esportsku
Berita Esports Indonesia

Review ASUS ROG G752VS, Notebook Rasa PC!

0

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Laptop dan notebook dengan spesifikasi mumpuni sudah pasti jadi idaman setiap orang jaman sekarang, terutama bagi para gamers. Nah sekarang, gimana jadinya jika ada notebook yang komponen didalamnya setara dengan PC Desktop ? Tentunya, selain memuaskan para pecinta video games, notebook tersebut juga dapat memudahkan kalian mengerjakan berbagai hal, seperti video editing, tanpa harus bingung ketika sedang diluar rumah.

Tahun ini ASUS merayakan ulang tahun ke-10 dari salah satu produk andalannya yaitu Republic of Gamers (ROG). ASUS sendiri pertama kali meluncurkan ROG pada tahun 2006, sejak saat itu mereka terus mengembangkan dan meluncurkan berbagai macam tipe dengan inovasi yang baru, termasuk salah satu notebook gaming ‘mengerikan’ yang akan kita bahas di artikel ini.

Model baru ASUS ROG G752VS menjadi laptop gaming pertama yang menggunakan Graphics Card berarsitektur Pascal Nvidia GTX 10-series. Asus G752VS ini dilengkapi dengan prosesor Intel Core i7-6820HK dan didukung oleh RAM 64 GB DDR4 . Sistem operasi (OS) dari laptop ini diinstall dalam SSD berkapasitas 512 GB dan yang paling penting adalah ASUS G752VS ini menggunakan GPU Nvidia GeForce GTX 1070. Graphics Card berarsitektur Pascal tersebut baru diluncurkan sekitar tiga bulan lalu untuk desktop, namun sekarang sudah tersedia untuk laptop. Jika dilihat dari spesifikasi diatas laptop ini bisa dibilang setara dengan pc desktop.

Kenapa Kalian Harus Memilih ASUS ROG G752VS ?

Berikut ulasan dari kami

CPUIntel Core i7 6820HK Processor
Operating SystemWindows 10
RAM64 GB
Hard Drive SizeSATA 1TB + 2x SSD 512GB
Display Size17.3″ (16:9) LED backlit UHD (3840×2160) Anti-Glare Panel with 100% Adobe with G-Sync
17.3″ (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) 120Hz Anti-Glare Panel with 72% NTSC with G-Sync
17.3″ (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) Anti-Glare Panel with 45% NTSC with G-Sync
Optical DriveSuper-Multi DVD
Graphics CardNVIDIA GeForce GTX 1070 , with GDDR5, 8GB VRAM
Wi-Fi802.11ac
Wi-Fi ModelDual-band 2×2 802.11ac + Bluetooth
BluetoothBluetooth 4.1
Touchpad Size4.7 X 2.6
InterfaceHeadphone / surround out
1 x Microphone-in jack
1 x Headphone-out jack (SPDIF)
1 x USB 3.1 TYPE C port(s)
1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert
1 x HDMI
1 x mini Display Port
1 x SD card reader
KeyboardIlluminated Chiclet Keyboard
Card ReaderMulti-format card reader (SD/MMC)
Web CamHD Web Camera
AudioBuilt-in Stereo 2 W Speakers And Digital Array Microphone
Power AdapterPlug Type :ø7.4 (mm)
Output :
19.5 V DC, 11.8 A, 230 W
Input :
100 -240 V AC, 50/60 Hz universal
3/ 2 pin compact power supply system
Battery8 Cells 90 Whrs Battery
Weight4.4 kg with Battery

Processor

ASUS ROG G752VS ini menggunakan Processor Intel® Skylake-K Unlocked Core™ i7-6820HK generasi ke 6, dengan CPU quad-core, laptop ini mampu memproses 8 thread secara bersamaan berkat teknologi Hyper-Threading. i7-6820HK merupakan prossesor yang sudah di unlocked serta memiliki boost clock yang tinggi. Secara normal ketika prossesor mendapat beban, chip akan melakukan turbo-boost hingga 3.6GHz (1 core) 3,4 GHz (2 core) dan 3,2 GHz (4 core). Asus juga menyediakan software untuk melakukan overclocking prossesor hingga 3,8 GHz pada satu atau dua core, dan 3,6 GHz di keempat core. Jika masih kurang puas, kalian dapat secara manual menyesuaikan clock rate dengan software tersebut, yang memungkinkan pengaturan hingga 4,0 GHz.

NVIDIA GeForce GTX 1070

ASUS ROG G752VS didukung dengan Graphics Card GTX 1070. GPU ini sendiri dirancang agar dapat menampilkan kualitas yang sama seperti versi desktop. Bahkan, GTX 1070 untuk notebook ini sebenarnya memiliki lebih banyak CUDA core dibanding desktop. Di lain sisi GTX 1070 memiliki clock speed sedikit lebih rendah dari versi desktop, namun perbedaan 38MHz ini tidak terlalu penting karena GTX 1070 pada ASUS G752VS dapat di overclock.

Clock rate GTX 1070 sebenarnya sangat tergantung pada pendinginan. Namun software Gaming Center yang diberikan oleh ASUS G752VS tidak hanya digunakan untuk overclocks CPU namun juga untuk GPU. Sebagai contoh dari sebuah pengujian, GTX 1070 memiliki core clock rate sekitar 1493-1695 MHz dan memory clock rate 4150 MHz (standar: 4000 MHz).

Dengan adanya GTX 1070 ini tentu sangat membantu kinerja laptop ASUS ROG G752VS. Tes yang dilakukan di beberapa game menunjukan, bahwa GTX 1070 mampu menjalankan semua game di resolusi 4K dengan settingan high. Sedangkan di resolusi 1920×1080 pixels, semua judul game dapat dinikmati dengan settingan maximum serta multiple anti-aliasing.

Informasi tambahan GeForce GTX 1070 mampu memberikan kinerja dua kali lipat dibandingkan pendahulunya yaitu GTX 970M. Hal ini menjadi sejarah baru dalam perkembangan GPU laptop/notebook.

3DMark Fire Strike Extreme

Handbrake

Tomb Raider

Sonic Studio & Sonic Radar

Dua speaker stereo pada notebook ini terdapat di belakang layar. Karena dalam beberapa kasus speaker berukuran besar tidak dapat dimasukkan. Serta sebuah subwoofer di bagian bawah G752VS untuk efek bass.

Suara yang dihasilkan bagus, kualitas tidak berkurang ketika kalian menaikan volume dan efek noise tidak terdengar. Fitur Sonic Studio II, yang sudah dikenal dari pendahulunya mudah digunakan, dengan Fitur ini kalian dapat menyesuaikan suara sesuai pilihan. Serta Sonic Radar yang sangat membantu kalian saat bermain game untuk mendengar posisi relatif dari tembakan, langkah kaki, dan efek suara dalam game. Sonic Radar sangat cocok bagi kalian yang suka bermain game bertipe FPS seperti Counter Strike: Global Offensive.

Body & 3D Vapor Chamber

Untuk desain body ASUS ROG G752VS ini sekilas seperti “salmon perak”, tapi ASUS menyebutnya dengan “baju besi titanium dengan tembaga plasma”. Dan salah satu fitur yang sangat keren adalah 3D VAPOR CHAMBER untuk menciptakan sebuah sistem pendingin yang efektif dan efisien, dan dapat membantu menurunkan suhu temperatur GPU hinga 7°C. ASUS menggunakan 3D vapor chamber dan pipa tembaga panas untuk menjaga CPU dan GPU tetap dingin.

G-Sync

ASUS ROG G752VS memiliki layar yang dapat menghindari refleksi cahaya yang mengganggu. G752VS juga menawarkan tiga panel berbeda yaitu dua layar Full HD dengan 75 Hz dan 120 Hz, serta panel 4K dengan 60 Hz. Ketiga panel tersebut mendukung G-Sync yaitu teknologi dari Nvidia yang dapat mensinkronisasi refresh rate layar dengan frame rate dari NVIDIA GTX 1070 untuk tampilan visual yang halus serta mulus. G-SYNC dapat membantu kalian untuk menghindari lag, meminimalisir stutter, dan menghilangkan tearing.

Ports & Storage

Di sisi kiri kalian akan menemukan Kensington lock port, dua port USB 3.0, SD Card reader, dan DVD multi-drive. Di sisi kanan notebook kalian akan menemukan gigabit ethernet, HDMI 2.0, mini DisplayPort, dua port USB 3.0 (salah satunya dapat men-charge perangkat lain pada mode sleep), dan port USB 3.1 Type C (10Gbps) dengan Thunderbolt 3. Ada juga jack untuk mikrofon, headphone, dan line out, serta power connector.

ASUS Game Center

Salah satu yang menarik dari G752VS adalah software ASUS Game Center. Pada software ini kalian dapat melihat informasi dan melakukan kontrol. Kalian dapat memeriksa setiap aspek dari operasi notebook, mengubah macro banks, mengubah chassis light bar on dan off, dan yang terpenting yaitu overclocking controls. ASUS membuat 2 preset setting dengan nama Standar dan Extreme, serta ada juga mode manual yang memungkinkan kalian untuk overclocking hingga 4GHz.

Anti-Ghosting Keyboard and Trackpad

Tata letak keyboard G752VS sekilas identik dengan pendahulunya. Laptop ini memiliki Tombol yang cukup besar dan terdapat celah 3mm antar tombol, dengan kedalaman 2.5mm. Dibuat dengan kualitas sempurna, keyboard ini tidak menimbulkan suara dan getaran. Menurut ASUS keyboard G752VS mampu melakukan perintah hingga 30 tombol secara bersamaan.

Desain warna keyboard ASUS G752VS ini seperti “tembaga plasma”. Kualitas tombol yang cukup lembut membuatnya seperti sedang mengetik dengan keyboard non-mechanical asli.

Di bagian atas keyboard, ada lima tombol makro, yang terhubung dengan XSplit Gamecaster untuk merekam atau melakukan streaming games.

Untuk bagian trackpad atau touchpad, ASUS G752VS memiliki bentuk trapesium dengan ukuran 12 x 6,8 cm. Tombol pada trackpad sangat lembut dan mudah digunakan. Dilengkapi dengan fitur Asus Software Smart Gesture yang membuat trackpad mampu mengenali pergerakan hingga empat jari sekaligus.

Tombol mouse dipisahkan dengan sedikit karet ditengahnya, feedback suara yang dihasilkan juga tidak berisik.

Dust-Release Tunnel

ROG G752VS juga memiliki sistem pendingin yang berbeda dari yang lain, dengan cara mengeluarkan debu dari saluran bernama dust-release tunnel agar tidak terkena komponen internal.

Seperti yang kita tahu, debu adalah musuh terbesar dari semua laptop. Menumpuknya debu dapat menyebabkan laptop cepat panas, performa menurun, bahkan yang terparah dapat merusak komponen laptop itu sendiri. Untuk menghindari hal-hal tersebut, ASUS G752VS menawarkan desain heatsink baru yang memiliki saluran pelepasan debu (dust-release tunnel).

Desain unik ini, dibuat untuk mencegah debu masuk ke dalam komponen internal laptop. Dengan cara mengarahkan debu ke saluran pelepasan debu (dust-release tunnel) agar menjauh dari komponen internal laptop. Cara tersebut mampu memperpanjang umur komponen dan meningkatkan stabilitas secara keseluruhan serta pengurangan suhu panas dari laptop, khususnya saat bermain game.

Support Virtual Reality

GTX 1070 juga dirancang untuk penggunaan Virtual Reality (VR). Graphics Card tersebut secara jelas ditandai dengan tulisan “GeForce GTX VR Ready”, yang berarti dapat dipastikan bahwa game VR akan dioptimalkan dengan baik.

Fitur unik dari Nvidia, yaitu multi-res shading, memberikan kalian pengalaman virtual reality yang halus, latensi rendah, nyata, serta bebas dari lag.

G752VS sendiri mendapatkan skor 10.5 dari SteamVR Performance Test, jauh lebih baik dibanding pesaingnya, Predator 17 X yang menggunakan Nvidia 980, dengan skor 8.1.

ROG HYPERDRIVE FOR BLAZING-FAST STORAGE SPEEDS

Pada bagian storage, ASUS G752VS dilengkapi dengan kombinasi SSD dan HDD. Sistem operasi Windows 10 sudah terinstall pada SSD merk Toshiba (NVMe THNSN5512GPU7) dengan kapasitas 512 GB. Dalam sebuah pengujian dengan software CrystalDiskMark, SSD tersebut dapat menghasilkan read dan write speed masing-masing 1700 MB/s dan 1300 MB/s. G752VS juga memiliki dua slot SSD dalam format M.2-2280.

Sedangkan untuk HDD yang bermerk HGST (Hitachi Global Storage Technologies) memiliki kapasitas sebesar 1 TB dengan kecepatan 7200 RPM. Untuk pengujian dengan software CrystalDiskMark, HDD tersebut menghasilkan read speed sebesar 144 MB/s dan write speed sebesar 134 MB/s.

Berkat teknologi ROG HyperDrive yang menggunakan MLC (Multi Level Cell) NAND, pemrosesan data berjalan lebih baik dengan daya tahan yang tinggi walaupun harus berjalan dibawah beban kerja yang intensif. Kecepatan dari ujicoba diatas, dapat dihasilkan karena ROG G752VS memanfaatkan teknologi NVM Ekspres (NVMe) SSD yang dapat memberikan kecepatan membaca dan menulis data super cepat dibanding dengan teknologi Advanced Host Controller Interface (AHCI).

XSPLIT GAMECASTER

ASUS ROG G752VS juga dibundling dengan account Xsplit Game Caster dengan lisensi gratis seumur hidup, software ini biasa digunakan untuk merekam gameplay video games dan melakukan streaming langsung. Selain software tersebut, kalian juga mendapatkan ROG Armor-Suit Backpack, ROG Circumaural Stereo Headphones, ROG SICA 5,000 DPI Optical Gaming Mouse dan Garansi Global 2 tahun.

FACTORY OVERCLOCKED DRAM WITH INCREDIBLE PERFORMANCE

ASUS ROG G752VS menyediakan total 4 slot DDR4, dengan memori RAM 64GB DDR4. Memiliki bandwith 20% lebih besar dibanding DDR 3 dan mampu bekerja pada voltase 1,35V, pastinya akan menghemat power dari laptop itu sendiri. RAM DDR4 pada ROG G752VS berjalan di kecepatan 2400MHz, 12.5% lebih tinggi dari kecepatan DDR4 yang biasanya memiliki kecepatan 2133Mhz, sedangkan kecepatan tersebut adalah yang tertinggi untuk RAM DDR3.

Bagi kalian yang tertarik, laptop ini di jual dengan harga Rp. 59.300.000,-, memang terlihat sangat mahal bagi sebagian orang, namun harga tersebut sangat sebanding jika kita melihat kualitas, performa, fitur-fitur, dan bonus yang ditawarkan. Untuk informasi lebih lanjut kalian dapat mengakses situs resmi ASUS ROG G752VS.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Website ini menggunakan Coookie untuk kestabilan akses, Apakah kamu menerimanya? Terima! Detail Tetang Cookie