Cara Cek Apakah Ada Kebocoran Data di Email

Baru-baru, jagat maya Indonesia memang tengah dihebohkan dengan adanya kasus pencurian data terhadap sebuah toko online terkemuka di Indonesia yang mana diklaim telah ada lebih dari 15 juta pengguna yang datanya tersebar. Tentunya, ini menjadi sebuah cambuk bagi para pengguna internet untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan internet. Jika jatuh di tangan yang salah, tidak menutup kemungkinan nantinya data yang berhasil dicuri bakal dimanfaatkan untuk hal yang negatif.

Baru-baru, jagat maya Indonesia memang tengah dihebohkan dengan adanya kasus pencurian data terhadap sebuah toko online terkemuka di Indonesia yang mana diklaim telah ada lebih dari 15 juta pengguna yang datanya tersebar.

Tentunya, ini menjadi sebuah cambuk bagi para pengguna internet untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan internet. Jika jatuh di tangan yang salah, tidak menutup kemungkinan nantinya data yang berhasil dicuri bakal dimanfaatkan untuk hal yang negatif.

Terlebih lagi, sebenarnya ini bukanlah kali pertama toko online di Indonesia kecolongan dengan adanya pencurian. Beberapa tahun sebelumnya, peristiwa ini telah terjadi dan tidak kalah hebohnya pada saat itu.

Tetapi, pastinya kalian bakal lebih terkejut jika mendengan salah satu fakta ini. Pasalnya, ternyata beberapa aplikasi ataupun website pun juga terindikasi terdapat pencurian data juga akibat adanya pelanggaran data.

Untuk berjaga-jaga atau ingin mengecek apakah akun email kalian telah bocor datanya, sebenarnya ada cara yang bisa kalian lakukan untuk membuktikan hal tersebut karena ada website yang menolong kalian untuk mengetahuinya.

Bernama Firefox Monitor, kalian bisa langsung melihat pihak mana saja yang melakukan pelanggaran data terhadap akun email kalian secara lengkap. Penasaran bagaimana caranya? Yuk langsung saja ikuti langkah berikut satu per satu!

  1. Masuk ke laman Firefox Monitor yaitu monitor.firefox.com yang nantinya bakal menjadi jalan kalian untuk mendapatkan informasi apakah data email telah bocor
  2. Masukkan alamat email yang ingin kalian ketahui datanya bocor atau tidak
  3. Kemudian, klik “Check for Bracher” jika telah selesai memasukkan alamat email
  4. Nantinya, kalian akan dibawa ke halaman selanjutnya yang mana bakal menunjukkan berapa banyak aplikasi yang melakukan pelanggaran data
  5. Di bagian halaman bawah layar, ditunjukkan daftar aplikasi ataupun website yang telah melakukan pelanggaran data terhadap email yang kalian gunakan untuk mendaftar pada website atau halaman tersebut
  6. Jika melakukan klik pada aplikasi/website yang melakukan pelanggaran data, kalian bakal diberitahukan secara lengkap apa saja yang telah dikompromikan, tanggal pelanggaran, serta apa saja langkah yang bisa kalian lakukan

Firefox Monitor diklaim mampu melihat adanya pelanggaran data yang terjadi pada email kalian sejak tahun 2007 yang tentunya bisa melihat apakah pelanggaran itu sudah lama terjadi atau tidak.

Terlebih lagi, dengan informasi yang diberikan sangatlah lengkap, kalian juga bisa mengetahui bagaimana cara untuk mencegah ke depannya agar kejadian yang serupa tidak terjadi lagi.

Selain itu, untuk mencegah adanya pelanggaran data di kemudian hari, kalian juga bisa web browser Google Chrome versi 79 karena telah memiliki fitur peringatan jika ada website yang berbahaya.

Dengan melakukan langkah ini dan mengetahui apakah data email kalian telah dilanggar privasinya, semoga kalian bisa berhati-hati dalam memberikan data kepada aplikasi ataupun website terlebih lagi yang abal-abal!

 

Website ini menggunakan Coookie untuk kestabilan akses, Apakah kamu menerimanya? Terima! Detail Tetang Cookie

error: Content is protected !!