini tenu desain yang unik untuk level pemula, walau terbuat dari polikarbonat. 

Dan walaupun paling terjangkau, Realme C11 tampak lebih menarik sebab varian warnanya sedikit lebih orisinal serta lebih tipis dan ringan. 

Ini perangkat yang lebih kompak sebab punya baterai yang lebih kecil dari saudara kandungnya yang lebih mahal. Semakin besar baterainya, maka makin banyak ruang yang diperlukan untuk menyimpannya di dalam smartphone.

Layar Realme C11 vs realme C12 vs realme C15

Tampilan layar ketiganya pun sama. Memakai panel 6,5 inci di bawah rata-rata berresolusi HD+ dan diagonal 6,5 inci. 

Tampilan ini di bawah rata-rata sebab resolusi dan kualitasnya secara keseluruhan, tetapi di pasar sebenarnya, kalian tidak bisa menemukan tampilan yang lebih baik di segmen level awal, kecuali kalian pindah ke harga di atas Rp 2,5 jutaan. 

Spesifikasi dan Perangkat Lunak

Pada segi ini, tidak ada perbedaan. Realme C11, C12, dan C15 memakai chipset SoC Helio G35 yang sama dari MediaTek. 

Ini chipset level pemula paling kuat di pasar, sehingga kinerja CPU dan GPUnya sangat baik. Chipset ini bahkan masih nyaman untuk main game, karena teknologi HyperEngine. 

Satu-satunya hal yang berbeda di perangkat keras perangkat ini yaitu konfigurasi memori. 

Realme C11, hanya memperoleh RAM 2GB dan penyimpanan internal 32GB, sementara Realme C12 bisa memperoleh RAM 3GB yang tentunya lebih baik tidak hanya untuk pengguna tingkat lanjut tetapi juga untuk pemakaian sehari-hari. 

Semenatra Realme C15 hadir dengan RAM sampai 4GB dan RAM sampai 64GB dan ini mewakili opsi terbaik untuk pengguna yang kuat. 

Kalian juga bisa memperoleh slot khusus micro SD, slot SIM ganda, dan Android 10 di luar kotak yang disesuaikan oleh Realme UI.

Kamera Realme C11 vs realme C12 vs realme C15

Pengaturan kamera tergantung dari modelnya. Hanya saja untuk yang lebih mahal mempunyai jumlah sensor yang lebih banyak. Memang kamera utamanya selalu bersensor 13 MP f/2.2. 

Untuk Realme C11, kalian hanya memperoleh satu sensor kedalaman tambahan. Untuk Realme C12, ada dua sensor tambahan, termasuk sensor kedalaman 2MP yang ada di Realme C11 dan kamera monokromatik 2MP. 

Sementara Realme C15 memperoleh semua sensor ini ditambah kamera ultrawide 8 MP. Di samping itu, mempunyai kamera depan 8 MP yang lebih baik dari realme C11 dan C12. 

Kalau kalian peduli dengan bidikan ultrawide dan selfie, maka realme pilih Realme C15.

Baterai Realme C11 vs realme C12 vs realme C15

Berkat baterainya yang besar, perangkat ini bisa bertahan dengan waktu yang lama dengan sekali pengisian daya. 

Disini Realme C12 dan C15 lebih unggul dari Realme C11 sebab baterai 6000 mAh yang lebih besar (bukan 5000 mAh). 

C15 juga datang dengan fast charging 18W, yang tidak ada pada C11 dan C12.

Harga Realme C11 vs realme C12 vs realme C15

Harga ketiga kamera ini berkisar antara 1 sampai 2 jutaan.

Secara keseluruhan, Realme C15 yang terbaik, tetapi dengan Realme C12 kalian bisa menghemat uang dengan sejumlah kompromi terbatas, melepaskan dua sensor kamera, pengisian cepat, dan konfigurasi memori kelas atas. 

Jadi, menurut kalian mana yang terbaik?

Comments are closed.