esportsku
Berita Esports Indonesia

Kominfo Buka Konferensi Esports Pertama di Indonesia

E-Sports saat ini sudah dapat berkembang menjadi sebuah profesi yang jelas. Esports juga dapat dimanfaatkan dengan lebih baik oleh kaum muda.

0

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Rudiantara sebagai perwakilan pemerintah sekaligus sebagai regulator membuka secara resmi konferensi esports pertama di Indonesia pada hari ini di ICE BSD, Serpong, Tangerang. Dengan Kominfo buka konferensi Esports pertama di Indonesia, harapan untuk kemajuan esports indonesia di depan mata

Rudiantara membuka sambutannya mengenai minimnya pemain Esports . Jika dibandingkan dengan keseluruhan populasi di Indonesia yang mencapai sekitar 200 juta. Pemain gim ataupun E-Sports hanya berada di angka 20%. Dirinya juga mengatakan jika Indonesia kurang memaksimalkan potensi dari berkembangnya E-Sports, khususnya bagi anak muda.

Masih terkait dengan sambutannya, Rudiantara menambahkan jika E-Sports saat ini sudah dapat berkembang menjadi sebuah profesi yang jelas. Esports juga dapat dimanfaatkan dengan lebih baik oleh kaum muda.

Untuk mendukung hal tersebut, pemerintah secara khusus tidak ingin melewatkan ajang E-Sports di kancah olahraga internasional. Seperti halnya pada saat Asian Games 2018 lalu dan SEA Games Manila mendatang. Rudiantara mengungkapkan jika pemerintah siap dan bersungguh-sungguh untuk memfasilitasi semua kegiatan seputar Esports di Indonesia.

Kominfo Buka Konferensi Esports Pertama di Indonesia

Konferensi ini merupakan sebagai rangkaian dari acara IDByte 2019 untuk mewadahi segala aspek mengenai eSports di Indonesia. IDByte 2019 tidak hanya tentang konferensi semata, IDByte 2019 juga mengadakan berbagai turnamen eSports seperti kompetisi PUBG Mobile maupun ajang pencarian bakat eSports. IDByte 2019 juga ingin memaksimalkan kesamaan gender di bidang eSports dengan mengadakan kompetisi eSports khusus wanita.

Event IDByte sudah diselenggarakan rutin selama dua tahun sekali sejak tahun 2011 dengan berbagai tema besar, khusus untuk tahun ini IDByte diselenggarakan dengan tema E-Sports lantaran perkembangannya yang banyak diminati.

Pada tahun 2017, industry E-Sports tanah air berhasil mendapatkan keuntungan sebesar USD 800 juta dan juga menjadikan Indonesia sebagai negara nomor 16 dengan pendapatan E-Sports tertinggi di dunia.

Event IDByte 2019

IDByte 2019 yang mengusung tema Gaming for Changes atau Game untuk perubahan diselenggarakan atas kerjasama dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kominfo), serta Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Hal ini untuk dijadikan sebagai ajang anak-anak muda kreatif menunjukkan bakatnya di dunia E-Sports. Rencananya IDByte 2019 akan diselenggarakan hingga besok pada 14 September 2019.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Website ini menggunakan Coookie untuk kestabilan akses, Apakah kamu menerimanya? Terima!Detail Tetang Cookie