Tips Memeriksa Link di Media Sosial Aman atau Tidak

Share This Post

Pernahkah kalian mendaoatkan tautan link dari seorang teman baik lewat sosial media? Mulai sekarang kalian harus memeriksa link tersebut sebelum membukanya ya, Gaes.

Untuk dapat memerika link yang tersebar di media sosial aman atau tidak sekarang ini kalian memang harus tahu. Sebab, link atau tautan banyak beredar di media sosial Twitter, Facebook, dan media sosial lainnya.

Umumnya, dengan meng-klik tautan tersebut, kalian akan langsung diarahkan ke sumber lain, misalnya situs, aplikasi, video streaming, download, dan lainnya.

Tautan bermanfaat sebagai sumber yang mengarah ke halaman lain maupun website lain. Tautan bisa dibilang sebagai penghubung yang menyambungkan suatu elemen yang ada.

Tujuan warganet atau pengguna menyebarkan sebuah tautan bisa berbeda-beda. Ada yang memang sedang mempromosikan konten video yang dibuatnya, jualannya di marketplace, menyebarkan berita penting, atau hal lainnya. 

Karenanya, sebuah tautan memang dapat membantu pengguna untuk secara cepat diarahkan ke sumber lain.

Lalu bagaimana cara memeriksa apakah tautan link tersebut aman atau tidak?

Kalian bisa menggunakan link scanner, Gaes.

Link scanner atau pemindai tautan umumnya berbentuk situs atau plug-in. Lewat pemindai tautan itu, kalian dapat memasukkan sebuah URL mencurigakan untuk memeriksa keamanannya.

Satu di antara pemindai tautan gratis yang bisa diandalkan yaitu URLVoid. Kalian bisa mengaksesnya di urlvoid.com.

Atau, kalian dapat juga mengakses laman Sucuri di sitecheck.sucuri.net. Situs pemindai tautan itu juga bisa kalian pakai secara gratis untuk mengecek keamanan sebuah URL. Apakah URL itu mengandung malware atau tidak, akan ketahuan nantinya.

Cara mengoperasikan URLVoid atau sitecheck.sucuri.net ini cukup mudah. Kalian hanya perlu memasukkan tautannya di kolom tersedia, kemudian tap “scan website”.

Perluas tautan singkat

Beberapa tautan yang dibagikan di media sosial tidak jarang sudah diperpendek. Beberapa layanan untuk memperpendek URL contohnya yaitu bitly, Ow.ly, dan TinyURL. 

Karena itu, contohnya, apabila kalian melihat ada tautan dengan awalan bit.ly, berarti itu sudah diperpendek, tidak menunjukkan tautan sebenarnya.

Karena sudah diperpendek, kalian tidak dapat melihat secara jelas URL itu asalnya dari mana. Sebab itu, kalian harus memperpanjang tautan itu supaya menjadi lebih jelas.

Satu cara untuk memperpanjang sebuah tautan yaitu dengan memasukkannya ke situs khusus, contohnya di unshorten.it.

Unshorten.it sebagai aplikasi web hebat yang akan memperluas tautan yang dipersingkat. Di samping itu, web tersebut juga akan mencoba memprediksi keamanannya.

Cara memakainya mudah, kalian hanya perlu menyalin dan tempel tautan yang dipersingkat ke dalam bilah teks di bagian atas dan tap “Unshorten.It!”. 

Web itu membutuhkan waktu beberapa saat untuk memeriksanya dan menjaga komputer kalian bebas dari pengaruh berbahaya. 

Ketika selesai, kalian akan memperoleh judul, URL lengkap, cuplikan, dan tangkapan layar.

Itu tadi artikel mengenai tips memerika link di media sosial aman atau tidak.

Patinya, langkah pencegahan paling efektif yaitu dengan cara tidak sembarangan meng-klik sebuah link.

Semoga informasi di atas bisa menambah ilmu dan pengetahuan, serta manfaat yang banyak untuk kalian semua.

Jika ada pertanyaan atau ingin menambahkan tips lain, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah ini.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi. Ada banyak tips tersaji, yang bisa menjadi solusi masalah teknis yang kalian alami saat ini. 

Ada juga review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua. Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya. Selamat mencoba cara tadi. Semoga bermanfaat dan salam teknologi!

Terimakasih Sudah Membaca di Esportsku

Related Posts