esportsku
Media Esports Indonesia

Perbedaan Hero Lane Offlaner, Midlaner, Dan Safelaner ML

Jika kita berbicara mengenai lane biasanya pemain Mobile Legends paling sering berebut midlane, hal ini banyak orang pemain rank tinggi yang tidak paham juga karena seringkali terjadi di rank menengah kebawah. Padahal midlane ini memiliki tanggung jawab yang paling besar dan sebagian besar kekalahan berada di kesalahan midlaner.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Seperti yang kita bahas sebelumnya, dalam Mobile Legends map dibagi oleh tiga lane mobile legends berbeda yang ada, yaitu offlane, midlane, dan safelane. Lane-lane ini memiliki perbedaan yang sangat jauh mulai dari tugas, fungsi, keuntungan, dan kekurangan masing-masing. Di lane mobile legends ini pastinya harus kalian pelajari karena akan sangat penting dalam pembentukan team, strategi, gaya bermain, dan yang paling penting kalian tidak mengambil hak dan kewajiban orang lain.

Perbedaan dan tugas dari masing-masing offlane, midlane, dan safelane cukup jauh dan penting. Lane-lane ini nantinya akan menentukan permainan kalian sampai midgame karena di late game biasanya fase laning sudah berakhir dan mulai saling mendorong creep satu sama lain.

Jika kita berbicara mengenai lane biasanya pemain Mobile Legends paling sering berebut midlane, hal ini banyak orang pemain rank tinggi yang tidak paham juga karena seringkali terjadi di rank menengah kebawah.

Padahal midlane ini memiliki tanggung jawab yang paling besar dan sebagian besar kekalahan berada di kesalahan midlaner. Offlane dan safelane menurut saya lebih baik karena mereka memiliki tugas yang penting walau tidak memiliki gaya permainan yang kaku. Bahkan seringkali terjadi rotasi antara dua lane ini untuk bertukar posisi.

Dengan ketiga lane paling penting ini laju permainan di Mobile Legends akan bisa terlihat dengan cukup mudah. Bahkan dari pemberian posisi hero ke lane masing-masing, pemain yang sudah veteran dan handal bisa membaca gaya bermain mereka. Oleh sebab itu di rank tinggi atau team yang kompak akan seringkali terjadi rotasi dan lane swap.

Di sini tetapi kami akan menjelaskan ketiga lane ini. Baik dari segi tugas, kegunaan, perbedaan, dan penjelasan mendalam ketiganya. Hal ini untuk memudahkan permainan kalian ketika waktu laning dan tidak merepotkan seisi team lainnya. Jadi, baca terus kebawah dan pelajari lane-lane lainnya. Artikel ini juga sangat baik sebagai referensi permainan kalian.

PERBEDAAN HERO LANE MOBILE LEGENDS OFFLANE

Hero ML Sering Banned Season 16 Mobile Legends Mendatang

Pertama kita akan mulai dengan lane tersulit yang ada di Mobile Legends, yaitu Offlane. Offlane atau juga sering disebut sebagai hardlane berada di posisi atas map, sesuai namanya lane ini akan berada di posisi yang “Off” atau sedikit menjorok keluar. Lane ini ada alasannya dikatakan sebagai lane tersulit.

Di Mobile Legends posisi map dan lane tidak di “mirror” atau posisi cermin. Jadi jika kalian bermain sebagai offlane, maka lawan kalian adalah safelane dan sebaliknya. Hal ini pastinya tidak berpengaruh kepada midlaner. Hal ini juga berpengaruh kepada posisi buff.

Dengan melawan safelane kalian akan kesulitan karena sebagian besar permainan kalian, sebagai offlaner akan melawan duo safelaner juga support. Dengan begitu kalian akan selalu berada di ambang kematian dan tidak aman karena mudah sekali terbunuh karena kalah jumlah.

Ditambah, sebagai offlaner jangan berharap banyak dibantu oleh midlaner dan support roamer atau jungler assassin, hal ini karena mereka akan lebih sering membantu safelaner dan membuat mereka aman. Hal ini juga berlaku kepada musuh karena kalian akan terus berada dibayang-bayang midlaner dan roamer musuh. Perbedaan Hero Lane ini penting untuk kalian pahami.

TUGAS OFFLANER

Tugass offlaner sebenarnya cukup simpel, tetapi sulit. Yaitu bertahan hidup dan membuat safelaner kesulitan farming. Walau tugas utama offlaner cukup mudah tetapi bertahan hidup melawan banyak hero sekaligus yang menjadi faktor utama.

Selain itu kalian juga harus sering melakukan rotasi untuk membantu midlaner. Midlaner harus kalian bantu atau juga mengambil alih lane ketika mereka roaming agar lane dan tower tidak dipush. Untuk mengetahuinya lebih lanjut kalian bisa membaca Guide dan Tugas sebagai Offlaner mobile legends

HERO OFFLANER META BARU 2020

Hero yang cocok berada di offlane biasanya hero poke, harass, atau sustain. Kalian bisa menaruh hero-hero Offlaner yang kami jelaskan pada postingan sebelumnya. Kalian bisa memilih hero pengisi offlane mobile legends terebut. Perbedaan Hero Lane offlane dengan bermain lebih sulit, tentunya hero kuat akan dibutuhkan.

PERBEDAAN HERO LANE MIDLANER MOBILE LEGENDS

Perbedaan Hero Lane

Selanjutnya kita akan membicarakan lane yang paling sibuk di Mobile Legends, yaitu midlane. Midlane adalah lane yang berada ditengah-tengah map sesuai namanya. Midlane yang berada di posisi strategis akan menjadi pusat perhatian seluruh team. Perlu diingat hal yang membuat lane ini sangat sibuk adalah karena posisi nya. Midlane sangat strategis karena dekat kemana saja. Midlane sangat dekat ke offlane, safelane, lord/turtle, jungle, dan buff.

Sebagai midlaner kalian akan selalu melawan midlaner yang uniknya sebagai midlane akan sulit untuk dibaca siapa yang akan kalian lawan. Midlane sangat fleksibel karena dapat diisi oleh semua role walau sebagian besar diisi oleh mage dan marksman. Ditambah tidak jarang kalian akan melawan duo hero seperti hero core dan support mereka di mid.

Karena posisi strategis dan fleksibilitas midlaner, hal ini akan membuat mereka cukup sibuk walau tidak sesulit offlaner yang selalu terabaikan dan mengurus diri mereka sendiri. Sebagai midlaner minta terus bantuan support roamer kalian tanpa menyedor exp/gold terlalu banyak.

TUGAS MIDLANER

Tugas midlaner sangatlah banyak, dapat dibilang yang paling banyak di Mobile Legends. Selain mengurus lane kalian sendiri, midlaner harus mengurus rotasi ke safelane, mengamankan buff, mengganggu jungle musuh bersama offlaner/support, dan juga terkadang membantu offlane kalian jika safelane aman. Untuk lengkapnya kalian bisa mengetahuinya pada postingan kami Guide dan Tugas sebagai Midlaner mobile legends

HERO MIDLANER

Hero yang cocok di midlaner umumnya adalah hero yang kuat melakukan rotasi dan creep clear seperti mage atau assassin walau terkadang midlane diisi oleh marksman juga agar mendapatkan perlindungan dari offlane, support, dan safelane yang lane swap.

Hero yang cocok pada midlaner pada meta terbaru ini yang kami berikan pada postingan kami sebelumnya. Di Hero Mid Lane Meta Baru Mobile Legends 2020 bulan mei ini. Perbedaan Hero Lane midlane akan membutuhkan banyak perhitungan, tidak bisa sembarangan memilih.

PERBEDAAN HERO LANE SAFELANER

Perbedaan Hero Lane

Dari semua lane yang ada di Mobile Legends, safelane adalah yang paling aman dari semuanya. Safelane yang berada di bawah map akan sangat diuntungkan dan tugas mereka yang lebih nyaman. Safelane akan melawan offlane musuh yang sendiri, yang berarti kalian akan lebih sering 2v1 dengan bantuan support. Hal ini belum menghitung bantuan rotasi dari jungler/assassin dan juga midlaner kalian.

Bermain safelane kalian hanya perlus farming dan hal ini cukup mudah karena sebagai safelane kalian akan lebih aman ditambah posisi kalian yang dekat dengan buff merah dan jungle. Kecepatan farm safelane haruslah cepat dan efisien dengan tidak membuang-buang waktu juga GPM mereka.

TUGAS SAFELANER

Tugas safelane sangatlah mudah dan simpel, kalian hanya perlu farming dan mencari gold. Ya, cukup mudah memang menjadi safelane tetapi tanggung jawab kalian akan sangat besar di late game karena jika tidak bisa mendapatkan gold banyak maka kalian akan membebani team.

Safelane harus mencari gold banyak dari farming last hit creep lane, jungle, dan juga kill terutama dari membunuh offlane dan roamer musuh. Untuk bahasan lengkapnya kalian bisa ke postingan Guide dan Tugas sebagai safelaner mobile legends

HERO YANG COCOK SAFELANER

Hero yang cocok berada di safelane biasanya hero carry seperti marksman atau mage, terkadang hero hypercarry non-marksman/mage seperti Uranus mengisi lane ini karena kuat melawan offlaner lawan. Perbedaan Hero Lane untuk safelane sendiri akan sangat penting untuk kalian pahami.

Chou

Hero ini menurut kami lebih cocok untuk di taruh sebagai safelaner. Skill yang bisa mengintimidasi semua hero dengan airbonenya. Lalu, skillnya juga dapat menggangu jungle dan farming hero-hero lainnya. Membuat kami menaruh ini sebagai hero fighter yang cocok di safelane.

Claude dan Wanwan

Kedua hero marksman ini merunut kami jauh lebih berbahaya ketika berperan sebagai Safelaner. Bukan tanpa sebab tentunya, kedua hero ini merupakan hero yang mempunyai skill yang lincah dan escaping yang bagus. Ketimbang di taruh pada midlaner membuat claude dan wanwan tidak terlalu cepat farmingnya.

Kalian bisa menaruh kedua hero ini pada safelaner dan pastikan ia mendapatkan asupan minion dan juga monster di mobile legends selama menjadi safelaner ya.

Untuk hero lainnya, kalian bisa melihat pada postingan kami sebelumnya. Yaitu, hero safelane mobile legends terkuat 2020 pada meta season ini

Itulah perbedaan dan tugas dari semua laner di Mobile Legends. Ketiga lane ini yang sangat penting untuk dipelajari akan menjadi sangat penting untuk kalian terutama di rank tinggi. Tetapi hal ini bisa terus berubah tergantung meta dan juga strategi team kalian. Bahkan karena begitu fleksibel ada yang membuat safelaner menjadi sendiri dan fokus ke midlane dan offlane.

Jangan lupa untuk terus ikuti media sosial Instagram kami di Esportsku. Dengan ini, kalian bisa terus mendapatkan informasi dan berita terkini perihal skena esports lokal dan mancanegara.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

Website ini menggunakan Coookie untuk kestabilan akses, Apakah kamu menerimanya? Terima! Detail Tetang Cookie

error: Content is protected !!