Tips Menghilangkan Iklan di Google Chrome pada Laptop

Iklan memang membuat tidak nyaman, apalagi jika muncul saat sedang khusyuk membaca artikel yang dibutuhkan. Karena itu, kalian harus mengetahui beberapa cara untuk menghilangkan iklan tersebut dari laptop sebagai solusinya.

Apa yang membuat iklan-iklan pop up tersebut terus keluar?

Tampilnya iklan di laptop ini bisa disebabkan adanya virus yang berjalan di sistem atau aplikasi yang berjalan tanpa diketahui.

Biasanya, iklan akan tampil di menu Start, Cortana, Action Center, atau Windows Explorer.

Bagaimana cara menghilangkannya?

Menghilangkan Iklan di Chrome yang Tampil Tiba-tiba

Apabila di laptop kalian mulai banyak iklan yang keluar, kalian bisa menghilangkannya dengan cara tap Start Menu dan buka Control Panel. Kemudian klik Uninstall a Program.

Jika sudah, cari aplikasi yang kira-kira menjadi penyebabnya dan ingin kalian uninstall. Apabila sudah menemukan, klik kanan di ikon aplikasi tersebut, lalu tap Uninstall. Tunggu sampai proses uninstall aplikasi selesai.

Sesudah proses uninstall selesai, jangan lupa restart laptop. Yang harus kalian perhatikan yaitu ketika mencari aplikasi yang sekiranya menjadi penyebab tampilnya iklan pada laptop, usahakan pilih aplikasi dengan nama yang kurang familiar.

Kalian pun dapat memilih aplikasi yang sekiranya tidak pernah kalian install. Dapat juga klik aplikasi dengan nama acak atau tanpa adanya icon.

Menghilangkan Iklan yang Tiba-tiba Muncul di Laptop atau PC

Lakukan Scanning Virus

Iklan yang muncul juga bisa dikarenakan virus. Virus sendiri punya banyak jenis dan salah satu yang paling banyak ditemui yaitu Adware. Virus ini bisa berjalan bahkan tanpa kalian ketahui.

Tiba-tiba saja tampil sebuah iklan dengan letak di mana saja, bahkan bisa jadi ditemukan di desktop.

Kalau mulai banyak iklan yang tampil, kalian bisa blokir semua iklan di laptop dengan cara scanning virus.

Untuk scanning virus dengan memakai Windows Defender, buka Windows Defender. Lalu klik opsi Quick, setelahnya kalian klik Scan Now

Sesudah itu tunggu proses scanning selesai. Kalau sudah, hapus semua virus yang tampil dan terdeteksi. Terakhir, Restart laptop.

Proses scanning virus ini bukan hanya bisa dilakukan lewat Windows Defender saja, kalian bisa melakukannya lewat aplikasi anti virus yang lain.

Hapus File Temporary

File temporary adalah kumpulan file yang secara otomatis saat laptop dipakai. File ini punya kegunaan beragam.

Tetapi, file temporary secara otomatis juga bisa menyimpan data-data dari aplikasi iklan. Karena itu, kalau di laptop mulai tampil iklan, hapus file temporary sebagai alternatifnya.

Pertama, tekan tombol Windows+R di keyboard. Lalu ketik Temp di kotak pencarian, dan klik Ok.

Kalau sudah, akan ada jendela baru yang tampil. Kemudian hapus semua folder dan file yang ada di sana. Klik lagi tombol Windows+R di keyboard.

Jika sudah, ketik “%temp%”, lalu tap OK. Kemudian hapus semua folder dan file yang tampil. Sesudah proses penghapusan selesai, jangan lupa restart laptop kalian.

Menghilangkan Iklan di Google Chrome Windows 10

Ubah Settingan Windows

Khusus untuk pengguna Windows 10, iklan memang bisa tampill secara tiba-tiba. Iklan yang tampil umumnya bisa kalian temukan di menu Start, Notifikasi, Taskbar, atau File Explorer.

Tetapi kalian bisa menghilangkan pop up iklan di PC atau laptop yang memakai OS ini dengan cara buka menu settings, tap menu System dan klik Notifications. Lalu tap Off di kolom “Show me The Window…”

Jika sudah, buka kembali menu Settings, kemudian tap menu Personalization. Kalau sudah, tap menu Start, lalu atur Showing Suggestion ke mode Off.

Setelah itu buka lagi menu Settings dan klik menu Notifications. Lanjutkan dengan tap Off di kolom “Get Tips, …”. Terakhir, buka Explorer, dan tap View. Terakhir, nonaktifkan pada kolom Sync Provider Notifications.

Reinstall Windows

Iklan memang sangat mengganggu. Karena itu, kalau iklan mulai sering tampil, segera hapus dengan cara reinstall windows. Selamat mencoba!

Terimakasih Sudah Membaca di Esportsku

Latest news

Related news