Tips Leveling Ragnarok X New Generation, Kejar Level Kalian!

Tetapi tenang, sebenarnya naik rank cepat di Ragnarok tidak begitu sulit juga. Ada banyak cara mendapatkan level cepat untuk kalian para pemain Ragnarok X nih. Setidaknya akan sangat membantu nantinya.

Bagi kalian para pemain Ragnarok X pasti ada beberapa yang bingung bagaimana naik level cepat. Tanpa tips leveling Ragnarok X New Generation ini mungkin nantinya kalian akan kesulitan sendiri.

Tetapi tenang, sebenarnya naik rank cepat di Ragnarok tidak begitu sulit juga. Ada banyak cara mendapatkan level cepat untuk kalian para pemain Ragnarok X nih. Setidaknya akan sangat membantu nantinya.

Memang sudah jelas dalam game MMORPG dimana grinding merupakan mekanisme utama dalam game. Hal ini seringkali membuat banyak orang jadi malas bermain karena isinya hanya grinding saja.

Tetapi di Ragnarok X setidaknya grinding tidak terlalu sulit jika kalian paham yang harus kalian lakukan. Beberapa tips ini bisa dibilang sebagai dasar-dasar farming dan grinding, tetapi penting dipahami juga.

Nah oleh sebab itu kalian harus mengerti sedikit mengenai bagaimana farming dan grinding yang paling efektif. Jangan sampai nantinya kalian terhalang tembok grinding dan leveling dan jadi malas main.

Beberapa Job Unggul Farming, Beberapa Tidak

Harus kalian ingat bahwa tidak semua job “efektif” dalam melakukan farming. Saya memiliki dua akun Ragnarok X dan memang terasa, misalnya job mage fire/earth yang sangat efektif berkat damage AoE mereka.

Tetapi berbalik dengan job yang agak condong kearah support. Misalnya Acolyte yang memang lebih kearah healer dan support. Mereka di awal game agak sulit farming karena kekurangan damage.

Pahami Area Dan Monster Terbaik

Selanjutnya ketika kalian paham job kalian, cek monster dan area mereka karena hal ini sangat penting. Masih-masing mob atau monster memiliki jumlah EXP yang berbeda tetapi tidak hanya itu saja yang harus kalian pahami.

Untuk menentukan monster mana yang efektif, kalian harus mengentahui rasio HP/EXP mereka. Hal ini mungkin agak membingungkan tetapi akan saya coba jelaskan sedikit dari pengalaman saya sendiri.

Pertama kita bandingkan dua monster di Ragnarok yaitu Creamy dan Spore. Keduanya memiliki HP yang berbeda dengan Spore lebih tinggi karena medium monster. Dari base EXP, Creamy menang untuk difarming level EXP. Tapi Spore menang jauh karena dua base dan job EXP yang tinggi walau HPnya lebih tebal sedikit.

Jangan Lewatkan Quest!

Sudah jelas di game MMORPG bahwa quest atau misi sangat penting. Kalian bisa meraih banyak sekali EXP yang bisa bermanfaat untuk leveling kalian ketika menyelesaikan misi-misi ini.

Untuk quest sendiri kalian memiliki dua tipe nih, yaitu main quest dan side quest. Kalian jangan sampai lewatkan kedua jenis quest ini karena nantinya akan sangat penting untuk kelanjutan kalian meningkatkan level.

Manfaatkan Carnival

Carnival adalah event yang sangat penting dalam Ragnarok X karena segudan keuntungan yang bisa kalian dapatkan. Salah satunya ya banyaknya EXP yang mengalir dari Carnival di Ragnarok X.

Nah ada beberapa aktifitas yang bisa menguntungkan dalam Carnival dan hal ini bisa membuat kalian bisa naik level dengan sangat cepat. Jangan sampai kalian lewatkan aktifitas ini.

  • Daily: Ketika level kalian mencukupi ada boss yang bisa kalian lawan dan ini cukup membantu kalian ketika farming EXP.
  • Mission: Tentunya juga ada beberapa misi yang bisa kalian selesaikan. Misi-misi ini bisa memberikan EXP dan juga Zenny yang relatif besar.
  • CoC Mission: Agak sulit memang karena kalian harus memberikan material kepada NPC yang ada, tetapi hadiahnya tidak begitu buruk.
  • OX Quiz: dalam OX pengetahuan atas Ragnarok kalian akan diuji dan tentunya hal ini bisa memberikan hadiah besar.

Odin;s Blessing Ketika Farming High Level

Nah di Ragnarok X ada sistem Odin’s Blessings yang sangat membantu farming. Fitur ini mungkin yang paling menguntungkan karena bisa mengkalilipatkan pendapatan EXP dan Zenny kalian.

Disarankan tapi digunakan ketika kalian farming di level tinggi atau mob farming. Alasannya karena keuntungan rate ini tidak bisa dinikmati untuk EXP atau Zenny yang didapatkan dari misi.

AFK Farming Sambil Tidur

Nah ini adalah cara yang efektif untuk pemalas seperti saya dan pastinya bisa berguna untuk kalian. Tetapi cara ini lebih efektif jika dikombo dengan makro jika kalian bermain di PC atau emulator.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika AFK farming atau bahkan farming sambil tidur. Misalnya job, skill, dan juga area yang kalian farming. Kalian harus mengetahui hal-hal tersebut untuk membantu farming kalian.

Secara pribadi saya menggunakan mage fire/earth untuk AFK farming dan auto pot untuk SP saja. Hal ini karena job ini unggul dalam farming yang mana bisa lebih cepat melumat lawan.

Tetapi job lain seperti swordsman juga kuat karena mereka cukup mandiri ketika farming. Hal ini berkat sustain dan damage tinggi mereka yang seimbang. Belum lagi beberapa skill mereka yang sangat kuat.

Nah semoga tips leveling Ragnarok X New Generation diatas bisa membantu kalian ya. Farming memang terkadan membuat para pemain agak “malas” bermain. Jadi coba saja lakukan beberapa tips diatas.

Ikuti juga media sosial kami di Instagram

Kunjungi terus Esportsku untuk informasi terbaru, Follow juga instagram esportsku dan youtube esportsku kami ya!

Website ini menggunakan Coookie untuk kestabilan akses, Apakah kamu menerimanya? Terima!Detail Tetang Cookie