Mencari Spesifikasi Terbaik Realme 7i vs Redmi Note 9 vs POCO M2: Mana yang Unggul?

Beberapa waktu kemarin perangkat smartphone kembali ramai dengan hadirnya perangkat baru dari Realme, yaitu Realme 7i. 

Realmi 7i ini harganya sangat terjangkau dan memberikan fitur unik untuk segmen harga menengah. Dilengkapi fitur  kamera besar 64 MP dan refresh rate 90 Hz.

Pada kisaran harga yang sama, ada pesaing tangguh yaitu Redmi Note 9 dan POCO M2 . 

Manakah yang lebih unggul dari ketiga perangkat di atas? Kuy cek bareng!

Desain Realme 7i vs Redmi Note 9 vs POCO M2

POCO M2 menghadirkan desain dengan notch tetesan air dan modul kamera yang diletakkan di tengah, tampilannya kalah jauh daripada kedua pesaingnya. 

Realme 7i sendiri paling futuristik dengan tampilan punch-hole dan modul kameranya yang mengingatkan di jajaran iPhone 11. 

Sementara itu, Redmi Note 9 menyediakan lapisan anti air yang selalu bermanfaat bagi mereka yang sering memakai smartphone di luar. Dengan aspek rasio 20: 9-nya, Realme 7i punya desain yang lebih tinggi dan lebih sempit yang membuatnya semakin menarik.

Layar Realme 7i vs Redmi Note 9 vs POCO M2

Redmi Note 9 dilengkapi  layar Full HD + dengan luas 6,53 inci. Sedangkan Realme 7i hadir dengan luas layar 6,5inci. Sementara itu Poco M2 hadir dengan layar ukuran 6,53 inci seperti Redmo Note 9.

Apabila kalian tidak terlalu memusingkan resolusinya dan ingin mencoba kecepatan refresh yang lebih tinggi untuk pengalaman menonton makin lancar, pilihlah Realme 7i dengan layar 90 Hz. 

POCO M2, Redmi Note 9, dan Realme 7i semuanya rilis dengan layar IPS. Yang membedakan yaitu resolusi dan refresh rate.

Spesifikasi dan Perangkat Lunak Realme 7i vs Redmi Note 9 vs POCO M2

Realme 7i menang pada perangkat keras, yaitu di konfigurasi memorinya. Memakai RAM 8GB, dengan penyimpanan maksimal 4 atau 6GB RAM di Redmi Note 9 dan POCO M2. 

Sedangkan Redmi Note 9 dan POCO M2 didukung penyimpanan internal eMMC, Realme 7i punya penyimpanan asli UFS 2.1 yang lebih cepat dengan kapasitas 128GB.

Kemudian, fikirkan jika Snapdragon 662 dibangun dengan proses produksi yang lebih baik dibanding Helio G80 dan Helio G85 (11 nm vs 12 nm), jadi lebih hemat energi lagi.

Intinya, refresh rate 90 Hz akan membuat Realme 7i tampak lebih halus. Kalau kalian memerlukan perangkat dengan kinerja terbaik, pilih realme 7i. Sementara untuk sisitem operasi ketiganya sudah memakai Android 10.

Kamera Realme 7i vs Redmi Note 9 vs POCO M2

Realme 7i menang di segi kamera karena punya sensor utama yang lebih baik untuk pengaturan kamera belakangnya.

Dengan kamera utama kelas menengah 64MP yang dipadukan dengan lensa ultrawide 8MP dan sepasang lensa 2MP untuk info makro dan kedalaman. 

Sensor sekundernya sama dengan Redmi Note 9 dan POCO M2, tapi sensor utamanya berubah. Redmi Note 9 lebih unggul dibanding POCO M2 karena sensor utamanya 48MP. 

Di samping menjadi perangkat kamera yang lebih baik, Realme 7i juga menjadi ponsel selfie yang lebih baik dengan kamera depan 16 MP-nya.

Baterai Realme 7i vs Redmi Note 9 vs POCO M2

Kapasitas baterai ketiga perangkat ini hamper sama. Dengan kapasitas baterai yang kurang lebih sama (sekitar 5000 mAh), tetapi Realme 7i punya resolusi layar yang lebih rendah dan chipset yang lebih efisien, ini akan bertahan lebih lama. 

Sedangkan, Redmi Note 9 dilengkapi pengisian daya terbalik dan bisa dipakai sebagai bank daya.

Harga Realme 7i vs Redmi Note 9 vs POCO M2

Realme 7i dibanderol mulai dari Rp 3 jutaan, Redmi Note 9 dari Rp 2,3 jutaan, dan POCO M2 dari harga Rp 2,2 jutaan. 

Realme 7i mempunyai kecepatan refresh lebih tinggi, kamera yang lebih baik, dan perangkat keras yang superior. 

Hanya saja Redmi Note 9 punya resolusi Full HD + bukan HD +, dan juga pengisian daya terbalik. POCO M2 lebih rendah dari keduanya tetapi punya nilai uang yang lebih tinggi.  Mana yang lebih unggul menurut kalian?

Comments are closed.