esportsku
Berita Esports Indonesia

Review Acer Predator Helios 300, Laptop Gaming Harga Entry Level Performa High Level!

Dibekali dengan chipset dan GPU yang kuat, pastinya i7 dan RTX 2070 sangat kuat dalam performa laptop ini. Laptop dengan RTX akan menampilkan gambar yang sangat tajam dan juga layar dengan 144Hz membuat laptop ini dapat menembus 120+fps dengan mudah.

0

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Pertarungan di pasar laptop gaming dengan harga miring dapat dibilang sebagai pertumpahan darah. Banyaknya  laptop gaming seperti Legion, ROG, dan Predator menjadi persaingan yang sengit. Karena saling bersaing untuk menjadi yang termurah dengan spec terbaik, Acer Predator Helios 300 menawarkan GPU Nvidia GeForce RTX 2070 membuat laptop ini cukup modern dengan harga miring dibanding yang lain.

Dibuka dengan harga retail di Indonesia sebesar Rp 22.999.000, bahkan ada yang lebih murah membuat Helios 300 dapat dibilang sebagai laptop gaming budget rendah. Walaupun terbilang budget rendah, tetapi  fitur di laptop ini tidaklah budget rendah juga. Memiliki fitur yang dipunyai laptop lain yang berharga lebih mahal dari Helios 300 membuat laptop ini sebagai laptop entry level terbaik untuk gaming laptop.

Review Acer Predator Helios 300, Laptop Harga Entry Level Performa High Level!

HARGA ENTRY-LEVEL PERFORMA HIGH-LEVEL

Helios 300 bukanlah laptop yang premium seperti laptop high-end lainnya. Memiliki desain yang dapat terlihat jelas sebagai gaming laptop. Memiliki kombo warna hitam dan biru yang futuristik nan estetik. Dengan warna hitam dan aksen biru yang mewarnai laptop ini, sangat menonjolkan touchpad dan tombol-tombol penting lainnya.

Memiliki sudut yang terlihat jelas dan pinggiran yang terlihat kokoh, laptop ini cukup berat dari segi berat nya. Tetapi hal ini untuk mengamankan komponen yang ada didalamnya dan masuk akal. Dibekali dengan chipset dan GPU yang kuat, pastinya i7 dan RTX 2070 sangat kuat dalam performa laptop ini. Laptop dengan RTX akan menampilkan gambar yang sangat tajam dan juga layar dengan 144Hz membuat laptop ini dapat menembus 120+fps dengan mudah.

Walau disebut sebagai laptop gaming budget dan entry level, laptop ini tidak bisa dianggap remeh. Performa tinggi dengan harga murah ini mempunyai power yang tidak beda jauh dengan gaming laptop mid level lainnya.

PROCESSOR

Helios 300 dibekali dengan Intel Core i7 9750H Generasi-9. Processor yang cukup kuat ini mampu melakukan proses yang tinggi secara optimal. Processor Hexa-core ini diunggulkan dalam process rendering maupun gaming.

Dengan 6 core, 12 thread, dan performa maksimum sampai 4.50GHz pastinya membuat chip yang satu ini tidak bisa dianggap remeh. Kekuatan atau power yang tinggi dengan arsitektur Coffee Lake pastinya tidak bisa diragukan lagi kekuatannya. Dengan performa chip seperti ini pastinya ketika bermain game tidak akan dirasakan FPS drop dan lebih stabil juga.

NVIDIA GEFORCE RTX 2070

Dilengkapi dengan Nvidia GeForce RTX 2070, GPU ini adalah GPU yang bukan ecek-ecek. Masuk ke dalam kelas menengah ke atas, RTX 2070 menang jauh dari 1080. Sangat kuat dengan dituntutnya untuk bermain game berat, RTX 2070 tidak menjadi masalah dengan ini.

GPU ini juga didesain Nvidia untuk kalian yang sangat suka bermain game dan untuk content creator. Dikombo dengan processor yang kuat di laptop ini, segala tugas yang dibebankan tidak akan menjadi masalah.

Mampu menjalankan banyak game diatas 120FPS dengan mudah. Dengan asitektur Turing GPU ini juga efisie mengangkat game berat seperti Shadow Of The Tomb Raider, The Division, dan Wolfenstein tanpa kesulitan.

Spesifikasi Mesin GPU:
  • NVIDIA CUDA® Cores: 2560
  • TRTX-OPS: 52
  • Giga Rays/dtk: 7
  • Boost Clock (MHz): 1770
  • Base Clock (MHz): 1605

Spesifikasi Memori:

  • Kecepatan Memori: 14 Gbps
  • Konfigurasi Memori Standar: 8GB DDR6
  • Lebar Interface Memori: 256 bit
  • Bandwith Memori (GB/detik): 448

Dari GPU ini juga mendukung adanya Ray Tracing agar gambar game kalian semakin tajam, support 4K display, support gsync yang cocok dengan layar laptop 144Hz untuk mencapai FPS maksimum, dan pastinya VR ready.

BENCHMARK GPU

Jika dibandingkan dengan 2070 di laptop lainnya, Helios 300 memilik performa yang saling balap-membalap satu sama lainnya. Mampu seimbang dengan ROG Strix milik ASUS dan sedikit kalah dari MSI GE75, dapat terbilang bahwa Helios mampu sebagai laptop gaming kelas bawah dan menengah.

Tidak hanya benchmark saja, Helios 300 juga memiliki hasil gaming yang memuaskan.

GAMING TEST

  • FULL HD, NORMAL SETTING: 120 FPS
  • FULL HD, HIGH SETTING: 103 FPS
  • FULL HD, ULTRA SETTING: 79 FPS

rise-of-the-tomb-raider

  • FULL HD, MEDIUM SETTING: 130 FPS
  • FULL HD, VERY HIGH SETTING: 72 FPS
  • FULL HAD, MAX SETTING: 49 FPS

  • FULL HD, HIGH SETTING: 88 FPS
  • FULL HD, VERY HIGH: 78 FPS
  • FULL HD, ULTRA SETTING: 50 FPS

  • FULL HD, MEDIUM SETTING: 94 FPS
  • FULL HD, HIGH SETTING: 88 FPS
  • FULL HD, HIGHEST SETTING: 57 FPS

Mendapatkan FPS yang tinggi di game demanding seperti ini membuat Helios 300 sangat cocok untuk kalian yang suka bermain game pastinya. Dengan setingan tinggi atau bahkan ultra, terlihat Helios 300 mendapatkan FPS tinggi yang stabil, dan dengan 144Hz, pastinya semua pergerakan game kalian akan lebih halus.

RAM 16GB DDR4 (UPGRADEABLE)

Laptop ini dibekali RAM yang sangat tinggi sebesar 16GB dan dapat di tambah lagi sampai 32GB. Dengan RAM besar seperti ini pastinya multitasking dan menjalankan program juga game berat bukanlah sebuah masalah lagi. Jaman sekarang dimana RAM/stick nya semakin murah, menambah RAM ke 32GB pastinya bukan masalah lagi, tetapi terkadang 32GB itu terhitung overkill untuk hitungan laptop yang nantinya performa akan terjadi bottleneck.

MEDIA PENYIMPANAN (STORAGE)

Dibekali kedua jenis storage yaitu HDD dan SSD, pastinya laptop ini akan memiliki penyimpanan yang sangat tinggi. HDD  sebesar 2TB dengan kecepatan disk 5400 RPM pastinya tidak bisa dianggap remeh. Jika kalian berpikir bahwa HDD kurang cukup, tenang karena laptop ini mempunyai slot SSD 256GB yang bisa diupdgrade sampai 1TB SSD dengan slot tambahan.

Dengan storage tinggi seperti ini pastinya penyimpanan tidak menjadi masalah lagi. Dengan SSD dan HDD yang besar penyimpanan file, program, dan game bukan jadi masalah. SSD yang dapat menampung banyak size ini cocok untuk kalian yang senang menyimpan program dan game didalam SSD agar mendapatkan load yang cepat.

DISPLAY

Helios 300 dibekali layar untuk display yang terbaik. Dengan 144Hz dan input 3ms, pastinya layar kalian akan mendapatkan kondisi yang terbaik. Gambar yang tajam, input yang cepat, FPS yang tinggi, dan power besar pastinya akan mendukung segala kinerja penggunaan laptop ini.

Dengan 144Hz1 Refresh Rate, 3ms2 Overdrive Response, dan FHD 1920 x 1080 gambar yang bermunculan di layar pastinya akan sangat kaya warna dan tajam juga. Meminimalisir motion blur dan menambah gambar yang tajam laptop ini akan cocok untuk kalian yang senang bermain game cepat layaknya game-game FPS atau sports seperti FIFA/PES dan juga game dengan dunia yang kaya warna seperti MMORPG.

GRAFIK RTX READY

Dengan adanya GPU RTX, pastinya laptop ini juga mendukung dengan adanya Ray-Tracing. Dengan ray tracing, kalian akan dibantu AI ketika proses pengolahan grafis dan juga cahaya membuat game kalian akan lebih realistis dan lebih tajam.

Teknologi ray tracing di RTX ini juga didukung banyak game lainnya jadi kalian tidak perlu takut bahwa fitur RTX ini tidak akan sering terpakai. Game seperti Call of Duty, Cyberpunk 2077, Minecraft, Control, Dying Light 2, dan lain-lain dapat kalian coba dengan RTX On.

DAYA TAHAN BATTERAI

Helios 300 walau tidak memiliki kapasitas batterai yang tinggi seperti laptop lainnya, sangat mengaggetkan bahwa laptop ini juga bertahan lama. Mengalahkan beberapa laptop milik ASUS dan MSI, Helios 300 mampu bertahan lebih lama menjadi bukti bahwa laptop ini sangat efisien.

AUDIO

Helios 300 dibekali dengan audio yang sangat crisp berkat WAVES NX® 3D SOUND. Membuat semua headphone menjadi 3D sounds yang tajam akan membuat pengalaman media seperti musik,film, dan game akan menjadi yang terbaik.

NX mempunyai beberapa fitur yang sangat berguna untuk para pengguna seperti;

  • Waves Maxxaudio: Meningkatkan proses suara yang dihasilkan laptop menjadikan output menjadi yang terbaik dan paling cocok.
  • Maxxbass: Dengan Maxxbass suara bas kalian akan semakin terangkat, mendengarkan musik pastinya akan menjadi lebih baik.
  • Maxxdialog: Meningkatkan suara dan memperjelas dialog baik di film dan game membaut pengalaman pengguna pastinya menjadi yang nomor 1.

KONTROL DAN KEYBOARD

Keyboard yang memiliki backlight 4 warna ini bisa kalian atur secara bebas di aplikasi Predator di dalamnya. Memiliki fullset typeface keyboard, sayangnya laptop ini mirip seperti Nitro 5. Keyboard yang tidak begitu spesial dan biasa saja.

Keyboard ini tetapi memiliki keunggulan control dan shortcut seperti TURBO dan PREDATORSENSE. Kedua tombol ini memiliki fungsinya masing-masing. Turbo berguna untuk overclocking instant laptop kalian, sangat berguna ketika gaming session. PredatorSense digunakan untuk membuka interface PredatorSense.

PREDATORSENSE

PredatorSense akan menjadi teman kalian selama penggunaan laptop Helios 300 ini. Aplikasi ini adalah sebagai total control yang dapat mengatur segala fasilitas dan fungsi laptop ini. Banyak sekali yang dapat kalian lakukan dengan PredatorSense seperti;

  • Overclock: Kalian bisa dengan mudah overclock laptop kalian dari interface yang mudah digunakan ini.
  • Fan Control: Kecepatan kipas dan temperatur bisa kalian atur juga dari sini, membuat kontrol dalam laptop ada di tangan kalian.
  • Monitoring: Dengan monitoring kalian dapat memantau kineja laptop mulai dari program sampai koneksi.
  • Lighting: Pengaturan untuk pencahayaan layar dan juga backlight keyboard bisa diatur juga disini.
  • Mobile App: Dapat mengaitkan mobile app yang dapat disambungkan dengan laptop dengan mudah.

KILLER NETWORK

Sama seperti laptop gaming milik Acer lainnya, Helios 300 juga tidak kelewatan mendapatkan fitur Killer Network yang juga mengatur Killer Ethernet dan Network Optimizer. Fitur ini sangat membantu kalian ketika bermain game online ataupun streaming. Pastinya latency kalian akan lebih stabil menggunakan ini.

Fitur ini akan mendeteksi semua running program seperti gaming, streaming, dan browsing. Killer Network juga akan secara otomatis mengatur kebutuhan bandwith untuk pengalaman gaming yang lebih baik.

KELENGKAPAN LAINNYA

Acer Predator Helios 300 juga dilengkap dengan port yang cukup lengkap.

  • 3x USB type-A
  • HDMI
  • Ethernet Lan
  • Audio Jack 3.5mm
  • Web Camera
  • Bakclit Keyboard
  • Microphone
  • 2 Stereo Speaker

PRO DAN KONTRA

PRO

  • 1080p gaming yang solid
  • Core i7 chip yang fleksibel
  • Kualitas layar yang ciamik
  • Kualitas yang konsisten untuk harganya
  • 144Hz

KONTRA

  • Keyboard bisa lebih baik
  • Eksterior terlalu berat, tebal, dan besar
  • Suara yang bising
  • Mudah sekali panas

KESIMPULAN

Dibuka dengan harga Rp 22 jutaan pastinya laptop ini sangat cocok dengan harganya sangat murah untuk di tahap mid level. Sebagai laptop      mid level Helios 300 sudah lebih dari cukup dan menjadi pilihan terbaik banyak orang.  Helios 300 adalah pilihan pertama banyak orang sebagai laptop gaming mid level dengan spec high level tentunya. Sayangnya stok yang tidak terlalu banyak terus disediakan oleh Acer menjadi rintangan pertama untuk memiliki laptop ini.

OSWindows 10 Home
Layar15.6” / 17.3” FHD (1920 x 1080) IPS display, 300 nits, supporting 144Hz, 3 ms Overdrive
ProsesorIntel® Core™ i7 / i5 9th Gen
MemoriUp to 16 GB of DDR4 system memory, upgradeable to 32 GB using two soDIMM modules
Grafis●       Overclockable NVIDIA® GeForce RTXTM 2070  with Max-Q Design

●       NVIDIA® GeForce RTXTM 2060

PenyimpananUp to 1 TB, 2x M.2 NVMe, RAID 0 SSD, Up to 2 TB HDD
Dimensi361.4 (W) x 254.15 (D) x 22.9 (H) mm (15inch)

403.5 (W) x 280 (D) x 24.7 (H) mm (17inch)

Berat2.4 kg (15inch, one HDD and one SSD)

2.3 kg  (15inch, one SSD)

2.9 kg (17inch)

WebcamHD Camera
KonektivitasKiller DoubleShot™ Pro

Killer™ Wireless-AC 1550 / 1550i

Killer™ Ethernet E2500

AudioWaves MaxxAudio® sound technology and Waves Nx™

 

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Website ini menggunakan Coookie untuk kestabilan akses, Apakah kamu menerimanya? Terima! Detail Tetang Cookie

error: Content is protected !!