Rune dan Item Build Soraka Wild Rift, Healer Terbaik

Dengan heal tinggi dan poke mengganggu, Soraka seringkali jadi target utama dalam fight. Tidak jarang assassin atau tank akan langsung lompat kearah dirinya untuk melakukan shutdown.

Bagi kalian yang ingin bermain support healer, tentunya Soraka adalah champion yang tepati. Rune dan item build Soraka Wild Rift yang satu ini bisa meningkatkan efektifitas heal kalian. Bahkan anti heal terkadang tidak kuat menahan heal dari Soraka yang sangat tingi.

Dengan heal tinggi dan poke mengganggu, Soraka seringkali jadi target utama dalam fight. Tidak jarang assassin atau tank akan langsung lompat kearah dirinya untuk melakukan shutdown. Tidak bijak membiarkan Soraka terus ada dalam fight karena heal nya.

Sangat berbahaya dengan build ini, bisa kalian gunakan untuk game kalian. Pahami dulu rune dan item yang akan digunakan Soraka karena dirinya bisa jadi main baru kalian nantinya di Wild Rift;

  • Rune
    • Summon Aery
    • Triumph
    • Loyalty
    • Pack Hunter
  • Item Build
    • Protector Vow
    • Ionian Boots of Lucidity
    • Ardent Censer
    • Athen’s Unholy Grail
    • Harmonic Echo
    • Adaptive Helm
    • Redeeming Enchant

Dengan build ini yang telah Esportsku tawarkan, tentunya akan menjadi sangat kuat. Soraka dalam lane tentunya seringkali mengganggu lawan berkat heal dan poke miliknya. Terlebih dengan global healnya, Soraka bisa membalikan keadaan dengan mudah.

Disini mari kita bahas rune dan item build Soraka Wild Rift. Soraka adalah champion yang seringkali underrated. Walau tidak tanky, Soraka bisa dibilang cukup sustain dengan regen miliknya yang seringkali mengganggu. Bisa buat ADC tidak pulang-pulang kecuali beli item!

Rune

Untuk pilihan rune sebenarnya Soraka cukup fleksibel. Dirinya tidak begitu bergantung kepada rune karena saat ini belum ada banyak rune yang mendukung healer. Tetapi ini keuntungannya juga karena tergantung gaya bermain kalian, rune bisa kalian atur nanti saja.

Summon Aery

Rune Effects
Keystone
Unlock Level: 4
Basic attacks and abilities against an enemy champion signals Aery to dash to them, dealing 10 – 60 (based on level) (+ 20% bonus AD) (+ 10% AP) Adaptive damage. Healing, shielding, or buffing an ally signals Aery to dash to them, shielding them for 20 – 120 (based on level) (+ 40% bonus AD) (+ 20% AP) for 2 seconds.
Aery lingers on the target for 2 seconds before flying back to the user, and cannot be sent out again until she returns. Aery is initially very slow, but gradually accelerates, and can be picked up by moving near her.
Adaptive Damage: Deals either physical or magic damage depending on your bonus stats, defaulting based on the origin of the effect.

 

Aery adalah rune yang sangat cocok bagi Soraka berkat heal dan efek rune ini. Soraka yang aktif memberikan heal tentunya akan diuntungkan dengan shield dari Aery. Terlebih jarak yang dekat dengan anggota teamnya akan menguntungkan spam Aery ketika bermain.

Triumph

Rune Effects
Minor 1 Domination
Unlock Level: 8
Champion takedowns restore 10% missing health.
Deal 3% more damage to enemies below 35% health

 

Untuk rune selanjutnya sayangnya tidak ada yang baik untuk Soraka. Kalian bisa ambil rune damage up tetapi Soraka tidak butuh. Triumph menjadi rune yang bisa dibilang terbaik di posisi ini walau akan jarang aktif. Sebagai support kalian akan menghindari banyak kill tetapi tidak begitu buruk heal nya.

Loyalty

Rune Effects
Minor 2 Resolve
Unlock Level: 10
You gain 2 AR and 5 MR.
Your closest ally champion gains 5 bonus armor and 2 bonus magic resistance, which can be stacked.

 

Loyalty akan sangat penting bagi soraka karena dirinya harus aktif didekat anggota teamnya. Dengan tambahan AR juga MR bagi anggota team, tentunya keberadaan Soraka akan sangat terasa bagi team. Terlebih dirinya yang bisa membuat anggota team awet dalam fight.

Pack Hunter

Rune Effects
Minor 3 Inspiration
Unlock Level: 10
While neary ally champions, gain 2% bonus movement speed.
For each unique ally you participate in a takedown with, you gain 50 gold and the ally gains 50 gold.

 

Sama seperti Loyalty, alasan kalian akan menggunakan Pack Hunter adalah presence. Soraka akan selalu berada didekat anggota team nya yang mana efek Pack Hunter akan terasa. Terlebih jika kalian bermain agresif maka bonus gold bisa sangat berguna terus-menerus aktif.

Item Build

Untuk item build, tidak banyak variasi untuk Soraka. Dirinya memiliki 3 item core yang tidak bisa diganti dan beberapa item lainnya yang terbilang wajib. Bisa diganti, hanya saja akan kurang begitu baik. Oleh sebab itu tidak banyaknya variasi mungkin akan membuatnya mudah dibaca.

Protector Vow

Item Stats Effects
Protector’s Vow
 2700
Defense
+350 Max Health
+40 Armor
+10% Cooldown Reduction
Protector: Raise your Guard when next to an allied champion. If you or your ally take damage from a champion, monster, or turret, both of you receive a 125 (+ 20% bonus health) (+ 15% AP) shield and 20% bonus movement speed for 1.5 seconds (30 second cooldown).

 

Untuk item pertama, sebagai support hampir wajib langsung membeli Protector Vow. Dengan stat yang bisa menambahkan sedikit sustain, item ini juga menawarkan efek yang sangat kuat. Kalian bisa melindungi anggota team kalian lebih konsisten degnan heal dan shield.

Ionian Boots of Lucidity

Item Stats Effects
Ionian Boots of Lucidity
 1000
Boots
+40 Move Speed
+10% Cooldown Reduction
Summoned: Reduces Summoner Spell Cooldowns by 10%.
Sprint (Active): Increases Move Speed by 15% for 3 seconds. Dealing or taking damage from champions removes sprint. (60s Cooldown)

 

Ionian adalah sepatu terbaik untuk Soraka dan tidak bisa diganti ke item lainnya. Sangat efektif dengan CDR miliknya agar Soraka bisa terus-menerus melakukan spam kelawannya. Nantinya harus langsung kalian updgrade yang mana akan kami jelaskan di akhir nanti.

Ardent Censer

Item Stats Effects
Ardent Censer
 2600
Magic
+250 Max Health
+60 Ability Power
+10% Cooldown Reduction
Ardent: +5% Move Speed.
Censer: When you heal or shield an allied champion (excluding yourself), both of you gain 10% – 30% (based on level) bonus attack speed and your basic attacks deal 16 – 30 (based on level) bonus magic damage for 6 seconds. Regeneration effects do not trigger Censer.

 

Ini dia item core milik Soraka yang sangat kuat. Item ini menawarkan stat yang menakjubkan untuk support. Tidak hanya itu, item ini akan memberikan efek buff ofensif bagi lawan yang di buff, shield, atau heal. UIti Soraka dengan item ini bisa memberikan buff global!

Athen’s Unholy Grail

tem Stats Effects
Athene’s Unholy Grail
 2500
Magic
+55 Ability Power
+40 Magic Resistance
+10% Cooldown Reduction
Blood Price: Stores 35% of premitigation damage dealt to champions as Blood, capped at 110-250. Healing or shielding an ally consumes all blood to heal them for an equal value.

 

Athen memberikan stat menarik juga dengan AP, MR, dan CDR. Tidak hanya itu efek item ini juga sangat kuat untuk Soraka menghindari damage berlebih. Dengan damage yang diubah menjadi stack, heal Soraka selanjutnya akan melompat tinggi. Kumpulkan stack dan gunakan ulti kalian.

Harmonic Echo

Item Stats Effects
Harmonic Echo
 2800
Magic
+80 Ability Power
+300 Max Mana
+10% Cooldown Reduction
Harmonic Echo: Moving and casting abilities builds Harmony. At 100 Harmony your next healing or shielding ability on an ally other than yourself restores 70 (+ 10% AP) health to your target and up to 3 nearby allied champions.

 

Harmonic juga cukup kuat untuk Soraka degan efek nya. Stat yagn menggiurkan untuk spam skill berkat mana dan CDR, Harmonic memiliki efek yang underrated sekali. Kalian bisa membuat heal kalian bercabang dengan satu skill saja. Yang penting aktif bergerak dan spam saja skill kalian.

Adaptive Helm

Item Stats Effects
Adaptive Helm
 2800
Defense
+300 Max Health
+100% Health Regen
+60 Magic Resistance
Adaptive: Taking magic damage reduces all subsequent magic damage from that same ability or effect by 15% for 4 seconds.
Multiple sources of magic damage can have this effect active at any one time and the duration is tracked separately per source.

 

Untuk item slot terakhir sebenarnya cukup fleksibel dan bisa kalian ganti sesuka hati. Adaptive dibeli untuk sustain melawan magic yang mana mudah sekali membunuh Soraka. Bisa ganti ke Randuin’s Omen atau item defensif lainnya sesuka hati kalian. Tidak begitu pasti.

Redeeming Enchant

Item Stats Effects
Redeeming Enchant
 500
Boots
Redeem Active
Redeem (Active): Reveal a position and after 2.5 seconds, a beam of light heals allies by 25-375, while enemies take 10% of their max Health as true damage. Minions and monsters take 250 damage instead. (60s Cooldown)

 

Item enchant ini wajib sekali kalian miliki setelah item pertama selesai. Dengan Redeeming maka kalian bisa menjadi clutch healer. Semakin banyak heal maka semakin baik untuk Soraka. Terlebih dengan damage true item ini, tidak begitu buruk untuk kill secure lawan kalian.

Pahami dan gunakan rune dan item build Soraka Wild Rift ini agar kalian bisa semakin konsiste bermain Soraka. Dirinya sangat kuat dan relatif konsisten mengingat Soraka adalah satu-satunya healer support focus yang efektif. Ikuti juga media sosial kami di Instagram.

lol mobilewild riftwr
Comments (0)
Add Comment