siapa

20 Game RPG Terbaik Sepanjang Masa, Mana Favoritmu?

Sebanyak 20 game RPG terbaik sepanjang masa akan kami berikan di tulisan ini. Mulai dari game RPG klasik hingga game RPG terbaru yang memiliki kualitas yang baik berdasarkan plot cerita, tantangan di game, ataupun grafik yang dihadirkan di game.

Kali ini kami akan memberikan 20 game RPG terbaik sepanjaang masa. Bagi kamu penggemar role-playing game, pasti tak asing dengan game-game RPG yang akan kami sebutkan di tulisan ini.

Role-playing game atau yang akrab dengan singkatan RPG merupakan genre permainan di mana pemain memiliki peran di dalam cerita permainan.

Dalam game ini pemain akan menjalankan sebuah cerita untuk bisa menyelesaikan masalah demi masalah hingga bisa menamatkannya. Biasanya game RPG bersifat kelompok atau yang disebut dengan party yang berisikan satu karakter utama dan karakter-karakter pembantu dalam kelompok itu.

Namun game RPG bukanlah jenis game yang mudah untuk ditaklukkan. Untuk bisa menyelesaikan game ini, pemain harus rajin mengeksplorasi segala kemungkinan yang ada di game.

Seperti mendatangi berbagai tempat yang ada atau bertanya kepada warga di daerah yang ia kunjungi. Hal itu karena di sana pemain bisa menemukan berbagai kemungkinan hingga mendapatkan item langka dan sebagainya.

Karena sulitnya game RPG ini banyak ditemukan walktrough baik itu berasal dari official ataupun dari sebuah komunitas game RPG untuk bisa menamatkan game tertentu.

Maka dari itu untuk menamatkan game RPG dibutuhkan waktu yang tak sebentar karena luasnya berbagai kemungkinan yang bisa pemain temukan. Walaupun begitu bagi penggemar game RPG, memainkan game ini menghasilkan keseruan karena umumnya game RPG memiliki cerita (story) yang baik.

Sebagian besar game RPG yang tergolong sebagai game RPG terbaik berikut ini juga dinilai berdasarkan plot cerita yang menarik dari game-game RPG tersebut. Akibat ceritanya yang menarik itulah yang membuat sebuah game RPG tak bisa tergantikan bahkan hingga berpuluh tahun berikutnya.

Karena game RPG lebih menekankan pada cerita, wajar game ini kadang memiliki grafis yang cenderung monoton, terutama di era-era awal konsol permainan, seperti Nintendo, PlayStation, ataupun sejamannya.

Meskipun begitu game-game RPG klasik ini tetap tak lekang oleh zaman karena memiliki cerita yang baik. Bahkan beberapa di antara game RPG klasik pun mendapatkan remake beberapa tahun belakangan ini.

20 Game RPG Terbaik Sepanjang Masa, Mana Favoritmu?

Sebanyak 20 game RPG terbaik sepanjang masa akan kami berikan di tulisan ini. Mulai dari game RPG klasik hingga game RPG terbaru yang memiliki kualitas yang baik berdasarkan plot cerita, tantangan di game, ataupun grafik yang dihadirkan di game.

1. Dragon Quest V: Hand of the Heavenly Bridge

20 game RPG terbaik sepanjang masa
Game Agency

Mengawali game RPG terbaik, kami akan memulai dengan seri game Dragon Quest, yakni Dragon Quest V: Hand of the Heavenly Bridge. Game RPG klasik ini pertama kali dirilis pada tahun 1992 di Jepang oleh Square Enix. Pada tahun 2009 game Dragon Quest ini rilis di konsol Nintendo DS.

Seperti seri Dragon Quest lainnya, kisah Dragon Quest V ini ialah mengenai perjalanan The Hero sebagai karakter utama. The Hero yang merupakan seorang yatim piatu mengembara mencaritahu identitas dirinya.

Pada 2015 lalu, game Dragon Quest V rilis di perangkat mobile, Android dan iOS. Ini merupakan waktu bernostalgia bagi pemain Dragon Quest V dahulu ataupun bagi penggemar game RPG yang ingin mencoba rasanya memainkan game RPG klasik.

2. Persona 5

20 game RPG terbaik sepanjang masa
Atlus

Game RPG kedua yang terasuk ke dalam game RPG terbaik sepanjang masa ialah Persona 5. Game rilisan Atlus yang pertama kali rilis di Jepang pada 15 September 2016 ini kini tersedia di PlayStation 4 dan PlayStation 5.

Persona 5 merupakan seri keenam dalam seri Persona. Game ini mendapatkan penghargaan The Game Award untuk game RPG terbaik.

Sebagai murid di Shujin Academy, pemain akan berpetualang menjalajahi dunia lain. Bersama dengan kelompok Phantom Thieves of Hearts, pemain akan dibawa pada dunia yang sama namun dengan keberadaan makhluk-makhluk tak kasat mata dalam pandangan manusia normal.

3. Final Fantasy VI

20 game RPG terbaik sepanjang masa
Mataram Inside

Berikutnya ada seri dari Final Fantasy yang memang terkenal dengan game RPG-nya. Final Fantasy VI menjadi salah satu seri FF terbaik. Game ini rilis pada era Super Nintendo Entertainment System (SNES) dan menjadi game RPG terbaik sejak perilisannya hingga kini.

Sebagai game RPG klasik, FF VI ini identik dengan grafis pixel0nya. Ada kabar bahwa FF VI ini akan mendapatkan remastered dalam waktu dekat ini.

4. Final Fantasy VII

FINAL FANTASY VII REMAKE INTERGRADE | Download and Buy Today - Epic Games Store

 

Kali ini yang masuk ke dalam kategori game RPG terbaik ialah Final Fantasy VII yang merupakan versi berikutnya dari seri FF yang kami sebutkan sebelumnya.

Rilis sejak 1997, game terbitan Square Enix ini memang merupakan game RPG terbaik hingga saat ini. Bahkan game FF VII ini di-remake untuk rilis di konsol PlayStation 4 sesuai dengan gambar yang kami sertakan di atas.

5. Nier

20 game RPG terbaik sepanjang masa
Reddit

Selanjutnya ada game Nier yang dikembangkan oleh Cavia. Game RPG yang satu ini merupakan terbitan Square Enix yang rilis pada 2010 lalu. Nier telah tersedia di PlaySation 3 dan Xbox 360.

Pemain akan berperan sebagai Nier sebagaimana nama game ini. Di game RPG ini, Nier akan berpetualang untuk mencari obat untuk putrinya yang bernama Yonah.

Pada petualangan ini Nier dan akan ditemani oleh Emil dan Kaine. Perjalanan akan membawa kelompok Nier ini di bumi dengan kondisi yang sudah hancur. Musuh utamanya ialah Shades.

Disebabkan ceritanya yang terbilang berat, game Nier diperuntukkan untuk dewasa. Lanjutan dari game Nier ini ialah Nier Automata yang rilis pada 2017.

6. Dark Souls III

Jagat Play

Game RPG terbaik berikutnya adalah game Dark Souls III yang rilis di PC. Game yang diterbitkan oleh FromSoftware dan Bandai Namco Entertainment ini rilis pada 2016.

Dark Souls ketiga ini memiliki cerita yang dalam dengan latar dunia lain dan memiliki berbagai tingkatan misi yang sulit untuk bisa diselesaikan.

7. Monster Hunter Rise

20 game rpg terbaik sepanjang masa
Hybrid.co.id

Berbicara mengenai game RPG maka Monster Hunter tak pernah absen untuk dibicarakan. Kali ini yang kami masukkan ialah seri Monster Hunter Rise yang baru saja terbit pada 26 Maret 2021 lalu di Nintendo Switch. Kabarnya game buatan Capcom ini akan rilis di PC pada 12 Januari 2022 mendatang.

Meski terbilang baru namun game Monster Hunter yang satu ini menyempurnakan game-game Monster Hunter sebelumnya. Di sini terdapat peningkatan fitur yang akan membuat petualangan berburu monster menjadi lebih seru.

8. Diablo III: Eternal Collection

Diablo III: Eternal Collection (English Ver.)

Game RPG terbaik berikutnya ialah Diablo III: Eternal Collection. Pertama kali rilis pada 212, game terbitan Blizzard Entertainment ini telah tersedia di berbagai platform permainan. Mulai dari PlayStation 3, PlayStation 4, Xbox One, Xbox 360, Nintendo Switch, hingga PC.

Game seri ketiga dari game Diablo ini mengambil latar waktu sekitar 2 dekade dari kisah Diablo II. Pada latar ceritanya, kamu juga harus memilih salah satu dari tujuh kelas di dunia tersebut. Selain itu musuh utama game ini tetaplah Diablo, Lord of Terror.

9. Final Fantaxy XII: The Zodiac Age

20 game rpg terbaik sepanjang masa
The AU Review

Masih dari seri Final Fantasy, kini ada Final Fantaxt XII: The Zodiac Age. Game ini pertama kali rilis di PlayStation pada 2006. Game ini pun diterbitkan oleh Square Enix.

Menceritakan tentang petualangan Vaan sebagai karakter utama. Vaan merupakan seorang yatim piatu yang memiliki keinginan untuk menjadi seorang Sky Pirates.

10. The Witcher 3: Wild Hunt

20 game RPG terbaik sepanjang masa
Gamebrott

Berikutnya ada game The Witcher 3: Wild Hunt. Game RPG ini merupakan adaptasi dari karya Andrzej Sapkowski.

Game ini dirilis oleh CD Projekt Red pada tahun 2015 di berbagai plaftorm permainan. Mulai dari PlayStation 4, PlayStation 5, Xbox One, Xbox Seri X dan Seri S, Nintendo Switch, hingga PC.

Berperan sebagai Geralt yang merupakan seorang Witcher, pemain akan melawan berbagai musuh dan masalah lainnya selama perjalanan di dunia terbuka dengan mode kamera perspektif orang ketiga.

Selain memberikan plot dan grafis yang baik, The Witcher 3 ini memiliki gameplay yang realistis. Akibatnya menguasai game ini menjadi cukup sulit.

11. Final Fantasy XV

Medcom.id

Game RPG terbaik berikutnya berasal dari seri Final Fantasy lagi, yakni Final Fantasy XV. Game ini rilis pada 2016 lalu untuk konsol PlayStation 4 dan Xbox One. Kemudian untuk versi PC, game ini baru tersedia pada 2018. Saat ini game tersebut pun dapat dimainkan di mobile dengan tampilan yang berbeda.

Pada FF XV ini pemain akan berperan sebagai Noctis Lucis Caelum. Perjalanannya akan membawamu ke dunia Eos bersama tiga temannya, yaitu Ignis, Prompto, dan Gladiolus.

Tujuan petualangan seri FF XV ini ialah untuk menyelamatkan sebuah kristal ajaib. Musuh utama di game ini adalah Niflheim.

12. Divinity: Original Sin

20 game rpg terbaik sepanjang masa
PlayStation Store

Selanjutnya ada Divinity: Original Sin yang pertama kali rilis pada 2014 lalu di PC. Game yang dikembangkan oleh Larian Studios ini merupakan entri utama keempat dalam seri game Divinity dan merupakan prekuel dari game Divine Divinity.

Game RPG ini memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Pemain harus memperhatikan langkah mana yang ingin diambil. Maka dari itu game Divinity: Original Sin ini merupakan game RPG yang penuh dengan taktik.

13. Nier: Automata

20 game RPG terbaik sepanjang masa
Sobat Game

Selanjutnya kami akan masukkan Nier: Automata sebagai game RPG terbaik berikutnya. Sebelumnya kami sudah tuliskan mengenai game Nier dan inilah game lanjutannya.

Game yang dikembangkan oleh Yoko Taro dan Platinum Games ini dirilis Square Enix pertama kali 2017 untuk PlayStation 4.

Nier: Automata sebagai cerita lanjutan dari game Nier berlatarkan dunia masa depan yang penuh dengan robot. Tokoh protagonisnya ialah 2B yang merupakan robot. Musuhnya ialah robot dan penjajah angkasa.

Menariknya game Nier: Automata ini memiliki tiga babak dalam plot ceritanya. Setiap babaknya memiliki ending cerita yang berbeda.

Banyak misteri yang belum terpecahkan di seri Nier: Automata ini. Nantinya kisah lanjutan seri Nier ini akan berlanjut di Nier: Replicant yang baru terbit awal tahun 2021 ini.

14. Dragon Quest III: The Seeds of Salvation

20 game RPG terbaik sepanjang masa
arhn.eu

Selain Dragon Quest V dengan The Hero sebagai karakter ikoniknya, seri Dragon Quest yang juga masuk ke dalam kategori terbaik ialah The Seeds of Salvation.

Game rilisan Chunsoft ini rilis pertama kali pada 1988. Kemudian versi remasterd untuk Super Famicon rilis pada 1996 dan pada Wii pada tahun 2009.

Di game Dragon Quest III ini pemain akan menjelajahi dunia dengan latar abad pertengahan. Petualangan diawali di sebuah kota kastil Aliahan.

Untuk kamu yang ingin bernostalgia dengan game Dragon Quest ketiga ini, kini game tersebut telah tersedia di perangkat Android maupun iOS pada 2014 dengan peningkatan grafis.

15. Dragon Age: Inquisiton

20 game rpg terbaik sepanjang masa
Sobat Game

Selanjutnya ada game Dragon Age: Inquisiton yang rilis di PC dan konsol PlayStation 3, PlayStation 4, Xbox One, dan Xbox 360. Game yang dikembangkan oleh BioWare ini merupakan sekuel dari Dragon Age: Origin dan Dragon Age II.

Pemain akan menjadi seorang pahlawan yang akan melawan Blight untuk bisa menyelamatkan dunia. Keunggulan game RPG ini ialah memiliki gaya pertempuran yang seru.

16. Cyberpunk 2077

20 game rpg terbaik sepanjang masa
Binus

Game RPG selanjutnya ialah Cyberpunk 2077 yang sempat ramai beberapa waktu lalu jelang perilisannya. Walaupun sebenarnya game ini pertama kali diumumkan pada 2013 namun baru rilis pada 17 September 2020 lalu oleh CD Projekt.

Game ini telah tersedia di berbagai platform permainan, mulai dari Xbox Seri X dan Seri S, Xbox One, PlayStation 4, PlayStation 5, hingga tersedia di PC. Adapun untuk bisa memainkan game ini di PC, kamu membutuhkan spesifikasi PC yang tinggi.

Game ini memiliki latar open world bernama Night City. Pemain akan berperan sebagai V yang merupakan seorang tentara bayaran. Mode permainannya ialah dengan kamera orang pertama.

17. Pokemon Sun & Moon

Portal Pokemon

Berbicara mengenai game RPG maka seri Pokemon Sun & Moon wajib untuk dilibatkan. Seri game Pokemon ini rilis pada 18 November 2016 lalu oleh Nintendo dan Pokemon Company. Game ini tersedia di Nintendo 3DS.

Kali ini petualangan Ash bersama Pikachu akan membawamu mengembara ke wilayah Alola. Pemburuan Pokemon ini juga melibatkan adanya peningkatan skill pada Pokemon, terutama Pikachu yang akan mendapatkan kekuatan jurus Z.

18. Chrono Trigger

20 game RPG terbaik sepanjang masa
KINCIR

Game RPG terbaik lainnya lagi-lagi merupakan rilisan dari Square Enix, yakni Chrono Trigger.  Game RPG klasik ini pertama kali rilis pada 11 Maret 1995 pada Super Nintendo Entertainment System (SNES).

Latar cerita game RPG klasik ini akan membawamu menjelajahi dunia masa depan yang diprediksi akan segera hancur di mana kelompok protagonis terlempar begitu saja ke dunia masa depan itu. Mereka berpetualang demi menyelamatkan dunia dari kehancuran tersebut.

19. Suikoden II

20 game RPG terbaik sepanjang masa
Sobat Game

Berikutnya ada game RPG era klasik, yakni Suikoden II. Game rilisan Konami ini rilis pertama kali pada tahun 1999 silam untuk PlayStation.

Tak seperti game-game RPG umumnya yang memiliki plot atau alur cerita yang panjang, game Suikoden II ini memiliki cerita yang singkat meski terbilang kompleks juga.

20. The Elder Scrolls V: Skyrim

20 game RPG terbaik sepanjang masa
Vazgaming

Menutupi daftar game RPG terbaik sepanjang masa, The Elder Scrolls V: Skrim pantas untuk masuk ke dalam kategori ini. Game yang diterbitkan oleh Bethesda Softworks pada 2011 ini tersedia di PlayStation 4, Xbox One, Xbox Seri X, dan lainnya.

Seri kelima dari game The Elder Scrolls, seri Skyrim ini merupakan seri lanjutan dari seri Oblivion yang rilis pada 2006 lalu.

Latar waktu seri Skyrim ini ialah 2 abad setelah dunia Oblivion. Di sini pemain akan berperan sebagai Dragonborn yang menjelajahi dunia Skyrim.

Musuh utama dari game ini ialah Alduin the World-Eater yang dikisahkan merupakan seekor naga yang akan menghancurkan dunia.

Story game ini menjadi keunggulan kenapa game ini menjadi game RPG terbaik. Dunia Skyrim hadir dengan kompleks sehingga memberikan kesan dan sensasi yang baik bagi yang memainkannya.

Website ini menggunakan Coookie untuk kestabilan akses, Apakah kamu menerimanya? Terima!Detail Tetang Cookie