Cara Menurunkan Versi MIUI Smartphone Xiaomi

Sekarang MIUI telah berada di versi 11 dan akan segera meluncur versi 12 di akhir Juni nanti. Untuk mendapatkan MIUI 12, nantinya akan ada gelombang untuk setiap smartphone untuk menunggu giliran menjajal MIUI versi terbaru ini. Tetapi, tidak jarang para pengguna Xiaomi merasa kurang pada versi MIUI selanjutnya dan memilih untuk kembali ke MIUI versi yang lebih lawas.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Xiaomi, memang patut diberi predikat sebagai smartphone yang memiliki sejuta keunggulan namun tetap memiliki harga yang ramah. Bukan tanpa alasan, ini terbukti bagaimana meledaknya penjualan mereka di seluruh penjuru dunia terutama Indonesia.

Salah satu yang paling menonjol tentu saja adalah MIUI. MIUI merupakan user interface khsus yang memang dihadirkan untuk memenuhi keinginan serta kenyamanan para pengguna smartphone Xiaomi agar semakin betah mengenggam smartphone.

Sederet fitur unik dihadirkan pada MIUI dan tidak jarang tidak bakal bisa kalian temui pada merek smartphone lainnya. Selain itu, Xiaomi sendiri juga kerap kali memberikan pembaruan pada MIUI.

Untuk sekarang MIUI telah berada di versi 11 dan akan segera meluncur versi 12 di akhir Juni nanti. Untuk mendapatkan MIUI 12, nantinya akan ada gelombang untuk setiap smartphone untuk menunggu giliran menjajal MIUI versi terbaru ini.

Tetapi, tidak jarang para pengguna Xiaomi merasa kurang pada versi MIUI selanjutnya dan memilih untuk kembali ke MIUI versi yang lebih lawas. Namun permasalahannya adalah, tidak semua smartphone Xiaomi sekarang dapat melakukan downgrade MIUI dengan mudah.

Dan jika kalian benar-benar ingin melakukan penurunan versi Xiaomi, satu hal krusial yang perlu kalian lakukan adalah ROM kalian apakah sudah terdapat versi Anti Roll Back 4 atau ARB 4. Jika iya, kalian harus pasrah karena tidak bisa melakukan downgrade.karena hanya akan membuat smartphone kalian bootlop atau bahkan mati total.

Tetapi jika smartphone kalian tidak memiliki versi ARB 4, kalian bisa melakukan langkah berikut!

Cara Menurunkan Versi/Downgrade MIUI

Sebelum melakukan penurunan versi MIUI, kalian terlebih dahulu harus mememnuhi berbagai syarat berikut:

  • Sudah download ROM Recovery MIU
  • Baterai berada di angka 80% atau lebih sebagai antisipasi jika terdapat error
  • Backup terlebih dahulu ROM/Data Aplikasi yang ada

Bila sudah, berikut adalah langkah-langkah untuk menurunkan versi/downgrade MIUI Xiaomi kalian:

  • Lakukan pemindahan pada ROM Recovery yang telah di download ke Internal Memori dan pastikan Rom Recovery tidak di dalam sebuah folder dan tidak diekstrak
  • Masuk ke Pengaturan, kemudian pilih Tentang Ponsel setelah itu masuk ke Pembaruan Sistem
  • Jika sudah, sentuh tiga titik yang terdapat di pojok kanan atas dan kemudian pilihlah Pilih Paket Pembaruan
  • Nantinya, kalian akan diarahkan menuju File Manager. Pada saat ini, carilah ROM MIUI yang telah didownload sebelumnya dan tekan OK
  • Tunggu proses samapai selesai. Penting untuk menjaga smartphone kalian untuk tetap terhubung ke koneksi internet
  • Apabila kalian dihadapkan pilihan untuk menghapus data, kalian bisa menghapusnya atau tidak. Kemudian kalian bisa lanjut dengan menekan Berikutnya
  • Akan ada peringatan Perbarui. Tekan Mulai Ulang dan Pembaharuan
  • Smartphone nantinya secara otomatis akan ter-restart dan melakukan Flash Rom Recovery dan dalam waktu 15 menitan kalian sudah bisa menikmati versi lawas dari MIUI

Langkah ini bisa dilakukan pada berbagai versi MIUI. Tentunya ini sangat cocok bagi kalian yang merasa fitur baru pada MIUI tidak relevan dengan apa yang kalian senangi.

 

Website ini menggunakan Coookie untuk kestabilan akses, Apakah kamu menerimanya? Terima! Detail Tetang Cookie

error: Content is protected !!