esportsku
Berita Esports Indonesia

Review ASUS ROG GX800, Laptop Gaming Harga 95 Juta

0

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Laptop dengan spesifikasi hardware yang mumpuni sudah pasti jadi idaman setiap orang jaman sekarang, terutama bagi para gamers dan profesional esports player. Tapi gimana jadinya jika ada Laptop dengan harga yang sangat fantastis yaitu 95 Juta ? Kaget, Bingung dan ga percaya ? yang pasti kalian penasaran karena terus melanjutkan baca artikel ini.

Ya benar, ASUS sebagai produsen laptop gaming ternama di dunia kembali ‘berulah’, mereka dengan bangga memperkenalkan Laptop Gaming paling ‘gila’ yang pernah dibuat saat ini. Laptop Gaming tersebut adalah ASUS ROG GX800 yang baru saja launching di Indonesia.

Kenapa harganya bisa semahal itu ? karena ASUS ROG GX800 membawa prosesor Intel i7-7820HK yang merupakan generasi ke-7 yaitu Kaby Lake. Tidak hanya itu, hal yang mengejutkan adalah prosesor ini dapat di overclock hingga 4,4 GHz. ASUS ROG GX800 juga dilengkapi dengan RAM 64GB DDR4 2800MHz, dua buah GPU GTX 1080 SLI dikombinasikan dengan HDD sebesar 1,5 TB dan fitur NVMe SSD RAID 0. Jika melihat spesifikasi tersebut laptop ini bisa dibilang setara dengan pc desktop. Lalu apa saja fitur yang ditawarkan oleh laptop seharga 95 juta ini ? berikut ulasan lengkap dari kami.

Prosesor Kaby Lake Intel i7-7820HK

ASUS ROG GX800 ini menggunakan prosesor generasi terbaru yang dirilis bulan Januari kemarin, yaitu Intel Core i7-7820HK dengan basis arsitektur CPU Kaby Lake. Prosesor yang memiliki 4 core ini mampu memproses 8 thread secara bersamaan berkat teknologi Hyper-Threading.

Dalam kondisi normal prosesor ini berjalan pada clock speed 2,9 GHz dan dapat di overclock hingga 4,4 GHz, kalian dapat dengan mudah melakukan overclocking terhadap prosesor menggunakan aplikasi ASUS Gaming Center yang sudah tersedia secara pre-installed. Clock speed itu sendiri sangat berpengaruh terhadap kinerja laptop secara keseluruhan, salah satunya meningkatkan frame rate (FPS) pada game yang pastinya sangat membantu kalian para gamers dan juga profesional esports player.

Nvidia GeForce GTX 1080 SLI

Demi mengimbangi prosesor ‘ekstrem’ yang dimilikinya, ASUS ROG GX800 didukung dengan kartu grafis terbaik untuk laptop saat ini, yaitu Nvidia GTX 1080, menariknya ASUS tak hanya menanamkan satu, tapi dua kartu grafis sekaligus yang terhubung secara SLi.

Kartu grafis model NVIDIA 16nm berasitektur Pascal ini dirancang untuk gamer yang sangat memperhatikan detail visual game secara keseluruhan dalam settingan tertinggi. Pascal sendiri jauh lebih hemat energi dibandingkan pendahulunya yaitu Maxwell.

Secara spefikasi GTX 1080 memiliki CUDA Core sebanyak 2560, dengan base clock 1607 MHz dan boost clock 1733 MHz.  Satu buah GTX 1080 memiliki VRAM sebesar 8 GB GDDR5X dengan jalur memori bus selebar 256 bit berkecepatan 10 Gbps, silahkan kalian bayangkan sendiri jika terdapat 2 kartu grafis GTX 1080 dalam satu buah laptop gaming. Amazing !!

Tak cukup sampai disitu, keberadaan ASUS Gaming Center tidak hanya untuk meng-overclock CPU namun juga GPU. GTX 1080 dapat di overclock mencapai angka 2,1 GHz, tes yang dilakukan pada beberapa game menunjukan, bahwa GTX 1080 mampu menjalankan semua game berat di resolusi 4K dengan nilai FPS mencapai di atas 60.

G-Sync, VR Ready dan fitur lainnya

Jika berbicara kartu grafis Nvidia, sudah pasti laptop ‘monster’ ini memiliki fitur G-Sync, yaitu teknologi dari Nvidia yang dapat mensinkronasi refresh rate layar dengan frame rate dari Nvidia GTX 1080 untuk tampilan visual yang lebih halus serta mulus. G-Sync sendiri dapat membantu kalian untuk menghindari lag, meminimalisir stutter, dan menghilangkan tearing.

Selain itu ada juga fitur VR Ready serta beberapa teknologi lainnya antara lain Vulkan API, OpenGL dan lain-lain. Semua fitur tersebut berguna untuk memaksimalkan serta mengoptimalkan efek efek di dalam game agar bisa berjalan mulus ketika dimainkan.

RAM 64GB DDR4

ASUS ROG GX800 didukung dengan memori RAM 64GB DDR4. Memiliki bandwith 20% lebih besar dibanding DDR3 dan mampu bekerja pada voltase 1,35V, pastinya akan menghemat energi dari laptop itu sendiri. RAM DDR4 pada laptop gaming ASUS ROG GX800 berjalan di kecepatan hingga 2800MHz, lebih tinggi dari DDR4 yang biasanya memiliki kecepatan 2133MHz.

Desain Premium Identitas Republic of Gamers

Desain laptop ini bisa dibilang sangat mirip dengan pendahulunya ASUS ROG GX700. Dengan warna dasar abu-abu mengkilap serta logo kebanggaan ASUS ROG ditengahnya ditambah lagi dua garis LED merah yang bisa menyala, membuat kesan premium yang sangat keren dan menarik.

Untuk bahan yang digunakan sendiri adalah alumiunium pada bagian palm rest, area keyboard dan Panel LID atau covernya. Sementara bodi bagian bawah, khususnya cover penutup untuk mengakses kompartemen bagian dalam tempat menyimpan HDD, SSD, dan RAM terbuat dari material plastik khusus.

Media Penyimpanan (Storage)

Mengingat perkembangan game jaman sekarang yang membutuhkan media penyimpanan (storage) cukup besar. Laptop gaming ASUS ROG GX800 kali ini dilengkapi 3 buah NVMe-SSD dari Samsung yakni SM951 dengan masing-masing kapasitas sebesar 512GB.

Dalam sebuah pengujian dengan menggunakan software CrystalDiskMark, SSD tersebut mampu menghasilkan read speed hingga 3450 MB/s dan write speed hingga 3040 MB/s.

Kecepatan tersebut dapat dihasilkan berkat pemanfaatan teknologi NVMe yang dapat memberikan kecepatan read dan write data super cepat dibanding teknologi Advance Host Controller Interface (AHCI) serta Slot PCIE 4 yang menghasilkan kecepatan membaca SSD hingga 20Gb per detik, atau 4 gigabyte lebih cepat dibandingkan dengan Raid 0.

Mekanikal Keyboard

Keyboard pada laptop ASUS ROG GX800 menggunakan jenis mekanikal keyboard ditambah  tombol khusus untuk membuka aplikasi ASUS Gaming Center di bagian atas yang berdampingan dengan 3 tombol makro key, video record, serta volume min and max. Untuk performa keyboard ini dari segi kenyamanan dan daya tahan jauh lebih baik dari pendahulunya ROG GX700. Keyboard ini juga terasa lebih clicky, halus dan empuk ketika ditekan. Cocok untuk kalian yang sangat berdedikasi tinggi di industri esports.

Untuk tampilan, mekanikal keyboard ini memiliki fitur RGB Light dengan tombol WASD yang diberikan warna agak bold dengan aksen putih disekelilingnya. Kalian juga dapat menyesuaikan warna RGB Light melalui ROG Aura yang terdapat di ROG Gaming Center.

Trackpad dan Mouse

Melihat sedikit kebagian trackpad, ASUS ROG GX800 memiliki trackpad yang sangat responsive dengan daya jelajah yang amat luas. Trackpad buttonnya pun dibuat dengan sangat baik dan empuk ketika ditekan. Ditambah lagi nuansa menarik dari logo ASUS yang menyala tepat di sebelah kanan laptop tersebut, yang warnanya juga dapat disesuaikan RGB-nya.

ROG GX800 juga di bundle dengan sebuah mouse ROG Gladius, mouse gaming ini dapat kalian setting tingkat DPI-nya hingga 6400 yang pastinya sangat berguna untuk kalian pecinta game First Person Shooter.

Display layar 18.3 inci

ASUS ROG GX800 memiliki bentang layar seluas 18.3 inci dengan panel beresolusi Ultra HD alias 4K (3840X2160), dilengkapi dengan tingkat refresh rate 60Hz, laptop ini memang di desain untuk bermain game kelas premium.

Bukan hanya ukurannya yang luas, Display ROG GX800 juga mendapatkan finishing matte yang dapat membantu mereduksi pantulan sinar cahaya serta membuat mata tidak mudah lelah saat menghadap layar dalam jangka waktu cukup lama

In-Plane Switching (IPS)

ASUS juga memberikan teknologi in-plane switching (IPS). Fitur ini sangat bermanfaat bagi kalian yang hobby di bidang fotografi, desain grafis, konten game 3D, hingga membuat sebuah film, karena teknologi ini dapat memberikan akurasi dan reproduksi gambar yang lebih baik.

Jangan khawatir, tekonologi ini juga sangat berguna untuk para gamers, khususnya kalian yang bercita-cita menjadi professional esports player. IPS dapat membantu kalian mendapatkan posisi terbaik dan ternyaman dari sudut manapun yang diinginkan, yang pastinya dapat meningkatkan performa permainan kalian.

ASUS Splendid Technology

Tak cukup sampai disitu, sebagai salah satu laptop terbaik saat ini, ASUS ROG GX800 juga menyajikan teknologi bernama Spendid Display. Fitur yang memiliki 4 mode ini digunakan untuk menyesuaikan tampilan layar sesuai kebutuhan kita, seperti Normal Mode untuk kenyamanan saat mengedit dokumen, Vivid Mode untuk ketajaman gambar agar terlihat lebih hidup, Manual Mode untuk mengatur kecerahan, bahkan hingga mode untuk kesehatan mata agar terhindar dari cedera retina yaitu Eye Care Mode.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Docking Watercooling

Melihat spesifikasi komponen laptop gaming ASUS ROG GX800 yang luar biasa, ASUS memilih untuk mendesain ulang konsep pendinginan pada watercooling. Aliran watercooling yang terbuat dari radiator di desain agar mampu mengaliri dua buah GPU sekaligus CPU untuk mendinginkan system.

Maka tidak heran jika laptop gahar ini mampu di overclock hingga frekuensi 4,4 GHz dengan aman ketika dalam kondisi docking mode (notebook telah terpasang dengan docking watercooling).

Laptop dengan hardware yang terbilang ekstrem seperti ASUS ROG GX800 pastinya harus ditunjang dengan pendinginan yang mempuni, agar performa dan daya tahan semua komponen dapat berjalan maksimal. Nah disinilah teknologi Docking Watercooling ambil bagian.

Cara kerja dari docking yang  oleh ASUS disebut sebagai Hydro Overclocking Station adalah dengan cara mengalirkan cairan yang berasal dari tangki melalui tabung selang yang didorong oleh pompa menuju ke dalam perangkat untuk mendinginkan sistem yang sedang bekerja.

Setelah itu, cairan yang menjadi panas tersebut dialirkan lagi keluar system dan kembali menuju docking untuk di dinginkan dengan radiator. Panas yang dihasilkan dibuang keluar melalui lubang ventilasi pada radiator.

Dual Array Microphone

Melihat industri game profesional atau esports yang semakin berkembang dengan pesat, ASUS menyadari hal tersebut dengan menghadirkan teknologi Dual Array Microphone pada laptop ASUS ROG GX800. Fitur ini dapat menangkap suara dengan jernih tanpa harus terganggu suara lingkungan yang berisik di suatu tempat atau ketika kamu sedang mengikuti kompetisi gaming outdoor.

Teknologi Noise Supression yang dimiliki ASUS juga dapat melakukan penyaringan polusi suara yang dihasilkan pengguna seperti suara ketika mgenetik keyboard, suara kipas laptop hingga audio yang dikeluarkan game itu sendiri. Sehingga lawan bicara atau teman satu tim dapat mendengar suara kalian dengan jelas tanpa terganggu suara lain yang tidak diinginkan.

Kelengkapan Port Input Output

ASUS ROG GX800 memiliki port HDMI 2.0 untuk memfasilitasi monitor 4K dengan tingkat refresh rate 60Hz. Adapula display port 1.3 yang mendukung 8K monitor (60 Hz) atau dual 4K monitor 60Hz. Lalu ada 2 buah USB 3.1 Type C yang telah mendukung Thunderbolt 3.0, 3 buah USB 3.0 Type A, Headphone jack, mic jack, WiFi Antena eksternal serta 2-1 card reader. Tidak lupa juga LAN port dan Kensington lock.

Laptop ganas ini juga punya exhaust yang terletak di belakang notebook untuk mengeluarkan panas. Sementara dua buah ventilasi yang terletak di kanan dan kiri perangkat berguna untuk menyaring udara yang masuk.

ASUS Gamefirst III

Koneksi internet yang cepat dan stabil menjadi kebutuhan hampir setiap orang jaman sekarang, apalagi para gamers dan profesional esports player yang harus terus terkoneksi saat sedang bermain. Tapi gimana jadinya jika kita harus mendownload sebuah file dan bermain game diwaktu yang bersamaan ? ASUS memberi kalian jawabannya, yaitu fitur ASUS GameFirst III yang akan mengoptimalkan koneksi internet untuk kebutuhan gaming dibanding dengan kebutuhan lainnya. Sehingga kita tidak perlu takut untuk menjalankan aplikasi lain di background, atau sambil mendownload file dari internet ketika bermain game, karena bandwidth internet akan diutamakan untuk kebutuhan bermain game.

Kesimpulan

Berkat Docking Watercooling, ASUS ROG GX800 menjadi salah satu laptop gaming dengan konsep paling menarik dalam beberapa tahun terakhir.

Meskipun desain luar dari GX800 hampir sama persis dengan seri laptop gaming ASUS yang lain, fokus yang dikembangkan terdapat pada komponen, performa dan fitur yang ditawarkan. Perusahaan yang dinahkodai oleh Jerry Shen ini, benar-benar mengganti hampir seluruh hardware penting pada perangkatnya itu dengan teknologi terbaru.

Suksesor dari ASUS ROG GX700 ini tidak hanya meningkatkan jumlah atau kapasitas Solid State Drive tetapi juga jumlah GPU yang ditanamkan. Mengikuti konsep “two are better than one”, laptop gaming ASUS ROG GX800 dihadirkan dengan dua buah GPU high-end dari Nvidia. Panel UHD dengan teknologi G-Sync dan port yang bervariasi (USB 3.1 Tipe-C, Thunderbolt 3, HDMI 2.0, dll) juga menjadi kelebihan lain dari laptop ini.

Harga yang menyentuh 95 juta bisa dibilang sebanding dengan teknologi yang ditawarkan. ASUS ROG GX800 memang pantas disebut laptop gaming ‘MONSTER’ terbaik saat ini.

Main Spec.ROG GX800 (G-SYNC)
CPUIntel® Core™ i7-7820HK processor overclock up to 4,2GHz
Operating SystemWindows 10 Home
Memory64GB DDR4 up to 2800MHz
StorageM.2 PCIEX4  NVMe 512G*3 RAID 0
Display18.4” Anti Glare UHD IPS LED backlight (3840X2160) with G-SYNC
GraphicsNVIDIA® GeForce® GTX 1080 SLI 16GB GDDR5 VRAM
Input/Output1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 1 x VGA port/Mini D-sub 15-pin for external monitor, 3 x USB 3.0 port(s), 2 x USB 3.1 port(s), 1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert, 1 x HDMI, 1x Thunderbolt
CameraBuilt-in HD camera and array mic
ConnectivityIntegrated 802.11ac, BT 4.0 support
AudioBuilt-in Speakers and Analog Microphone, Built-in Azalia compliant audio chip, SonicMaster. Built-in subwoofer, 4 speakers. ESS Sabre Headphone DAC to enhance audio performance.
Dimension 
Battery 
MSRP 
Warranty2 years full global warranty

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Website ini menggunakan Coookie untuk kestabilan akses, Apakah kamu menerimanya? Terima! Detail Tetang Cookie