Cara Daftar Kartu Prakerja

Share This Post

Cara daftar kartu prakerja merupakan salah satu cara yang cukup mudah. Program kartu prakerja yang dibuat oleh pemerintah ini pun sudah dibuka hingga gelombang 20.

Rencana pembukaan program ini sudah diumumkan sejak lama. Dan untuk kalian yang belum pernah mendaftar sebaiknya cara daftar kartu prakerja. Jumlah kuota maksimal dari setiap gelombang pendaftaran yaitu 800 ribu peserta.

Pendaftaran prakerja ini bisa dilakukan melalui situs resmi di www.prakerja.go.id, lalu pilih gelombang mana yang saat ini sedang tersedia. Sebelum melakukan pendaftaran, lakukan registrasi terlebih dulu di dashboard situs resminya.

Bagi peserta yang lolos dan pengajuan pendaftarannya diterima, akan mendapatkan gaji intensif sebesar Rp.3,55 juta (totalnya). Cara daftar kartu prakerja ini juga dibutuhkan oleh para pengguna.

Jadi bagaimana cara daftar kartu prakerja ini? Berikut ulasannya!

Cara Daftar Kartu Prakerja

Cara Daftar Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja dari Pemerintah

Program dalam hal pengembangan kompetensi kerja dan juga bidang kewirausahaan yang ditujukan untuk para pencari kerja, disebut dengan program kartu prakerja.

Program ini juga dapat ditujukan pada buruh atau pekerja yang mengalami PHK, buruh atau pekerja yang memerlukan peningkatan dalam hal kompetensi, termasuk juga para pelaku usaha kecil atau mikro.

Program yang satu ini memang dibuat khusus sebagai suatu produk, yang kemudian dikemas sedemikian rupa untuk memberi nilai untuk setiap penggunanya dan memberi nilai yang baik untuk sektor swasta.

Kartu prakerja ini hanya bisa diberikan pada warga negara Indonesia tertentu, sehingga tak bisa diberikan kepada:

  • Para pejabat negara.
  • Direksi, Dewan Pengawas, dan juga Komisaris yang ada di BUMN atau Badan Usaha Milik Negara dan BUMD atau Badan Usaha Milik Daerah.
  • Pimpinan dan juga anggota dari DPR dan DPRD.
  • Kepala Desa serta Perangkat Desa.
  • ASN.
  • Anggota Kepolisian Negara RI.
  • Prajurit TNI.

Persyaratan Pendaftaran dalam Mendaftar Program Kartu Prakerja

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mulai mendaftar program kartu prakerja, yaitu penuhi persyaratannya terlebih dulu. Berikut ini persyaratan dalam mendaftar program kartu prakerja:

  • Harus seorang WNI yang dimana usianya minimal 18 tahun.
  • Bukan anak sekolah/kuliah yang menempuh pendidikan formal pada umumnya.
  • Sedang mencari pekerjaan misalnya para buruh/pekerja yang di-PHK, pekerja/buru yang memerlukan peningkatan dalam hal kompetensi kerja, pekerja/buruh yang bukan penerima upah dan dirumahkan, serta para pelaku usaha kecil atau mikro.
  • Bukan penerima bantuan sosial di masa pandemi saat ini.
  • Maksimal memiliki 2 NIK dalam 1 KK.

Solusi dan manfaat apa saja yang akan diperoleh dari program kartu prakerja tersebut? Berikut penuturan lengkapnya:

  • Dapat membantu dalam meringankan biaya pelatihan yang nantinya akan ditanggung oleh pekerja dan juga perusahaan.
  • Mendorong kebekerjaan dengan cara mengurangi jumlah mismatch.
  • Dapat mengurangi biaya dalam mencari informasi mengenai pelatihan kerja.
  • Menjadi komplementer yang berasal dari pendidikan formal.
  • Dapat membantu daya beli dari masyarakat yang juga akan memberi dampak pada mata pencaharian di masa pandemi.

Cara Daftar Kartu Prakerja dengan Langkah Mudah

Setelah mengetahui dan memahami program prakerja tersebut maka kini saatnya untuk mendaftar program prakerja dengan cara daftar kartu prakerja berikut ini:

1. Membuat Akun Kartu Prakerja

  • Pertama-tama buka dahulu situs resmi program prakerja di prakerja.go.id.
  • Setelah itu masuk ke menu Daftar Sekarang.
  • Kemudian masukkan nama lengkap, alamat email aktif, dan juga passwordnya.
  • Mengecek email kamu untuk melakukan konfirmasi/verifikasi akun.
  • Jika akunnya sudah dikonfirmasi maka kembali lagi ke website prakerja.go.id.

2. Mengisi Data Diri

  • Masukkan alamat email dan juga password yang sudah didaftarkan.
  • Lalu masukkan nomor KTP dan juga tanggal lahir kamu.
  • Mengisi data diri dengan lengkap misalnya alamat rumah, nama, dan sebagainya.
  • Mengupload foto KTP.
  • Memasukkan nomor telepon aktif serta kode OTP yang nantinya akan dikirimkan pada ponsel yang sudah kamu daftarkan sebelumnya.

3. Mengikuti Tes Motivasi dan juga Kemampuan Dasar

  • Memulai tes dengan dan klik Mulai Sekarang.
  • Menyiapkan alat tulis untuk melakukan tes secara online yang dilakukan dalam waktu 15 menit.
  • Tunggu email pemberitahuan dari Kartu Prakerja itu sendiri.
  • Jika sudah menerima email maka kembali lagi ke website yang tadi supaya kalian dapat gabung dengan gelombang pendaftaran, yang saat itu sedang tersedia.

Baca juga : Cara Membuat Link WhatsApp Dengan Cepat

Tips Memilih Pelatihan di Program Kartu Prakerja Supaya Cepat Memperoleh Sertifikat

Setelah mengetahui bagaimana cara daftar kartu prakerja maka kalian dapat lakukan pendaftaran sekarang juga. Jika sudah mendaftar pilih jenis pelatihan yang bisa membuat kalian memperoleh sertifikat dengan cepat.

Program bantuan dana yang dibuat oleh pemerintah untuk masyarakat di Indonesia, supaya dapat meningkatkan kompetensi diri dengan melalui pelatihan yang resmi disebut dengan kartu prakerja.

Terdapat banyak platform digital yang bisa kalian gunakan untuk mengikuti pelatihan di kartu prakerja.

Berikut ini tips dalam memilih pelatihan pada program kartu prakerja agar bisa cepat dapat memperoleh sertifikat:

1. Meriset Platform Belajar Digital

Para peserta kartu prakerja nantinya akan memperoleh dana untuk pelatihan sebanyak 1 juta rupiah. Dana itu akan dipakai untuk membeli pelatihan yang ada di platform digital yang sudah bekerja sama dengan kartu prakerja.

Platform belajar digital yang bekerja sama langsung dengan kartu prakerja diantaranya yaitu Tokopedia, Pintaria, Maubelajarapa.com, Kemnaker, Bukalapak, Sekolah.mu, dan Pijarmahir.id.

Lalu kunjungi setiap platform belajar digital tersebut dengan mengenali bagaimana cara kerja platform tersebut, terlebih dahulu.

Baca juga : Cara Menggabungkan Foto Dengan Cepat

2. Mengikuti Pelatihan yang Sesuai dengan Bidang

Kemudian langkah berikutnya yaitu mengikuti pelatihan yang sesuai dengan bidang yang kalian kuasai saat ini. Misalnya kalian menguasai bidang keahlian memasak, kemudian ikuti pelatihan di bidang tersebut untuk meningkatkan kemampuan memasak kalian pada platform digital tersebut.

Harapan dari memilih pelatihan ini adalah supaya dapat meningkatkan kemampuan dasar. Kemampuan memasak yang diasah tersebut bisa dimanfaatkan untuk melamar pekerjaan yang berkaitan dengan bidang memasak.

Baca juga : 2 Cara Download Video Instagram

3. Belajar Menjalankan Bisnis

Dalam pelatihan yang ada di program kartu prakerja tersebut juga ada pelatihan yang mengajarkan bidang bisnis. Persaingan yang ada di pasar kerja untuk saat ini memang terbilang sulit, sehingga pelatihannya bisa meningkatkan kemampuan kalian dalam berbisnis.

Setelah meningkatkan bidang bisnis ini maka kalian dapat mengaplikasikannya di dunia kerja, atau bahkan membuka suatu bidang bisnis tertentu.

4. Melihat Review dan Ratingnya

Tips selanjutnya akan sangat membantu kalian dalam memilih pelatihan yang cocok di kartu prakerja. Kalian pastikan juga pelatihan yang nanti akan kamu ikuti memiliki rating dan juga review yang bagus, dari orang-orang yang pernah menggunakannya.

Hal tersebut akan menunjukkan bahwa pelatihan itu memang terbukti bagus dan bisa memberikan pelatihan dengan detail yang berguna di masa mendatang.

Baca juga : 10 Aplikasi Perekam Suara Terbaik

5. Memilih Platform yang Cepat dalam Memberikan Sertifikat

Kalian juga dapat platform belajar digital yang akan memberikan sertifikat dengan cepat. Apabila tidak ada review tentang pemberian sertifikat, maka hubungi platform terkait melalui email kemudian tanyakan soal sertifikat dan bagaimana prosesnya cepat atau lama.

Kalian dapat menggunakan cara daftar kartu prakerja ini dengan mudah. Cara daftar kartu prakerja ini juga dapat kalian membagikan ini kepada teman-teman kalian. Cara daftar kartu prakerja ini juga bisa kalian gunakan dengan cepat.

Baca juga : 2 Cara Membuat Email Baru Dengan Cepat

Itu tadi informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara daftar kartu prakerja. Semoga informasi yang kami sampaikan dapat ebrmanfaat bagi kalian para pembaca.

Terima kasih sudah berkunjung!

Terimakasih Sudah Membaca di Esportsku

Related Posts

Artikulli paraprak
Artikulli tjetër