siapa

Apa itu Magic Chess di Mobile Legends?

Pemain Mobile Legends: Bang Bang tentunya sudah tidak asing dengan nama Magic Chess.  Mengingat ini hanyalah mode tambahan dari permainan Mobile Legends, pemainnya Magic Chess tidak sebanyak Mobile Legends.  Bagi kalian yang mungkin belum pernah mencoba memainkan Magic Chess, tidak ada salahnya untuk mencoba game ini untuk pertama kalinya.  Artikel ini akan menjelaskan gambaran tentang apa itu Magic Chess di Mobile Legends.

Apa Itu Magic Chess Mobile Legends?

Magic Chess adalah salah satu game Arcade Mode di dalam Mobile Legends.  Jika kalian membuka mode Arcade, terdapat 2 mode yang bisa dimainkan, Brawl dan Magic Chess, dan 1 mode yang masih coming soon, Boommander.

Magic Chess adalah sebuah game mode permainan strategi 8 orang.  Setiap pemain saling bertarung satu sama lain dan creep secara acak di atas Chessboard (Papan catur).  Tidak seperti papan catur pada biasanya, semua bidak di dalam mode ini menggunakan hero-hero dari Mobile Legends seperti Lancelot, Minotaur, dan masih banyak lagi.  Tujuan dari game mode adalah membeli dan meng-upgrade hero dan Little Commander, mengatur lineup untuk melawan pemain lain dan membuat sinergi yang kuat.  Pemain yang dapat mengalahkan semua pemain adalah pemenangnya.

Lokasi dan Ukuran Magic Chess

Kalian bisa menemukan game mode Magic Chess di bagian Arcade.  Pada awal perilisan, ukuran dari Magic Chess tidaklah lebih dari 700 MB.  Namun setelah booming-nya Magic Chess dan banyak yang meminati game mode ini, ukuran Magic Chess jadi sulit diketahui karena tergabung dengan update Mobile Legends secara keseluruhan.

Apa itu Magic Chess di Mobile Legends (ML)?

Memilih Little Commander

Untuk bisa memainkan Magic Chess, kalian membutuhkan sebuah karakter baru bernama Little Commander.  Saat pertama kali kalian memainkannya, kalian akan mendapatkan karakter bernama Harper.  Hingga saat ini, terdapat 21 Little Commanders yang bisa kalian miliki.  Setiap Little Commander memiliki kemampuan yang berbeda, ada yang  dapat memberikan damage tambahan, memberikan Gold, memberikan buff dan debuff, dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan permainan nantinya.  Berikut adalah nama dari ke-21 Little Commanders:

  1. Abe – Kungfu Expert
  2. Asta – Astral Mage
  3. Benny – Panther Warrior
  4. Bersi – Death’s Maw
  5. Brown – Master Forger
  6. Buss – Meowgician
  7. Connie – Star Catcher
  8. Dubi – Jolly Sprite
  9. Eggie – Naughty Eggie
  10. Eva – Mysterious Deer
  11. Harper – Commander Harper
  12. Kaboom – Ultra Guardian
  13. Mavis – Vampire Countess
  14. Pao – Naughty Dragonling
  15. Ragnar – Axeman Ragnar
  16. Remy – Swordsman Remy
  17. Rya – Sleeping Bud
  18. Saki – Flora Butterfly
  19. Tharz – Gourmand Demon
  20. Yuki – Snow Witch
  21. Austus – Shadow Judgement

Hero dan Sinergi

Seperti yang telah disebutkan, seluruh bidak yang ada di dalam Magic Chess ini adalah hero-hero dari Mobile Legends.  Setiap hero dapat mengeluarkan skill saat mana mereka mencapai 100.

Hero juga memiliki tier atau tingkatan.  Semakin tinggi level kalian, semakin besar chance mendapatkan hero dengan tier tinggi.  Terdapat dua hal yang membedakan hero tiap tier, yaitu harga hero (1/2/3/4/5 gold) dan warna nama hero (putih/hijau/biru/ungu/oranye).

Hero bisa bertambah kuat jika kalian mengumpulkan 3 hero dengan star-level yang sama.

Contohnya:

  • Jika kalian ingin memiliki Helcurt star-level 2, kalian harus mengumpulkan 3 Helcurt star-level 1.
  • Jika kalian ingin memiliki Helcurt star-level 3, kalian harus mengumpulkan 3 Helcurt star-level 2 atau setara dengan 9 Helcurt star-level 1.

Selain hero, hal yang perlu kalian pahami adalah sinergi.  Pada foto di atas terlihat setiap hero memiliki Faction (kiri) dan Role (kanan).  Jika kalian memiliki beberapa hero dengan yang memiliki Faction atau Role yang sama, mereka akan mendapatkan buff yang menguntungkan di dalam permainan.

Cara Bermain

Gameplay Apa itu Magic Chess di Mobile Legends (ML)?

Terdapat tiga tahapan dalam permainan ini.  Tahapan pertama adalah Choose Your Fate.  Kalian harus memilih antara hero atau item.  Khusus di awal permainan, kalian harus memilih salah satu icon hero dan mendapatkan 3 hero dengan sinergi tertentu.

Tahapan kedua adalah Preparation.  Selama waktu tertentu, kita dapat memilih, menyusun, membeli, atau menjual hero-hero sesuai keinginan kita.  Kalian bisa menempatkan hero di daerah chessboard kita (3×7).  Selain itu, pada bagian tengah bawah layar terdapat stock, tempat mengumpulkan hero yang kalian dapatkan.  Di situlah tempat kalian mengumpulkan para hero untuk bisa di-upgrade nantinya menjadi star-level 2 atau 3.

Tahapan ketiga adalah Battle Round.  Heroes yang telah kita susun nantinya akan bertarung dengan Heroes pemain lainnya atau creeps.  Mereka akan muncul di sebrang chessboard kalian sehingga kalian bisa melihat pertarungan.  Pemenang akan memberikan damage sesuai dengan jumlah hero lawan dan star-level heronya.

Gold dan Kapasitas

Gold dan Kapasitas adalah hal terpenting selain hero.  Kalian bisa melihat jumlah Gold yang kalian kumpulkan di pojok kiri bawah layar saat permainan.  Pemain akan mendapatkan sejumlah Gold dengan beberapa pertimbangan, seperti level dan win streak atau lose streak.  Kalian bisa menggunakan Gold tersebut untuk membeli hero di store dengan menekan tombol turret di pojok kanan bawah, me-refresh store, dan mempercepat menaikkan level.

Semakin tinggi level pemain, semakin banyak juga kapasitas hero yang dapat ditaruh di atas chessboard.  Meskipun kalian hanya memiliki stock sebanyak 8 hero saja, tapi jumlah maksimal hero yang bisa kalian masukkan ke atas chessboard adalah 10 buah.

Itulah gambaran singkat dari apa itu Magic Chess di dalam Arcade Mode Mobile Legends (ML).  Tertarik memainkannya?

Website ini menggunakan Coookie untuk kestabilan akses, Apakah kamu menerimanya? Terima!Detail Tetang Cookie