PUBG PC, PUBG Mobile, dan PUBG Mobile Lite. Apa Perbedaannya?

Sukses menjadi game battle royale yang penuh dengan strategi, Tencent games akhirnya menjadi sebuah naungan yang melahirkan dan membesarkan PUBG Mobile. PUBG Mobile memang pada awalnya dapat dimainkan di hampir semua smartphone pada masa itu, yaitu masa-masa dimana PUBG Mobile baru pertama kali dirilis.

Tokopedia

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Sebuah game biasanya akan dikatakan sukses bila sudah berhasil menembus berbagai macam media sebagai tempat permainannya. Nah, kali ini kami akan PUBG PC, PUBG Mobile, dan PUBG Mobile Lite. Apa perbedaannya?

Contoh PUBG PC, game ini berhasil mencuri banyak perhatian orang-orang karena keseruannya dan esensi bermain yang didapatkan sangatlah realistis.

Sukses menjadi game battle royale yang penuh dengan strategi, Tencent games akhirnya menjadi sebuah naungan yang melahirkan dan membesarkan PUBG Mobile. PUBG Mobile memang pada awalnya dapat dimainkan di hampir semua smartphone pada masa itu, yaitu masa-masa dimana PUBG Mobile baru pertama kali dirilis.

Seiring dengan berjalannya waktu, PUBG Mobile terus mengalami update secara besar-besaran. Akhirnya membuat banyak smartphone dengan spesifikasi dibawah standar harus berhenti melangkah mengikuti update-update terbaru dari PUBG Mobile.

Tidak lama setelah itu, Tencent merilis PUBG Mobile Lite, yaitu PUBG Mobile dengan versi yang lebih ringan.

Baca Juga : 5 Trend Menular yang Sering Terjadi Pada Player PUBG Mobile!

PUBG Mobile Lite kehadirannya banyak diterima oleh mantan player PUBG Mobile yang kini sudah tidak bisa lagi bermain. Hal ini karena keterbatasan device telah membuka peluang setidaknya sebentar saja bagi mereka untuk kembali bermain game tersebut.

Nah, bagi kalian yang masih bingung atau bahkan belum paham sama sekali mengenai perbedaan apa saja yang ada diantara PUBG PC, PUBG Mobile, dan PUBG Mobile Lite kalian bisa simak penjelasannya di bawah ini!

Apa Saja  Perbedaannya?

PUBG PC

Pinterest

PUBG PC tentunya dimainkan di perangkat komputer yang pasti memiliki spesifikasi lebih canggih atau lebih kuat jika dibandingkan dengan smartphone. Penggunaan memori yang besar serta RAM yang besar tentu membuat PUBG PC lebih leluasa untuk menggunakan grafis yang mulus sebagai tampilan utama mereka.

PUBG PC memiliki grafis yang tidak mungkin bisa dibandingkan dengan smartphone, karena sudah pasti PUBG PC memiliki grafis yang lebih baik. Bukan hanya grafis, gameplay yang diberikan pun cukup terlihat berbeda walaupun memiliki tema permainan yang sama.

PUBG PC dinilai lebih realistis, dan benar-benar membuat siapapun yang memainkannya pasti dipaksa untuk melatih kemampuan otaknya berpikir secara matang tentang bagaimana menyusun strategi yang baik dan benar.

PUBG PC tidak akan menunjukkan dari mana arah suara tembakan yang kalian dengar, bahkan PUBG PC juga tidak akan menunjukkan kepada kalian darimana langkah yang ada di sekitaran kalian. Jika kalian terbiasa menakuti teman kalian di PUBG Mobile dengan menembakinya, maka hal ini tidak bisa kalian lakukan di PUBG PC.

Mempertahakan esensi realistisnya membuat PUBG PC tidak akan memberi toleransi kepada kalian ketika kalian menembak kawan tim kalian, yang biasanya tidak akan berdampak apapun di PUBG Mobile, namun di PUBG PC teman itu akan mati.

Jadi seperti di dunia nyata, mau teman atau musuh ketika ditembak pasti akan terluka. Itulah yang diterapkan oleh PUBG PC sehingga kalian juga diminta untuk lebih menghargai teman.

Tidak Ada Fitur Auto Loot

Ketika kalian sedang mencari looting atau mengumpulkan jarahan sekalipun, tidak ada fitur auto loot yang biasa kalian temukan di PUBG Mobile. Semuanya dibuat serba manual, seperti mengumpulkan jarahan bahkan hingga membuka pintu.

Di PUBG Mobile sekalipun jika kalian tidak menggunakan auto loot atau auto pick up, kalian akan tetap diberikan rokemendasi barang-barang yang sekiranya kalian butuhkan. Hal ini tidak terjadi di PUBG PC, jadi kalian memang diminta untuk berpikir sendiri tanpa mendapatkan pertolongan dari game tersebut.

Kalian suka memasuki rumah lewat jendela agar tidak terdeteksi keberadaannya oleh musuh jika lupa menutup pintu? Beruntunglah kalian yang masih menerapkan hal ini di PUBG Mobile. Hal ini karena ketika kalian bermain di PUBG PC, musuh akan tetap mengetahui posisi kalian.

Seperti pada kehidupan nyata, saat sebuah bangunan memiliki jendela, pasti akan dilapisi sebuah kaca, bukan? PUBG PC menerapkan hal tersebut. Jadi ketika kalian masuk bangunan melewati jendela pun akan tetap terdeteksi oleh musuh dengan pelihat bekas pecahan kaca bangunan yang kalian masuki.

Intinya, semua yang berada di PUBG PC dibuat begitu realistis, sehingga banyak fitur-fitur kemudahan atau kepraktisan yang ada di PUBG Mobile justru tidak ada di PUBG PC. Semuanya dibangun sedemikian rupa untuk mendapatkan esensi permainan yang begitu real atau nyata.

Baca Juga : 15 Cara Meningkatkan Aim PUBG Mobile Terbaru, Pro Banget!

 

PUBG Mobile

LDPlayer

Setelah PUBG PC sukses menarik perhatian banyak gamer di dunia, kini giliran PUBG melebarkan lagi sayapnya menjadi PUBG Mobile.

Jika kalian mengharapkan yang sebegitu realistisnya di PUBG Mobile, hal tersebut mungkin belum bisa kalian terima seindah apa yang kalian lihat di PUBG PC.

Memiliki konsep permainan yang sama, hanya saja dibuat lebih simple dan lebih menyenangkan serta sedikit lebih mudah jika dibandingkan dengan versi PC-nya.

Kalian tidak perlu repot-repot menggunakan komputer yang harus sulit mengendalikan keyboard dan mouse, hanya dengan satu perangkat kecil dan bermodalkan jari-jari yang lincah, kalian sudah bisa bermain PUBG Mobile.

PUBG Mobile memiliki banyak kemudahan yang tidak bisa kalian temukan di PUBG PC. Jika kalian sudah terbiasa bermain PUBG PC yang terbang dari pesawat tanpa mengetahui berapa jauh jarak antara pesawat dan lokasi yang dituju. Di PUBG Mobile pasti kalian akan terkejut melihat angka yang menunjukkan seberapa jauh jarak kalian ke lokasi dalam bentuk meter.

Bahkan, jika kalian terbiasa tidak mengetahui berapa jumlah pemain yang tersisa di dalam pesawat PUBG PC saat sedang terbang, jangan terkejut jika melihat angka 100 yang perlahan terus berkurang menjadi 0 ketika berada di pesawat PUBG Mobile.

Angka tersebut adalah angka yang memberi penjelasan tentang berapa jumlah orang yang tersisa di dalam pesawat sehingga kalian bisa mengira-ngira lokasi mana yang sekiranya banyak musuh di dalamnya.

Belum berhenti sampai disitu, PUBG Mobile memberikan kalian kemudahan yaitu tanda yang akan memberitahu kalian darimana arah tembakan dan langkah kaki musuh yang berada di sekitar kalian, sehingga hal ini akan memudahkan kalian untuk mendeteksi posisi musuh dan segera mengatur strategi yang baik untuk menghabisi musuh tersebut.

Fitur Auto Pickup

Yang satu ini bisa jadi keunggulan tersendiri bagi PUBG Mobile. Pasalnya dengan fitur auto pickup ini membuat proses looting di game PUBG Mobile ini jadi jauh lebih efisien ketimbang yang bisa dilakukan di PUBG PC sebagaimana yang telah disebutkan di atas.

Seperti yang sudah di bahas pada bagian PUBG PC, PUBG Mobile memberikan kalian sebuah fitur auto pick up loot yang akan memudahkan kalian saat sedang melakukan looting atau mengumpulkan hasil jarahan. Kalian bisa mengaturnya, di setiap senjata kalian bisa memberikan batasannya.

Contohnya, kalian mengatur senjata M416 hanya perlu membutuhkan 180 peluru, sehingga jika peluru M416 kalian sudah mencapai angka 180, sistem tidak akan melakukan pengambilan peluru secara otomatis lagi.

Bahkan jika kalian tidak menggunakan fitur auto pickup loot sekali pun, kalian tetap akan diberikan dua tipe barang yang di rekomendasikan oleh PUBG Mobile. Loot atau barang dengan warna background menandakan bahwa barang tersebut merupakan barang yang kalian butuhkan, atau merupakan barang yang jumlahnya masih belum memenuhi kebutuhan kalian.

Dan barang dengan background berwarna putih yaitu merupakan barang yang boleh kalian ambil boleh juga tidak, atau mungkin barang yang sudah mencapai batas maksimal yang kalian tetapkan sehingga kalian tidak perlu lagi menambahkannya.

Bukan hanya soal gameplay, PUBG Mobile juga memiliki banyak mode permainan yang bisa kalian nikmati, jadi bukan hanya mode classic saja lho! Sistem peringkat antara PUBG Mobile dan PUBG PC juga berbeda.

Jika kalian terbisa di PUBG PC dengan leaderboard yang memperlihatkan level dan jumlah EXP, hal ini tidak terjadi di PUBG Mobile. PUBG Mobile membaginya menjadi 3 peringkat bagian, solo, duo, dan squad. Masing-masing memiliki nama peringkatnya sendiri yaitu Bronze, Silver, Gold, Platinum, Diamond, Crown, Ace, dan yang tertinggi untuk server adalah Conqueror.

Baca Juga : 4 Tips Flare Gun PUBG Mobile yang Baik dan Benar!

 

PUBG Mobile Lite

LDPlayer

PUBG Mobile berhasil mencuri hati banyak pemain sehingga akhirnya memaksa Tencent game untuk terus melakukan update demi menghibur para pemainnya.

Update yang dilakukan oleh Tencent bukanlah update yang sembarangan, biasanya mereka menambahkan hal baru seperti senjata, mode permainan, bahkan tampilan atau grafis yang terus diperbaiki.

Update-update besar tersebut memang terlihat keren, namun nyatanya tidak untuk beberapa player yang tidak memiliki smartphone dengan spesifikasi tinggi.

PUBG Mobile merupakan game yang cukup berat untuk sebuah game mobile, oleh karena itu banyak player-player yang perlahan gugur atau tidak bisa bermain PUBG Mobile lagi jika devicenya tidak sanggup untuk menampung game tersebut.

Namun, kesedihan ini diselesaikan oleh Tencent yang pada akhirnya merilis PUBG Mobile Lite. PUBGM Lite ini seperti pada namanya adalah PUBG Mobile namun dengan versi yang lebih ringan.

Tidak Lebih Dari 60 Orang

Jika kalian biasa bermain dengan 100 orang pemain di dalam mode classic, di PUBGM Lite ini kalian hanya bermain di mode classic dengan jumlah tidak lebih dari 60 orang. Dan bahkan ketika kalian terbiasa dengan Sanhok yang merupakan map dengan ukuran terkecil. Di PUBGM Lite mereka menggunakan ukuran map yang lebih kecil lagi yaitu 2×2.

Tidak banyak perbedaan yang terjadi antara PUBG Mobile dan PUBGM Lite. Semuanya dibuat semirip mungkin oleh Tencent agar tetap menjaga esensi permainan PUBG Mobile yang menyenangkan.

Bahkan jika kalian ingin mencoba bermain beberapa mode permainan seperti Payload dan Team Deathmatch, kalian bisa mencobanya juga di PUBGM Lite!

Memang tidak belum sebanyak PUBG Mobile jika dilihat dari jumlah penggunanya, namun setidaknya Tencent sudah berusaha untuk mengobati rasa rindu yang selama ini dirasakan oleh banyak pemain PUBG Mobile yang smartphonenya sudah tidak bisa lagi digunakan untuk memainkan game tersebut.

Hanya cukup bermodalkan RAM sebesar 2GB saja, kalian sudah bermain PUBG Mobile Lite. Namun sayangnya, PUBG Mobile Lite tidak bisa digunakan atau di download untuk smartphone dengan software iOS atau iPhone. Game PUBG Mobile Lite ini hanya tersedia bagi mereka yang menggunakan smartphone android.

Lalu bagaimana nasibnya pengguna iPhone yang tidak lagi kuat menampung game PUBG Mobile yang semakin berat tersebut sedangkan tidak diberikan kesempatan untuk merasakan keseruan bermain PUBG Mobile Lite?

Jawabannya adalah entah mereka yang berpaling mencari game baru sebagai pengganti PUBG Mobile, atau bersabar menunggu hingga Tencent merilis PUBG Mobile Lite versi iOS.

Baca Juga : Hati-Hati, 4 Tindak Kejahatan di PUBG Mobile yang Harus Kamu Hindari!

 

Berdasarkan penjelasan kami di atas, PUBG versi apa yang paling kalian gemari? Terima kasih sudah menyimak!

Website ini menggunakan Coookie untuk kestabilan akses, Apakah kamu menerimanya? Terima! Detail Tetang Cookie

error: Content is protected !!